Ilustrasi (dok. Unsplash)

8 Cara Melawan Efek Penuaan

14 May 2021   |   06:24 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kamu mau punya kulit awet muda bebas kerutan?

Keriput menjadi salah satu efek penuaan yang akan dihadapi setiap orang. Itu alami, namun dalam beberapa kasus, kondisi kulit yang berkerut itu lebih cepat muncul pada mereka yang berusia muda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan efek penuaan. Selain usia, genetika, lingkungan, serta rutinitas perawatan kulit turut berkontribusi.

Kata Dokter Kulit di Rush University Medical Center Claudia Hernandez ada sejumlah cara untuk melawan efek penuaan dini, berikut daftarnya :

1. Cermat

Saat berbelanja krim kulit, cari bahan yang benar-benar bisa mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Produk yang tepat untuk melawan efek penuaan mengandung retinol, tretinoin, dan glikolat. 

Claudia menyebut retinol dapat mengurangi kerutan dengan meningkatkan pergantian sel dan meningkatkan kolagen, serta protein di kulit. Salah satu bentuk vitamin A ini juga dapat membantu meratakan warna kulit.

Sementara krim dengan tretinoin menghasilkan hasil yang serupa, lebih cepat, tetapi memerlukan resep dokter.

Sedangkan asam glikolat dapat mengangkat sel kulit mati. Hasilnya kulit lebih halus dan garis-garis halus tidak terlalu terlihat.

2. Tabur surya

Penting untuk menggunakan tabir surya setiap keluar rumah. Ini dapat melindungi kulit dari sinar berbahaya yang menyebabkan keriput dan perubahan warna. 

Pilihlah tabir surya yang mengandung SPF 30 hingga 50, aplikasikan setiap 2-3 jam. Kemudian tabir surya bebas minyak yang membantu menghindari pori-pori tersumbat dan akjirnysu menyebabkan jerawat. Sesuaikan warna kulit juga ya dalam memilih sunscreen.

3. Berhenti merokok

Merokok dapat membatasi aliran darah dan menghilangkan oksigen pada kulit, yang berarti nutrisi untuk kulit tidak terpenuhi.

Merokok juga menyebabkan kamu menyipitkan mata dan mengencangkan mulut. Ekspresi wajah yang berulang ini bisa menimbulkan kerutan.

4. Kaca mata hitam

Kerutan di sekitar mata timbul karena sering menyipitkan mata. Oleh karena itu, saat cuaca terik, gunakan kaca mata hitam ya.

5. Gosok dengan lembut

Menggosok kulit terlalu keras atau menggunakan losion hingga sabun yang mengiritasi kulit dapat menyebabkan garis-garis halus loh. 

6. Lembapkan

Gunakan pelembab setiap hari untuk menjaga kulit tetap kenyal. Kulit kering dapat menimbulkan kerutan.

7. Tidur nyenyak

Tidur malam yang nyenyak membantu meremajakan kulit. Apabila kurang tidur, kulit akan nampak kusam dan membuat kantong di bawah mata. 

8. Olahraga

Olahraga teratur dan diet sehat mungkin tidak mengurangi kerutan, tetapi bisa mengurangi kulit kusam.

Olahraga memang selalu menyehatkan dan memberi efek baik pada tubuh, bukan?

SEBELUMNYA

Bosan Rendang & Semur? Intip Resep Olahan Daging ala Chef Yuda Bustara

BERIKUTNYA

Sulit Bangun Tidur? Ini 6 Tips Agar Tubuh Cepat Bangun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: