Keanehan karya tersebut kadang malah mampu mendobrak batas-batas seni rupa yang saat ini mulai cair dengan jenis karya seni lain. (Sumber gambar: Unsplash/Elmer Cañas)

Mendobrak, Karya Seni Paling Aneh di Dunia Ini Laku dengan Harga Fantastis

11 January 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Skena seni rupa kerap menampilkan karya-karya seni yang memiliki nilai jual fantastis hasil karya seniman-seniman bertangan dingin di dunia. Umumnya, karya-karya tersebut pun galib ditemui di berbagai galeri seni, termasuk lukisan, patung, ataupun karya instalasi.

Namun, kadangkala terdapat seniman nyentrik yang menciptakan karya-karya aneh dan tidak umum dalam pergolakan seni rupa dunia. Beberapa di antaranya mungkin terkesan di luar nalar, tapi nyatanya karya tersebut berhasil terjual dengan harga yang fantastis atau menjadi koleksi galeri dunia.

Dihimpun Hypeabis,.d dari berbagai sumber resmi, berikut deretan karya seni rupa paling aneh di dunia yang berhasil terjual dan mendobrak batas-batas seni rupa yang saat ini mulai cair dengan berbagai jenis karya seni lain.

Baca jugaWajib Tahu, Ini 5 Karya Seni Era Renaisans Paling Terkenal

1. Lobster Telepohone (1936), Salvador Dali
 

sumber gambar (tate gallery)

(sumber gambar:  tate gallery)

Munculnya gerakan surealis yang salah satunya dipelopori oleh Salvador Dali juga menghasilkan karya seni unik pada dekade 1930-an. Yaitu sebuah telepon rumah jadul yang gagangnya memiliki bentuk seperti lobster. Adapun, karya seni siap pakai ini menurut Guardian terinspirasi dari alam bawah sadar manusia.

Telepon berbentuk lobster itu sendiri menurut beberapa sumber mengungkapkan keinginan alam bawah sadar yang kadang tidak disadari dan memiliki konotasi seksual yang kuat. Simbol, lobster sendiri diartikan Dali sebagai penggambaran erotis dan rasa sakit. Kini, karya seni itu menjadi koleksi galeri Tate di London.

2. Artist's Shit (1961), Piero Manzoni
 

(sumber gambar:  tate gallery)

(sumber gambar:  tate gallery)

Seorang seniman asal Italia bernama Piero Manzoni juga memiliki ide konyol tapi bernas dengan menjual kotorannya sendiri sebagai sebuah karya seni. Menutut laman Tate, karya seni tersebut merupakan sikap kritis Manzoni dalam memahami tindakan kreatif sebagai siklus konsumsi, dari menyerap berbagai ide lalu dikeluarkan sebgai karya.

Setidaknya terdapat 90 karya seni dari kotorannya itu dikemas dalam kaleng dengan diisi sebanyak 30 gram. Saat kali pertama karya seninya itu dijual sempat laku dengan harga US$ 30 ribu pada 2007. Sembilan tahun berselang, bahkan ada yang membeli salah satu serinya dengan harga US$ 108 ribu atau setara Rp1,4 miliar.

3. My Bed (1998) Tracey Emin
 

(sumber gambar: christies)

(sumber gambar: christies)

Pada 1998, seniman Tracey Emin juga berhasil membuat karya seni instalasi kasur berantakan yang berjudl My Bed tapi laku terjual sekitar 2,55 juta poundsterling atau skitar Rp47,9 miliar dalam sebuah lelang yang digelar oleh balai lelang Christie London pada 2014.

Kamar tidur berantakan yang menampilkan botol minuman kosong, boneka, sepatu, kondom, dan puntung rokok yang berserakn dilantai itu disebut menggambarkan salah satu momen saat kehidupan sang seniman mengalami trauma. Setelah terjual karya ini pun sempat dipamerkan di galeri Tate, London.

4. Comedian (2019) Maurizio Catellan
 

(sumber gambar: Artnet)

(sumber gambar: Artnet)

Genhype tentu masih ingat saat seniman nyentrik asal Italia Maurizio Catellan menciptakan karya seni pisang yang dilakban ke dinding dan laku terjual seharga US$120 ribu dolar atau setara Rp1,7 miliar pada 2019. Ya, karya ini memang sempat membuat heboh publik karena laku terjual dengan harga fantastis meski hanya terbuat dari buah pisang.

Menurut Emanuel Perrorotin, pendiri galeri Art Bassel, karya seni tersebut menggambarkan simbol perdagangan global di dunia. Selain iyu, karya seni instalasi itu juga memiliki makna ganda, yakni sebagai perangkat klasik untuk menggambarkan humor.

Baca jugaTerjual dengan Harga Fantastis, Inilah 5 Lukisan Termahal para Old Master Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Survei The Trade Desk, Item Ini yang Paling Banyak Dicari Saat Ramadan

BERIKUTNYA

Kolaborasi Digital IBL dan Jagat.io Bawa Liga Basket ke Metaverse

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: