dok. Omah Bayi

Usai Resign, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Berbisnis Perlengkapan Bayi. Apa Rahasianya?

03 January 2022   |   21:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Era digital yang terus berkembang makin membuka peluang bagi siapapun untuk dapat berkarya dari manapun, tidak terkecuali para ibu rumah tangga yang tetap bisa produktif di tengah kesibukannya dalam mengurus keluarga dan anak.

Ini dibuktikan oleh Drica Wibowo, pemilik OmahBayi, toko perlengkapan bayi dan anak. Awalnya, Drica dan suami merupakan kru sebuah kapal pesiar internasional, hingga akhirnya Drica memutuskan untuk berhenti bekerja saat hamil dan cuti melahirkan.
 
Walaupun sempat berpikir untuk kembali bekerja di kapal pesiar selepas melahirkan, tetapi naluri sebagai Ibu serta keinginan mendampingi buah hatinya membuat Drica yang terbiasa mandiri sejak muda memutuskan untuk menyewa kios di sebuah pasar tradisional di Wates, Yogyakarta. Dia lantas mulai menjual aneka perlengkapan bayi dan anak dengan nama toko, OmahBayi.

Berbekal keinginan untuk memastikan kesejahteraan keluarganya, Drica bepergian ke penjuru kota mencari barang untuk dijual,  membagikan brosur toko demi menarik pelanggan, hingga mengikuti kelas pengembangan diri demi bisa meningkatkan kemampuannya mengembangkan OmahBayi. “Wah waktu itu banyak sekali cercaan ditujukan ke saya karena ke sana ke mari sambil membawa bayi. Orang bilang, saya ibu yang tega, nyusahin anak saja. Padahal semua yang saya perjuangkan ya untuk anak dan keluarga saya,” ungkapnya.

Perjalanan Drica mengembangkan OmahBayi penuh tantangan apalagi dengan musibah terbakarnya bangunan toko miliknya. Namun, dengan semangat tinggi untuk bangkit serta sang suami yang menjadi penyemangat dari jauh, Drica terus berjuang. Kini tokonya tidak hanya pulih, tetapi juga berkembang pesat.

Bagi Drica, sebagai perempuan, ia semakin terpacu untuk bisa sukses, karena perempuan mandiri adalah salah satu pilar keluarga.
“Saya juga berharap memiliki kemampuan untuk bisa memberikan lebih banyak pilihan kepada kedua anak saya bila OmahBayi bisa semakin maju. Pokoknya mantra saya sejak awal, ‘usaha ini harus berhasil. Harus! Makanya saya terus berpikir, selain punya toko offline, apalagi ya yang bisa saya lakukan supaya OmahBayi bisa semakin besar,” ungkapnya.

Karena itulah, dia pun mulai mentransformasi bisnisnya dengan merambah ke digital melalui platform eCommerce yang bisa mendukung upaya membesarkan usahanya. Saat itu, Drica bertemu dengan komunitas penjual Lazada, Lazada Club, dan menemukan mentor yang merupakan penjual senior di Lazada. Dengan bimbingan mentornya kala itu, Drica bergabung dengan Lazada dan mulai serius belajar menggunakan berbagai fitur eCommerce yang cukup awam baginya.

“Awalnya jelas tidak mudah. Namun bantuan dan bimbingan dari mentor saya di komunitas Lazada Club, saya fokus dan serius belajar dan berusaha mengimplementasikan ilmu yang saya dapat dalam operasional bisnis saya,” jelasnya.

Selain mempelajari berbagai fitur, dia juga aktif mengikuti promosi dan kampanye termasuk memanfaatkan fasilitas livestreaming termasuk aktif berkonsultasi dengan mentor. Berbagai usaha dan kerja kerasnya itupun membuahkan hasil, penjualannya di eCommerce terus meningkat. OmahBayi yang awalnya hanya mendapatkan beberapa pesanan setiap minggunya, kini bisa mendapatkan ratusan pesanan setiap harinya. Pada musim-musim kampanye mega, penjualannya bahkan bisa meningkat hingga 5x lipat.

Drica dan belasan orang timnya bekerja keras memproses ribuan barang pesanan pelanggan setiap harinya di masa kampanye mega tersebut demi memberikan kebahagiaan bagi pelanggannya.  Di hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 tahun 2021, OmahBayi juga mencatatkan penjualan signifikan, yang meningkat lebih dari 170% dibandingkan dengan harbolnas tahun sebelumnya.


Editor: Gita Carla

 

SEBELUMNYA

WFA, Tren Kerja yang Bakal Marak Usai Pandemi

BERIKUTNYA

Mengenal Aquamasi, Proses Kremasi Ramah Lingkungan Mendiang Desmond Tutu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: