ilustrasi sandal velcro (sumber gambar : TVF Footwear)

Kisah Adhitia Marwan Bangun Bisnis TVF Footwear yang Sukses Raup Omzet Miliaran per Bulan

17 January 2023   |   14:34 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Inspirasi bisnis bisa datang dari mana saja termasuk dari hobi. Seperti kisah dari Adhitia Marwan pemilik TVF Footwear yang sukses mengembangkan bisnis sandal gunung karena terinspirasi dari hobi mendaki. Adhit mengaku tergugah pada bisnis ini lantaran produk yang beredar di pasaran masih cukup kaku baik dari segi desain maupun fungsi.

Dia pun mendapatkan banyak inspirasi dari brand sandal asal Jepang dan Amerika yang membuat sandal gunung dengan model yang lebih fashionable sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Sampai akhirnya Adhit berpikir memproduksi sandal Velcro atau sandal gunung yang tak hanya nyaman dan tangguh tetapi memiliki desain menarik sehingga dapat digunakan dalam berbagai aktivitas, mulai dari mendaki gunung hingga untuk aktivitas yang sifatnya lebih casual.

Baca juga: Ingin Bisnis Naik Kelas? Yuk Terapkan Strategi Marketing 4C

“Kebetulan saya bertemu dengan partner yang memang memiliki usaha di bidang alas kaki. Maka saya meyakinkan dia dengan ide-ide saya hingga akhirnya dia setuju membantu saya membangun usaha ini,” jelas pria yang memulai bisnis sejak 2010 lalu ini.

Meski masih menggunakan jasa maklon dalam memproduksi berbagai jenis sandal yang dipasarkan, tetapi Adhit sangat memperhatikan kualitas atau quality control. Mulai dari pemilihan material dan bantalan yang nyaman dan lembut, jahitan yang rapi di setiap sisi, lem perekat yang kuat di bagian sol, hingga tapak yang antislip.

Menurutnya, pemilihan kualitas bahan ini sangat penting karena dengan bahan yang berkualitas maka sandal yang diproduksi juga akan terasa lebih nyaman dikenakan untuk mendukung aktivitas dari para pelanggan.

Untuk menarik para pelanggan, TVF juga rutin meluncurkan berbagai jenis koleksi misalnya koleksi yang terinspirasi dari alam dengan kombinasi warna-warni yang sedang tren. Atau sandal dengan model yang simple dengan warna-warna alam seperti hijau, coklat, cream, dan maroon. Termasuk koleksi terbaru TVF Koschuta dengan warna kuning dan strap yang tinggi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TVF Footwear (@tvf.footwear)


Umumnya koleksi yang dihadirkan oleh TVF sangat cocok bila dipadupadankan dengan berbagai outfit seperti kemeja flannel dan celana pendek, maupun gaun dan jaket jeans. Sandal velcro yang dulunya identik dan lebih banyak digunakan oleh pria, kini hadir dengan berbagai model, bentuk, dan warna kekinian yang juga bisa digunakan oleh para wanita untuk membuat tampilan lebih modis dan fashionable dengan nuansa yang maskulin.

Di samping itu, alas kaki yang berbentuk sepatu sandal ini juga nyaman digunakan karena memiliki bantalan yang lebih empuk, beralas terbuka dengan strap dan tali pengikat sehingga membuat kaki tidak terasa ‘pengap’ digunakan dalam waktu lama. Selain menawarkan kenyamanan, sandal velcro juga lebih aman dan terbukti lebih tangguh dikenakan di segala medan.

“Produk TVF memiliki keunggulan dari segi material yang digunakannya dan kita mempunyai warna sendiri untuk di setiap produk nya. TVF juga menawarkan sandal dengan harga yang terjangkau tetapi tetap  nyaman, unik, dan fashionable,” jelasnya.

Dalam memasarkan produknya, Adhit mengatakan bahwa pihaknya lebih fokus memasarkan secara online karena dinilai dapat menjangkau seluruh Indonesia. Strateginya dengan cara memperlihatkan kepada konsumen bahwa produk TVF bisa digunakan untuk eksplorasi (yang sifatnya pariwisata dan kasual) ke tempat-tempat wisata yang eksotik di Indonesia. Selain itu, TVF juga kini tergabung dalam hypefast.

Dengan berbagai pemasaran dan konsistennya menghasilkan produk yang berkualitas dan fashionable, hingga kini brand sandal asal Bandung ini dapat memproduksi rata-rata mencapai 8.000 pasang sandal per bulan dengan penjualan sekitar  4.000 pasang. Bahkan TVF sempat mejeng di videotron Times Square New York beberapa waktu lalu.

“Omzet perbulan yang kami dapatkan sekitar Rp500 juta  sampai Rp1 miliar  tergantung bulannya,  dengan keuntungan bersih di sekitar 10-20 persen,” ungkapnya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Miliki Bentuk Hampir Mirip, Ini Beda Pressure Cooker dan Magic Com

BERIKUTNYA

Meramu Pilihan Investasi 2023, Begini Kiat dari Financial Planner

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: