Sejak dirilis, Titanic menjadi salah satu film yang sukses besar sejak pertama kali ditayangkan pada 1997. (Sumber gambar: 20th Century Fox)

Asyik, Film Remastered Titanic Bakal Hadir dalam Format 4K Bulan Depan

11 January 2023   |   10:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Genhype penggemar film-film romance dan disaster, ada kabar gembira nih buat kalian. Pasalnya, film legendaris Titanic bakal mendapatkan versi remastered, dan siap ditayangkan ulang dalam format yang lebih ciamik di bioskop. Hal tersebut dilakukan untuk menandai hari jadinya yang ke-25  sejak dirilis pada 1997.

Dihimpun dari Yahoo, versi remastered film klasik karya sutradara James Cameron itu dijadwalkan akan dirilis pada 10 Februari 2023. Adapun dalam penyajian terbarunya, film itu akan diputar bioskop dalam format 3D 4K HDR dan dengan kecepatan frame baru yang lebih tinggi.

Kendati begitu, hingga saat ini belum jelas persis berapa lama film tersebut akan diputar di bioskop setelah dirilis. Hingga saat ini pun tiket film Titanic versi remastered juga belum tersedia untuk dibeli oleh para penonton setia sinema romantis itu. 

Baca jugaJames Cameron Siapkan Dokumenter Titanic, Patahkan Debat Soal Peluang Hidup Jack & Rose
 
 

Film Titanic bercerita tentang kisah cinta antara Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet), dua muda mudi dari status sosial berbeda yang bertemu di atas kapal RMS Titanic, yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada 15 April 1912.

Selain dua bintang papan atas Hollywood itu, film Titanic juga dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal lainnya, termasuk  Billy Zane, Gloria Stuart, Bernard Hill, Jonathan Hyde, Victor Garber, Bill Paxton, Kathy Bates, dan Frances Fisher. 

Sejak dirilis pada tahun 1997, Titanic menjadi salah satu film yang sukses besar sejak pertama kali ditayangkan. Bahkan Film dengan biaya sekitar US$200 juta ini berhasil meraup pendapatan kotor US$$2,201 miliar secara global dan US$647,26 juta di pasar Amerika Serikat dan Kanada.

Karya sinema itu adalah film pertama yang mencapai angka miliaran dolar di box office, dan bertengger lama di jajaran film terlaris sepanjang masa. Adapun, gelar itu kemudian digeser oleh film Cameron lainnya lewat Avatar (2009), yang tahun lalu baru saja merilis sekuelnya yaitu Avatar: The Way of Water (2022). 

Baca jugaReview Film Avatar: The Way of Water, Cerita Klise dengan Visual Memukau

Tak hanya itu, dalam Oscar 1998, film Titanic juga berhasil memboyong 11 penghargaan termasuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, Kostum Terbaik dan lainnya. Sementara dalam Golden Globe 1998, film ini memenangkan empat kategori yaitu Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Musik Original Terbaik dan Musik Skor Terbaik.

Selain menayangkan ulang Titanic dalam format yang berbeda untuk merayakan peluncuran film tersebut yang ke-25, James Cameron juga membuat dokumenter untuk memuaskan dahaga penonton mengenai apakah Jack tetap bisa hidup seandainya dia berpegangan pada pintu apung bersama Rose di akhir film tragedi Titanic. 

Sutradara berusia 68 tahun itu pun melakukan serangkaian eksperimen ilmiah dengan mengajak dua orang yang memiliki berat yang sama dengan Jack dan Rose. Eksperimen tersebut lalu dilanjutkan dengan  menempatkan mereka di atas pintu imitasi, seperti yang digunakan pada film, sambil menjalankan serangkaian tes forensik.

Tak hanya itu, Cameron dan tim juga meletakkan sensor di seluruh bagian tubuh mereka dan memasukkan keduanya ke dalam air es. Dari hasil metode pengujian tersebut, Cameron pun mengatakan tidak mungkin kedua pasangan itu bisa selamat jika semuanya berbaring di atas pintu, sebab hanya satu yang bisa bertahan.

"Mungkin, setelah 25 tahun, saya tidak perlu berurusan dengan ini lagi. Titanic adalah film tentang cinta dan pengorbanan dan kefanaan. Cinta diukur dengan pengorbanan," Papar Cameron dikutip dari Metro

Baca jugaRilis Replika RMS Titanic, LEGO Buat Set Balok Terbesar di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

BLACKPINK Cetak Sejarah Baru, Jadi Artis K-Pop Penampil Utama di Panggung Coachella

BERIKUTNYA

Tren Teknologi 2023: Metaverse Makin Nyata hingga Perkembangan Komputasi Kuantum 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: