Ilustrasi karya seni Renaisans (sumber gambar Unsplash/Ágatha Depiné)

Wajib Tahu, Ini 5 Karya Seni Era Renaisans Paling Terkenal

11 October 2022   |   15:23 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Era Renaisans atau zaman keemasan di Eropa merupakan gerakan budaya yang berkembang pada abad ke-14 hingga ke-17 masehi. Periode ini telah meninggalkan jejak revolusioner bagi dunia, tak terkecuali dalam sejarah seni melalui karya para seniman jenius yang bisa dinikmati hingga saat ini. 

Zaman Renaisans menandai ledakan karya seni klasik yang teruji oleh waktu. Pada era kelahiran kembali itu, banyak seniman di Italia yang menilik kembali pemikiran klasik dan filosofi Romawi  hingga Yunani kuno sebagai sandaran berkarya mereka, setelah beberapa waktu dikungkung abad pertengahan.

Seniman-seniman terkenal pada masa ini a.l Micheleangelo, Leonardo Da Vinci, Botticelli, Raphael, Donatello, hingga Albrecht Dürer. Mereka  memiliki kontribusi luar biasa dalam gerakan seni, sains, humaniora, dan filsafat dunia.

Nah, daripada penasaran, yuk simak karya seni paling terkenal dari para tokoh dan seniman era Renaisans yang hingga kini masih bisa dinikmati, sebagaimana dirangkum Hypeabis.id berikut ini: 

Baca jugaMengenal Sejarah dan Ciri Khas Gaya Arsitektur Renaisans
 

1. Mona Lisa

Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci adalah salah satu lukisan paling terkenal dan diakui dalam sejarah. Karya seni yang dibuat pada masa Renaisans itu hingga sekarang masih menjadi perbincangan banyak penikmat seni di seluruh dunia. 

Mona Lisa diyakini sebagai potret dari Lisa Gherardini, yang merupakan istri dari seorang pedagang kaya bernama Francesco del Giocondo. Tokoh tersebut, oleh Da Vinci dilukis menggunakan teknik sfumato dengan rekahan senyumnya yang enigmatik.
 

Ilustrasi Mona Lisa (sumber gambar Unsplash/Eric TERRADE)

Lukisan Mona Lisa (sumber gambar Unsplash/Eric TERRADE)

Lukisan ini saat ini dipajang di Museum Livre , Prancis, dan menjadi milik publik dunia karena tidak bisa dibeli atau dijual. Dalam sejarahnya Mona Lisa juga pernah dicuri dan dibawa ke Italia, hingga dikembalikan lagi ke tempatnya disimpan di Paris. 
 

2. Primavera

Primavera yang berarti musim semi dalam bahasa Italia, adalah lukisan karya Sandro Botticelli, yang bernama asli Alessandro di Mariano Filipepi. Lukisan yang dibuat pada 1482 Masehi ini juga dikenal dengan nama 'Alegori Musim Semi' karena ada alegori yang tersimpan di dalamnya.

Banyak sejarawan seni yang mencoba menafsirkan lukisan tersebut sebgai sebuah alegori mitos. Akan tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa lukisan itu tentang proses pergantian musim yang terjadi setiap tahun dan menuju musim semi.
 

Ilstrasi lukisam Primavera (sumber gambar Unsplash/Dim 7)

Lukisan Primavera (sumber gambar Unsplash/Dim 7)

Lukisan dengan sembilan sosok yang saling berinteraksi ini populer karena penggunaan warna dan penjelasan berbeda yang melekat di dalamnya. Primavera diyakini sebagai salah satu lukisan yang paling kontroversial di dunia.
 

3. The Creation of Adam

Penciptaan Adam atau The Creation of Adam karya Micheleangelo ini dilukis di langit-langit Kapel Sistina dan merupakan pesanan dari Paus Yulius II pada tahun 1512. Lukisan tersebut menggambarkan Tuhan memberikan kehidupan pada Adam dari Kitab Kejadian.

Karya ikonik dan telah banyak direproduksi di seluruh dunia ini memiliki lebar lebih dari 500 meter persegi. Diketahui bahwa sang seniman membutuhkan empat tahun untuk menyelesaikan salah satu lukisan fresco paling kompleks dan terbesar di dunia tersebut.
 

Ilustrasi karya Penciptaan Adam  (sumber gambar Unsplash/Calvin Craig)

Ilustrasi karya Penciptaan Adam (sumber gambar Unsplash/Calvin Craig)

Secara keseluruhan ada sekitar 300 figur dalam lukisan ini. Namun, lukisan Penciptaan Adam hanya berfokus pada Adam yang mewakili umat manusia  yang sedang duduk santai di bumi serta Tuhan yang dibawa oleh malaikat untuk menjangaku dan memberi rahmat padanya.


4. The Birth of Venus

Lukisan karya Sandro Botticelli ini  dibuat pada tahun 1485, yang menggambarkan sosok Dewi Romawi, Venus yang tiba di Pulau Siprus. Dia digambarkan sebagai seorang wanita murni  yang baru lahir dan berdiri di atas kerang raksasa. 
 

The Birth of Venus (Sumber gambar: World History)

The Birth of Venus (Sumber gambar: World History)

Botticelli telah memberikan banyak perhatian pada setiap detail Venus. Lukisan ini dibuat pada periode di mana ketelanjangan adalah subjek dalam lukisan yang menjadikan karya tersebut sebagai lukisan penting selama periode atau era Renaisans.
 

5. The School of Athens

Lukisan ini dibuat oleh Raphael antara tahun 1509-1511 Masehi di Istana Apostolik, Vatikan dengan menampilkan tokoh-tokoh filsuf penting dari Yunani. Karya fenomenal ini dilukis di Stanza della Segnatura, sebuah ruangan di lantai dua sayap utara Istana Vatikan. 
 

The School of Athens (Sumber gambar: Raw Pixels)

The School of Athens (Sumber gambar: Raw Pixels)

Lukisan tersebut merupakan satu dari empat lukisan di dinding besar ruangan, yang masing-masing mewakili cabang pengetahuan manusia yakni, filsafat, puisi, teologi, dan hukum. Lukisan ini juga dianggap sebagai salah satu karya yang dengan sempurna menangkap semangat Renaisans. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aplikasi Olahraga Ini Gunakan Teknologi AI untuk Mudahkan Pengguna Berolahraga

BERIKUTNYA

Profil Seniman Nasjah Djamin: Murid dari Pelukis Sudjojono & Sastrawan Chairil Anwar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: