Potret Diri Manet (Sumber gambar Sothebys)

Profil Edouard Manet, Pelopor Aliran Impresionisme dalam Dunia Seni Rupa 

23 January 2023   |   13:09 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like

Karya-Karya Terkenal Manet

Selama masa hidupnya, Manet menghasilkan banyak lukisan yang  menggambarkan masyarakat bohemian, kelas pekerja, dan suasana kehidupan malam di Paris abad ke-19. Adapun, beberapa karyanya yang terkenal seperti The Cafe Concert (1878). 

Lukisan tersebut menampilkan sebuah objek di mana tiga tokoh sentral membentuk segitiga tetapi semuanya bergerak berlawanan arah. Adegan tersebut oleh kritikus dianggap kasual, serta diisyaratkan oleh Manet sebagai bentuk perpisahan antar pengunjung.
 
 

Selain itu, manet juga menawarkan gambaran tentang aktivitas orang kaya dalam karya-karya seperti The Races at Longchamp (1864). Ada juga karyanya yang memberi perspektif baru bagi perupa untuk melihat dan memahami Paris dari sudut pandang lain, misalnya lewat karya The Railway (1873).

Namun, akibat kondisi kesehatannya yang memburuk di usia pertengahan 40-an, Manet akhirnya berkonsentrasi pada lukisan buah dan sayuran, dengan menghasilkan karya besar terakhirnya, A Bar at the Folies Bergères, pada 1882 yang menggambarkan suasana klub malam di Prancis. 

Lewat lukisan-lukisan itulah kelak yang menjadi masa transisi aliran realisme menuju impresionisme. Fase estafet itu kemudian diteruskan oleh seniman impresionis lain seperti Claude Monet, Alfred Sisley, Pierre-Auguste, dan Frederic Bazille. Gaya melukis yang banyak memiliki peminat pada akhir abad ke-19.

Baca juga: Profil Wassily Kandinsky, Pionir Aliran Seni Lukis Abstrak Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Resep Ci Cong Fan & Wedang Ronde, Sajian Ringan Khas Tionghoa yang Nikmat

BERIKUTNYA

Investasi Saham? Cek Sektor yang Berpotensi Cuan Tahun Kelinci Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: