Battle royale jadi salah satu genre populer di industri esports (Sumber gambar: Unsplash/Amanz)

5 Game Esports Battle Royale Paling Banyak Ditonton Sepanjang 2022 

04 January 2023   |   20:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Dari sekian banyak genre permainan gim video yang berkembang dalam beberapa waktu terakhir, salah satu yang paling signifikan adalah battle royale. Mulai dari Player Unknown Battleground hingga Fortnite, gim yang memadukan unsur survival dan eksplorasi ini digandrungi gamers di seluruh dunia. 

Pada umumnya gim jenis ini memungkinkan banyak pemain sekaligus untuk bertanding, baik secara individu maupun kelompok dalam satu dunia virtual yang sama. Unsur kompetitif yang dihadirkan juga membuat kategori permainan ini jadi salah satu cabang olahraga elektronik atau esports paling populer saat ini. 

Jutaan pasang mata menghabiskan waktu untuk menyaksikan pertandingan esports dari judul-judul battle royale. Enggak percaya? Data dari Esports Charts menunjukkan statistik yang menarik. Berikut adalah 5 gim esports battle royale yang paling banyak ditonton sepanjang tahun lalu. 

*Sebagai catatan, data pemeringkatan didasarkan pada statistik turnamen esports di masing-masing gim. 

Baca juga7 Game Paling Dinantikan yang Batal Rilis pada 2022 
 

5. PUBG: Battlegrounds 


PUBG: Battlegrounds menempati posisi lima untuk gim esports battle royale paling banyak ditonton pada 2022. Tahun lalu, seluruh turnamen dari judul gim ini disaksikan dengan total 27,97 juta jam tayangan. Puncak tertinggi jumlah tontonan bersama dalam satu acara terjadi saat tayangan PUBG Nations Cup 2022 dengan total 239.00 orang. 

Tak bisa dimungkiri bahwa gim ini merupakan salah satu judul esports paling populer yang masih eksis. PUBG: Battlegrounds adalah gim yang dikembangkan oleh PUBG Studio dan diterbitkan oleh Krafton, serta menjadi salah satu pionir berkembang pesatnya genre battle royale di industri video gim. 
 

4. Fortnite 


Posisi keempat dalam daftar ini diisi oleh gim Fortnite yang dikembangkan dan dirilis oleh Epic Games. Sejak pertama kali dirilis pada 2017, gim ini telah masuk dalam top of mind para pencinta gim battle royale. Sepanjang tahun lalu, gim ini mengumpulkan total 38,96 juta jam tontonan. 

Gelaran yang membawa banyak penonton untuk gim ini adalah Fortnite Zero Build dengan capaian 557.722 penonton dalam waktu bersamaan (peak viewers). Selain itu, judul ini juga masih jadi salah satu olahraga favorit para pemain profesional (pro player) karena punya banyak turnamen dengan hadiah besar, dengan total hadiah mencapai US$1 juta. 


3. Free Fire 


Garena, salah satu perusahaan ternama di industri gim juga punya entri untuk daftar ini yang tidak lain adalah Free Fire. Secara keseluruhan, pada tahun lalu gim ini berhasil mengumpulkan total 43,84 juta jam tayangan. Turnamen Free Fire World Series 2022 Sentosa bahkan meraih jumlah penonton peak viewers hingga 1,4 juta pasang mata.

Judul ini punya pasar yang sangat besar di wilayah Brasil dan Asia secara umum. Kendati begitu, Esports Charts mencatat bahwa jumlah tontonan Free Fire mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, judul ini juga turun satu peringkat untuk daftar yang sama dalam setahun terakhir. 
 

2. Apex Legends


Posisi runner-up dalam daftar ditempati oleh gim Apex Legends dari Respawn Entertainment dan Electronic Arts (EA). Gim yang tergolong anyar lantaran baru dirilis pada 2019 ini banyak diminati oleh para pencinta battle royale. Total jumlah tontonan yang berhasil dikumpulkan mencapai 62,47 juta jam tayang, dengan Apex Legends Global Series (ALGS) sebagai tulang punggungnya. 

Turnamen esports ALGS berhasil mencatat peak viewers hingga 676.000 tontonan. Dengan jumlah itu, 2022 jadi tahun paling populer ALGS sebagai liga resmi yang diadakan oleh perusahaan pengembang. Kepopuleran Apex Legends tak lepas dari rangkaian pembaruan (update) dan fitur yang dihadirkan, sehingga menarik minat para pemain baru.
 

1. PUBG Mobile 


Gim esports battle royale yang paling populer dan banyak ditonton sepanjang 2022 jatuh kepada PUBG Mobile, yang dikembangkan oleh Lightspeed & Quantum Studio dan diterbitkan oleh Tencent Games. Total jumlah tayangan dari gim ini mencapai 112,33 juta jam, dan jadi satu-satunya judul yang berhasil tembus 100 juta jam tayangan. 

Ada banyak turnamen esports dari PUBG Mobile yang digandrungi para pemainnya. Salah satunya adalah PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022 yang berhasil mengumpulkan 20,9 juta jam tayang. Sementara itu, acara yang paling banyak ditonton secara bersamaan adalah 31st Southeast Asian Games PUBG Mobile dengan peak viewer mencapai lebih dari 900.000 orang. 
 

(Sumber gambar: Esports Charts)

(Sumber gambar: Esports Charts)

Sebagai informasi tambahan, saat ini ada banyak judul permainan gim video bergenre battle royale selain daftar yang telah disebutkan di atas. Berikut ini adalah beberapa gim populer lainnya: 
  • Call of Duty: Modern Warfare 
  • DayZ 
  • Call of Duty: Warzone
  • Warface
  • Paladins 
  • Arma 3
  • CRESED: F.O.A.D
  • Fall Guys 
  • Spellbreak 
  • Super Animal Royal 
  • Minecraft Survival Games 
  • Unturned: Arena Mode 
  • Naraka: Bladepoint 

Baca juga10 Tim Esports Terpopuler di Dunia 2022: Ada EVOS, ONIC & RRQ dari Indonesia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Beyonder, Karakter Penting dalam Avengers: Secret Wars

BERIKUTNYA

Jadwal & Cara Beli Tiket Indonesia vs Vietnam di Piala AFF 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: