Mr. Vampire (1985). (Sumber gambar: Bo Ho Films Co., Ltd.)

6 Film Vampir Mandarin 90an yang Bikin Rindu Sekaligus Merinding

18 January 2023   |   14:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kalian yang generasi milenial pasti tidak asing dengan film vampir Mandarin yang muncul pada 1990an lantaran sering ditayangkan di salah satu stasiun televisi. Pada saat itu, film ini menjadi hiburan wajib yang tidak boleh terlewatkan. 

Film vampir yang menjadi tontonan wajib pada era 1990an cukup menghibur. Selain seram, film ini juga memiliki unsur komedi. Tidak jarang cerita-cerita yang disuguhkan mengundang tawa para penontonnya.

Tidak hanya itu, beragam ciri khas seperti mantra yang tertulis di atas kertas kuning atau pedang kayu kerap menjadi bagian yang dilihat. Kemudian, gerakan vampir yang meloncat dengan dua tanga lurus ke depan juga kerap ditiru oleh para anak generasi 1990an yang menontonnya.

Di antara berbagai aktor yang kerap bermain dalam film vampir, nama Lam Ching-Ying adalah nama yang selalu ada dalam credit film. Aksinya sebagai guru yang mampu mengendalikan vampir mampu memukau para penonton pada saat itu.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut film-film vampir Asia yang pernah tenar pada era 1990an di dalam negeri, dan dapat menjadi tontontan untuk bernostalgia.


1. Mr. Vampire

Mr. Vampire adalah film tentang mayat hidup yang dapat menjadi tontonan bagi para pencinta film. film yang rilis pertama kali pada 1985 itu dibuat sampai bagian keempat, yakni pada 1986, 1987, dan 1988 karena sukses menarik penonton. Tidak hanya itu, pada 1992, film Mr. Vampire juga kembali rilis.

Mr. Vampire memiliki cerita yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Namun, Mr. Vampire yang rilis pada 1985 bercerita tentang pemakaman tetua kota yang telah direncanakan berubah menjadi kacau saat mayat itu bangkit menjadi vampir.

Mayat itu haus darah, berjalan melompat, dan menargetkan semua orang yang bertanggung jawab untuk menggali kuburan. Seorang Pendeta Tao dan kedua muridnya berusaha menghentikan teror tersebut.


2. Happy Ghost

Film lainnya yang dapat menjadi tontonan bagi Genhype yang hendak bernostalgia adalah film Happy Ghost. Film ini menjadi salah satu yang tenar bagi penonton di dalam negeri pada era 1990an meskipun rilis pada 1984.

Film ini bercerita tentang  sekelompok gadis yang melakukan perjalanan berkemah. Mereka harus berlindung di sebuah kuil lama ketika hujan turun. Salah satu dari kelompok gadis itu mengambil sebuah tali yang ada di belakang kuil.

Tali itu ternyata menyimpan jiwa seorang sarjana dari dinasti Ching. Hantu sarjana itu pun kerap membantu mereka menghadapi sejumlah cobaan. Dijamin bila kalian menonton film ini sekarang pun bikin menangis haru.


3. Mad Mad Ghost

Mad Mad Ghost adalah film tentang vampir yang bisa menjadi rekomendasi bagi Genhype yang ingin bernostalgia. Rilis pada 1992, film ini mendapatkan arahan dari Sutradara Billy Chan dengan pemeran Lam Ching-Ying, Law Wai-Guen, dan Chin Shih – Erh.

Film ini bercerita tentang seorang guru bela diri yang mengajar para muridnya untuk menghindari serangan yang kerap dilakukan oleh vampir. Selain cerita yang kerap mengundang tawa, para penonton juga akan mendapatkan suguhan seni bela diri ketika menonton film ini.
1
2


SEBELUMNYA

3 Hal Seru yang Tidak Boleh Dilewatkan saat Perayaan Imlek

BERIKUTNYA

Imlek Makin Dekat, Yuk Nikmati Festival Lampion Terbesar Indonesia di Tempat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: