Ilustrasi mompreneur (Sumber gambar: Freepik)

5 Mompreneur yang Sukses Kembangkan Bisnisnya di Indonesia

17 January 2023   |   19:12 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan ini istilah mompreneur makin sering terdengar. Istilah tersebut merujuk pada kaum ibu yang tidak hanya mengurusi urusan rumah tangga belaka, tetapi juga mengembangkan passion-nya dengan menjadi wirausaha yang sukses.

Memang tidak mudah menjadi mompreneur. Namun, beberapa perempuan hebat telah membuktikannya bahwa mereka juga bisa punya usaha dan mengembangkannya. Di Indonesia, ada beberapa aktris atau public figure yang dikenal sebagai mompreneur. Siapa saja mereka?

Baca juga: Kisah Adhitia Marwan Bangun Bisnis TVF Footwear yang Sukses Raup Omzet Miliaran per Bulan

Berikut rangkumannya.
 

1.       Zaskia Adya Mecca

 

Beberapa tahun ke belakang, nama Zaskia Adya Mecca mulai jarang menghiasi layar kaca. Sejak menikah dengan Hanung Bramantyo, Zaskia kini beralih menjadi mompreneur. Ibu dari lima anak ini memiliki usaha di beberapa bidang. Salah satu yang sangat populer ialah bisnisnya di bidang fesyen muslim dengan merek ZM.

Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan jenama ZM cukup signifikan. Zaskia mengeklaim ZM telah menjadi jenama dengan penjualan nomor satu untuk produk fesyen muslim di beberapa marketplace di Indonesia.

Selain ZM, Zaskia sebenarnya masih memiliki beberapa bisnis lain di bidang fesyen, seperti Meccanism, dan Bia by Zaskia Mecca. Meski sama-sama mengambil ceruk di bidang fesyen muslim, dua jenama lainnya itu memiliki konsep yang berbeda dengan ZM.

Tak hanya itu, Zaskia juga melebarkan sayap bisnis dengan menjajal usaha kuliner bernama Mamah ke Jogja. Bisnis kulinernya itu fokus pada roti-rotian, seperti rollcake, burger, dan aneka minuman dingin. Terakhir, Zaskia juga memiliki jenama kosmetik bernama Zam Cosmetics. Jenama kosmetiknya itu mengusung konsep natural skin care dan sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.
 

2.       Najla Bisyir

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Najlabisyir (@alabisyir)


Najla Bisyir adalah mompreneur di balik viralnya dessert box Bittersweet by Najla. Bisnis dessert box ini awalnya dijalankan karena dirinya merasa bosan di rumah. Ibu tiga anak itu lantas menantang diri dengan mencoba menjalankan usaha. Tak disangka, kue yang dibuatnya viral di media sosial dan membuat banyak orang penasaran ingin mencobanya.

Najla berpendapat keviralannya merupakan buah kerja kerasnya dalam memasarkan produk lewat media sosial. Meski saat itu media sosial belum terlalu banyak dipakai untuk bisnis, Najla tetap mencoba mempromosikannya di platform tersebut.

Dari yang awalnya hanya dibuat di dapur rumahan, kini Najla telah memiliki central kitchen sendiri. Bittersweet by Najla pun sudah tersebar di beberapa daerah, seperti Kalibata, Radio Dalam, Kemang, Rawamangun, Bogor, Depok, Bali, Cibubur, dan Surabaya.
 

3.       Samira Shihab

 

Menjadi seorang ibu tak menghalangi Samira Shihab untuk berbisnis. Mompreneur sukses ini merupakan aktor di balik platform Tinkerlust. Marketplace yang menjual aneka item fesyen preloved tersebut didirikan oleh Samira bersama sahabatnya, Aliya Amitra.

Ide awal membuat Tinkerlust berasal dari pengalaman pribadi. Saat itu, lemari pakaian Samira kerap kali penuh dan terlalu sesak. Daripada tidak terpakai, pakaian preloved itu kemudian dijual. Akhirnya, muncul ide membuat platform yang bisa menjadi wadah jual beli barang preloved yang masih berkualitas.

Selama kurang lebih satu tahun, perjalanan Tinkerlust lebih banyak ditopang dari modal pribadi, sebelum kemudian menemukan investor. Dengan makin maraknya konsep sustainable, kini bisnis Samira makin berkembang dan menjadi salah satu platform preloved yang diburu banyak orang.
1
2


SEBELUMNYA

Kiat Melatih Anak Agar Tidak Takut Saat Ditinggal Pergi Orang Tua

BERIKUTNYA

Suzy Terlibat Kisah Asmara dengan Yang Se Jong di Drakor Netflix Doona

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: