Ilustrasi investasi (Sumber gambar: Freepik)

Investasi Saham? Cek Sektor yang Berpotensi Cuan Tahun Kelinci Air

23 January 2023   |   12:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru identik dengan semangat dan harapan baru. Menurut kalender China, 2023 adalah tahun Kelinci Air yang dimulai saat Tahun Baru Imlek pada 22 Januari. Dalam budaya Tiongkok, tahun Kelinci diprediksi akan menjadi tahun yang penuh dengan harapan.

Hal ini tak lepas dari sifat dan tanda bintang keempat dalam siklus astrologi China itu. Shio kelinci identik dengan sifat lembut, pendiam, anggun, waspada, cepat, terampil, baik hati, sabar, dan sangat bertanggung jawab.

Sederet sifat dan filosofi dari tahun Kelinci pun dipercaya sejumlah pihak sebagai rambu-rambu untuk menjalani kehidupan dan mengambil keputusan sepanjang tahun dalam berbagai aspek, tak terkecuali untuk berinvestasi.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Tentang Shio Kelinci, Shio Paling Beruntung

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, Christine Natasya, mengatakan bahwa peluang untuk berinvestasi pada 2023 masih cukup bagus. Kendati begitu para investor dinilai harus lebih sabar dan berhati-hati dalam mengelola investasinya mengingat adanya sejumlah risiko dari faktor eksternal. 

"Filosofinya harus berhati-hati dan bersabar dalam memilih saham di tahun Kelinci Air," katanya saat dihubungi Hypeabis.id.

Christine menjelaskan bahwa pada tahun ini, sebaiknya para investor membeli saham yang memiliki fundamental yang baik. Pada prosesnya, dia menilai bahwa meski tetap potensial, tahun ini juga akan banyak tantangan yang terjadi di dunia investasi saham.
 

Sektor yang Berpotensi Cuan

Berangkat dari sifat Kelinci Air yang lembut dan populer, dia pun menuturkan saham di sektor consumer goods atau manufaktur, makanan & minuman (food & beverage), retail, kesehatan, dan perbankan bisa menjadi pilihan investor sepanjang tahun ini. 

"[Selain itu] sektor keuangan juga bagus karena Kelinci itu sifatnya cerdas dalam perhitungan," imbuhnya.

Sebaliknya, pada tahun Kelinci Air ini, Christine menyarankan investor untuk menghindari membeli saham di beberapa sektor yang elemennya dinilai panas seperti perusahaan rokok (tobacco). Menurutnya, sektor ini perlu dihindari karena berkebalikan atau tidak searah dengan elemen air pada tahun ini.

"Pada tahun ini harus lebih bijaksana, sabar memilih pilihan investasi, jangan gegabah dan cermat dalam memilih," jelas dia.

Sementara itu, Pakar Fengsui Yulius Fang mengatakan pada tahun Kelinci Air ini para investor perlu lebih berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam memilih produk investasi. Sebaiknya, pilih instumen yang terbukti bisa bertahan pada masa awal pandemi pada 2020 lalu. Sebab, dia menilai bahwa kondisi ekonomi pada tahun ini tidak akan jauh berbeda pada masa itu.

Investasi saham contohnya. Pada tahun Kelinci Air, Yulius menyarankan sebaiknya para investor memilih perusahaan yang bergerak di bidang elemen logam seperti sektor otomotif, elektronik, emas dan perhiasan, alat-alat berat, obat-obatan kimia, termasuk teknologi finansial (fintech).

"Sifatnya logam itu cepat, berat, dan tajam. Jadi industri yang perputarannya cepat dan mengadopsi teknologi tinggi seperti fintech itu akan mengalami kemajuan yang sangat pesat di tahun Kelinci Air," katanya.

Tak hanya berasal dari bidang-bidang elemen logam, dia juga mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan di bidang tanah juga tetap memiliki prospek yang baik pada tahun Kelinci Air seperti properti, kesehatan, konstruksi, perbankan, asuransi, pertambangan, pertanian, dan peternakan.

Baca juga: Intip 5 Shio yang Diprediksi Hoki pada Tahun Kelinci Air

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Edouard Manet, Pelopor Aliran Impresionisme dalam Dunia Seni Rupa 

BERIKUTNYA

5 Adegan Ikonik Serial Mendua, Drama Perselingkuhan yang Bikin Gemas!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: