Ilustrasi keluarga merayakan Imlek (Sumber gambar: Rodnae Productions/Pexels)

3 Hal Seru yang Tidak Boleh Dilewatkan saat Perayaan Imlek

18 January 2023   |   12:40 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tahun baru identik dengan semangat dan pengharapan baru. Menurut kalender China, 2023 adalah tahun Kelinci Air yang akan dimulai saat Tahun Baru Imlek pada 22 Januari mendatang. Seluruh masyarakat Tionghoa pun akan menyambut Imlek dengan penuh suka cita.

Perayaan Tahun Baru Imlek sendiri identik dengan berbagai hal mulai dari berkumpul bersama keluarga, makan bersama, mendekorasi rumah hingga mengenakan busana yang khas.

Oleh karena itu, dalam menyambut Imlek, tak lengkap rasanya tanpa mempersiapkan berbagai kebutuhan mulai dari makanan, dekorasi rumah, hingga busana keluarga. Berikut ini adalah tiga hal yang tidak boleh dilewatkan ketika merayakan.
 

1. Siapkan Kuliner Khas Imlek   

Layaknya hari besar pada umumnya, Imlek tak lepas dari berbagai makanan khas yang wajib disajikan selama perayaan berlangsung. Ada berbagai macam makanan yang identik dengan Imlek, mulai dari ikan, pangsit, mie panjang, kue keranjang, hingga jeruk yang dianggap sebagai buah keberuntungan.

Baca juga4 Sajian Khas Tahun Baru Imlek yang Penuh Filosofi

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Blibli, dari kategori groceries, terdapat sejumlah peningkatan produk tertentu jelang Imlek saat ini. Cindy Kalensang, SVP of Campaign Blibli, mengatakan bahan-bahan pembuat kue atau roti tercatat mengalami pertumbuhan permintaan produk lebih dari 85 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Selain itu, permintaan produk bumbu masak meningkat 80 persen, makanan segar seperti jeruk ponkam, telur ayam, dan buah-buahan mengalami peningkatan sebesar 15 persen,” ujarnya.
 

g

Ilustrasi keluarga merayakan Imlek (Sumber gambar: Rodnae Productions/Pexels)

2. Dekorasi Rumah

Imlek identik dengan warna merah sebagai simbol keberuntungan yang dapat membawa kemakmuran sekaligus mengusir keburukan. Pada perayaan Imlek tahun ini pun kalian bisa membuat rumah menjadi meriah dengan dekorasi khas Imlek yang mewakili harapan baik seperti kekayaan dan keberuntungan. 

Menariknya, selain warna merah sebagai warna tradisional, ada warna-warna lain yang dianggap membawa keberuntungan di Tahun Kelinci Air ini. Beberapa warna tersebut di antaranya adalah azure blue (biru langit), apple green (hijau apel), imperial yellow (kuning kekaisaran), dan pearl white (putih mutiara).

Pilihan warna ini bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin beli furnitur atau mengecat rumah untuk menghadirkan suasana dan kebaikan baru di tahun yang baru ini.

Baca juga5 Tradisi Unik Masyarakat Tionghoa Jelang Perayaan Imlek, dari Beberes Rumah hingga Kembang Api


3. Busana Imlek yang Khas

Selain jamuan dan dekorasi, hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan saat Imlek adalah busana untuk keluarga. Untuk menunjang penampilan kalian dan keluarga di Imlek kali ini, kalian bisa mengenakan family outfit Imlek yang khas dengan desain kekinian.

Kalian bisa tampil seragam bareng keluarga dengan mengenakan pakaian tradisional seperti cheongsam, changshan, dan batik maupun pakaian modern seperti kemeja, polo shirt, dan gaun. 

Cheongsam merupakan pakaian tradisional Tionghoa yang memiliki siluet pas di badan dengan ukuran panjang hingga sebatas mata kaki, bagian betis atau sebatas lutut. Sementara changsan merupakan baju tradisional orang China yang khusus digunakan oleh laki-laki. Changsan identik dengan baju panjang dan menjadi salah satu pakaian resmi untuk berbagai acara.

Baca jugaSimak Inspirasi OOTD Tahun Baru Imlek dari Cole Haan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Asyik, Attack on Titan Final Season Part 3 Siap Tayang Maret 2023

BERIKUTNYA

6 Film Vampir Mandarin 90an yang Bikin Rindu Sekaligus Merinding

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: