Seseorang menggunakan cairan pelembab tabir surya (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Karolina Grabowska)

Mengenal Indeks Sinar Ultraviolet, Penting untuk Cegah Dampak Negatif pada Kulit

10 January 2023   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indeks UV: 6-7

Indeks UV dengan skor 6 sampai 7 menandakan bahwa tingkat sinar UV masuk dalam kategori risiko bahaya tinggi. Saat indeks UV berada pada level ini, tingkat bahayanya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung. Jadi, perlu pelindung untuk menghindari kerusakan mata dan kulit.

Genhype perlu mengurangi waktu di bawah paparan sinar matahari antara pukul 10.00  sampai 16.00 ketika indeks UV berada di kategori ini. Kemudian, tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV, pada saat berada di luar ruangan; oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.
 

Indeks UV: 8-10

Saat indeks UV dari 8 sampai 10, tingkat paparan sinar UV berada pada kategori risiko bahaya sangat tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung. Jadi, perlu pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat.

Kalian perlu meminimalkan waktu di bawah paparan matahari antara pukul 10.00 - pukul 16.00; tetap di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari; mengenakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV, pada saat berada di luar ruangan; menggunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.
 

Indeks UV >11

Indeks UV di atas 11 menandakan bahwa paparan radiasi sinar UV berada pada tingkat bahaya ekstrem bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, sehingga diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak, dan terbakar dalam hitungan menit.

Kalian perlu menghindari paparan matahari antara pukul 10.00–16.00; menggunakan pakaian pelindung matahari, topi lebar, dan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV, pada saat berada di luar ruangan. Jangan lupa untuk menggunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam bahkan pada hari berawan, setelah berenang, atau berkeringat.

Baca juga: Mengulik Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Kulit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

Resep Quiche Topping Edamame, Sajian Lezat & Sehat untuk Sarapan

BERIKUTNYA

7 Fitur Menarik Game One Piece Odyssey, Rilis 13 Januari 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: