Pecinan atau china town merupakan kawasan dengan mayoritas penghuni adalah etnis China (Sumber gambar : pexels/ Jimmy Chan)

Rekomendasi Wisata Pecinan, dari Jakarta hingga Surabaya

16 January 2023   |   16:11 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu tempat yang dapat menjadi tujuan Genhype untuk menikmati liburan Tahun Baru Imlek adalah pecinan. Kawasan yang lekat dengan tradisi China ini biasanya cukup ramai pada momen-momen tersebut. Ada berbagai hal menarik yang dapat disaksikan di sana. 

Saat perayaan Tahun Baru Imlek, kalian dapat menikmati suasana yang ramai di pecinan lantaran biasanya akan banyak acara. Tidak hanya itu, kawasan pecinan juga akan dihiasi dengan lampu-lampu dan hiasan yang indah.

Baca juga: Yuk Ikut Kompetisi Mural Bertema Pecinan di Pantjoran PIK

Satu hal lainnya adalah kalian bisa menikmati beragam kuliner yang tersedia, dan hanya ada ketika tahun baru imlek. Untuk menikmati liburan di pecinan, kalian tidak perlu pergi ke luar negeri karena di Indoensia juga banyak pecinan yang menarik untuk dikunjungi dalam mengisi liburan.

Dalam rilis tiket.com, berikut destinasi wisata pecinan yang tidak boleh kalian lewatkan dalam mengisi liburan tahun baru imlek.


Jakarta

Kalian yang tinggal di ibu kota negara, yakni DKI Jakarta dapat mengeksplorasi Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok, Jakarta Barat. Di tempat ini, kalian dapat menikmati beragam kuliner dan berfoto guna mengisi media sosial instagram.

Genhype dapat menemukan tempat-tempat fotogenik di bagian utara, yakni Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK). Tida hanya itu, kalian juga dapat menikmati suasana imlek sambil menikmati dengan menginap di tempat penginapan yang ada di sekitarnya.


Bogor

Selain di Jakarta, tempat lain yang dapat dikunjungi oleh Genhype guna menikmati liburan tahun baru imlek adalah Bogor. Di kota yang terkenal sebagai kota hujan ini terdapat pecinan yang berbaur dengan budaya lokal, terutama Sunda.

Perpaduan itu mampu menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas. Kalian juga bisa menikmati suasana dengan menyusuri jalan utama sepanjang 1 kilometer. Panjang jalan ini tidak akan terasa lantaran terdapat destinasi wsiata religi, budaya, dan kuliner yang tidak boleh terlewatkan.


Semarang

Tempat lain yang dapat menjadi destinasi wisata liburan dalam suasana tahun baru imlek ada di Semarang, Jawa Tengah, yakni Kelenteng Sam Poo Kong. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang, kalian dapat menikmati banyak hal di tempat ini.

Pertunjukan budaya sampai dengan beragam makanan bisa kalian nikmati. Tidak hanya itu, bangunan-bangunan yang ada di dalam kawasan juga memiliki arsitektur yang unik, dan sayang untuk dilewatkan oleh kalian.


Surabaya

Kelenteng Hong Tiek Hian adalah destinasi yang dapat menjadi salah satu dari sejumlah pilihan untuk berwisata. Kelenteng ini adalah yang tertua tertua di Surabaya. Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas di berbagai pusat perbelanjaan.

Kalian juga dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati bermacam wisata kuliner khas etnis China maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa.

Baca juga: Begini Sejarah Singkat Cap Go Meh sebagai Puncak Perayaan Imlek

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Varian Kraken Bisa Picu Long Covid, Ini yang Dikhawatirkan

BERIKUTNYA

Menilik Sosok Moon Maniac, Pembunuh Berantai Tersadis yang Dieksekusi 16 Januari 1936

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: