Valve mengumumkan Bali sebagai salah satu lokasi turnamen Dota Major DPC 2023 (Sumber gambar Twitter Dota 2)

Asyik, Bali Resmi Jadi Salah Satu Lokasi Turnamen Major Dota Pro Circuit 2023

06 January 2023   |   15:08 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Industri olahraga elektronik (esports) Indonesia terus menyita perhatian publik, beberapa di antaranya datang dari gim komputer populer yaitu Dota. Setelah berbagai rumor beredar, Valve akhirnya resmi mengumumkan salah satu turnamen Dota Pro Circuit (DPC) 2023 akan berlangsung di Bali pada 30 Juni sampai 9 Juli tahun ini.

Kabar menggembirakan bagi pencinta esports itu diumumkan oleh akun Twitter Wykrhm Reddy yang langsung mendapat banyak respon positif dari kalangan penggemar gim di dalam negeri. Selain itu, akun Dota juga mengumumkan kabar tersebut di laman Twitter dan tautan mereka pada Jumat, (6/1/23).

"Tur pertama musim Sirkuit Dota Pro telah dimulai dan bersamaan dengan itu datanglah untuk ikut permainan Fantasi sepanjang musim. Dukung tim DPC favoritmu!," tulis akun Twitter @DOTA2. 

Baca jugaJadwal Knockout Stage M4 World Championship, Dua Tim Esports Indonesia Duduki Upper Bracket
 
 

Adapun, ketiga turnamen major yang baru diumumkan oleh Valve ini adalah Lima major 2023, Berlin Major 2023, dan Bali Major 2023. Pada gelaran tersebut Ibu kota Lima di Peru akan menjadi gelaran pembuka pada DPC 2023 yang akan dikelola langsung oleh 4D Esports sebagai organizer.

Kemudian Berlin Major 2023 akan berlangsung selepas DPC 2023 Spring Tour, di mana ESL akan menjadi penanggung jawab dalam turnamen ini. Dan terakhir, Bali Major 2023 bakal menjadi major penutup yang digelar selepas DPC 2023 Summer Tour dengan jadwal pada 30 Juni hingga 10 Juli 2023.

Pemilihan Pulau Dewata sebagai salah satu lokasi turnamen DPC 223 ini tentu tak lepas dari kesuksesan IESF World Esports Championship pada 2022. Ketika turnamen itu berlangsung, cabang Dota 2 memang ikut diperlombakan dan berhasil dengan sukses di mana Indonesia juga menyabet salah satu gelar juara. 

Kehadiran Bali Major 2023 bakal menggenjot kembali antusiasme skena perlombaan Dota 2 di Tanah Air, terutama di kalangan anak-anak muda. akan tetapi, hingga saat ini pihak Valve masih belum mengumumkan siapa yang akan menjadi tuan rumah dari The International 2023. 

Sebagai informasi tambahan, Indonesia terakhir kali menggelar turnamen besar resmi dari Valve adalah saat GESC yang diselenggarakan pada 2018 dan menjadikan Evil Geniuses sebagai juara. Skena Dota pada saat itu juga masih didominasi nama seperti Dendi Navi, dan masih banyak lagi, yang turut meramaikan euforia game Dota di Tanah Air.

Tak hanya itu, dalam kancah internasional, Dota Indonesia juga cukup dikenal dengan tim-tim kuat yang bertaji. Sebab, pada Desember 2022 skuad Dota 2 Indonesia berhasil menjadi juara IESF 14th World Esports Championships Bali 2022 setelah berhasil mengalahkan tim esports Dota dari Filipina.

Kemenangan tim esports Indonesia itu cukup mengejutkan bagi skuad Filipina. Pasalnya, Filipina selalu memenangkan pertandingan IESF 14th World Esports Championships Bali 2022 untuk Dota 2. Akan tetapi, pada pertandingan itu tim Dota 2 Indonesia berhasil memenangi laga dan resmi mengangkat trofi IESF 14th World Esports Championships Bali 2022.

Baca juga5 Game Esports Battle Royale Paling Banyak Ditonton Sepanjang 2022 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

7 Negara dengan Lanskap Musim Semi Terindah di Dunia

BERIKUTNYA

10 Makanan Kaya Protein Bantu Turunkan Berat Badan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: