Ilustrasi (Photo by Mateusz Feliksik on Unsplash)

Ini Rahasia Vitamin C untuk Menjaga Kulit agar Terlihat Lebih Muda

17 June 2021   |   12:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Vitamin C dikenal mengandung khasiat yang kuat. Banyak orang bahkan menggemarinya karena mampu  meredakan flu biasa. Mengonsumsi vitamin C memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dahsyatnya, mengoleskan vitamin C ke wajah bermanfaat sebagai zat anti-penuaan untuk kulit.

Kandungan pada vitamin C menciptakan kulit yang lebih cerah, meratakan warna kulit, meningkatkan hidrasi dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Akan tetapi bagaimana tepatnya vitamin C dapat membawa semua manfaat ini?

Manfaat ini berasal dari asam askorbat dalam vitamin C, yang membuat kulit tampak lebih muda dan kencang. 

Untuk mempelajari bagaimana vitamin C membantu kita mempertahankan cahaya awet muda, penting untuk memahami efek radikal bebas, sinar matahari, dan kolagen pada kulit, seperti dilansir melalui blog Sonage.

- Radikal Bebas: Begitu banyak produk perawatan kulit melindungi kita radikal bebas, tapi apa itu sebenarnya? Radikal bebas adalah elektron yang tidak stabil dalam molekul yang disebabkan oleh kondisi di lingkungan dan bahkan makanan.

Mereka mengubah komposisi sel-sel sehat, dan merusak sel-sel kulit kita, yang dapat memiliki efek yang terlihat seperti kerutan, kendur dan kekasaran. Vitamin C mengandung antioksidan, yang dapat berinteraksi dengan radikal bebas untuk menghentikan kerusakan vital pada sel, dan memerangi efek penuaan.
  • Kerusakan akibat sinar matahari.  Meskipun kita semua menikmati berjemur di bawah sinar matahari, pada saat yang sama sinar itu dapat memiliki efek merusak pada kulit kita jika tidak terlindungi — dan terkadang SPF saja tidak cukup.
Sinar UVA dan UVB yang berbahaya pada akhirnya dapat memicu kerutan. Vitamin C dapat memperkuat kulit dan menjaganya dari hal-hal yang dapat merusak. Saat ini ada banyak piliha serum vitamin c yang mengandung sifat penekan melanin, yang dapat mencegah dan memudarkan bintik-bintik coklat yang disebabkan oleh matahari.
  • Kolagen: Kolagen adalah salah satu komponen terpenting untuk menjaga kulit kita tampak muda. Kolagen adalah jaringan penghubung yang menyatukan lapisan kulit. Seiring bertambahnya usia, kita akan kehilangan kolagen, yang menyebabkan kulit tenggelam dan membuat kerutan.
Penurunan kolagen juga memungkinkan ekspresi wajah dan gerakan meninggalkan bekas di wajah kita. Vitamin C dikenal dapat membuat kulit lebih muda dan kencang karena meningkatkan dan merangsang produksi kolagen untuk menghindari penuaan pada kulit.

Di samping itu, ada juga kesalahpahaman umum dan ketakutan seputar vitamin C.
"Vitamin C tidak stabil dan dapat menyebabkan reaksi merugikan atau alergi."

Salah. Asam Askorbat adalah vitamin C dalam bentuknya yang paling murni, dan ketika berdiri sendiri dapat berpotensi menjadi tidak stabil.

Namun, ketika dicampur dengan turunan alami seperti magnesium dan antioksidan, ia memberikan manfaat anti-penuaan yang kita semua cari.

Dibutuhkan konsentrasi tinggi vitamin C untuk asam bekerja.

Sebenarnya, apa pun di atas konsentrasi 15?pat menyebabkan kemerahan dan iritasi, yang merupakan gejala yang cenderung kita hindari.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

6 Pilihan Jus Terbaik untuk Diminum di Pagi Hari

BERIKUTNYA

Garmin Hadirkan Venu 2 & Venu 2S Dukung Gaya Hidup Sehat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: