Selain Lifetime Achievement Award, The Recording Academy juga akan memberikan penghargaan Trustees Award . (Booby McFerrin/ Sumber gambar Instagram)

Mengenal Lifetime Achievement Grammy Award 2023, Penghargaan untuk Musisi Legendaris Dunia

06 January 2023   |   14:01 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sederet musisi legendaris dunia bakal membuat catatan baru di Lifetime Achievement Grammy Award 2023. Penghargaan bergengsi atas pencapaian seumur hidup itu akan dianugerahkan dalam acara Special Merit Awards, yang digelar Recording Academy pada 4 Februari mendatang. 

The Recording Academy sebagai penyelenggara mengumumkan penghargaan Lifetime Achievement Award dalam acara Special Merit Award tersebut akan dipersembahkan kepada delapan musisi legendaris dunia. Hal ini dikabarkan melalui unggahan media sosial Instagram mereka pada Kamis, 
(5/1/23).

Baca juga: Tutup Usia, Intip Kisah Penyanyi Pemenang Grammy Anita Pointer

"Penghargaan Khusus ini diberikan melalui pemungutan suara dari National Trustees #RecordingAcademy kepada para pemain yang, selama hidup mereka, telah memberikan kontribusi kreatif dengan signifikansi artistik yang luar biasa," tulis unggahan media sosial @recordingacademy.

Pada postingan itu mereka juga mengumumkan sederet daftar musisi yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Total terdapat delapan musisi, yaitu Nirvana, Bobby McFerrin, Ma Rainey, Nile Rodgers, Slick Rick “The Ruler”, The Supremes, Ann Wilson, dan Nancy Wilson dari band Heart.
 


Tak lama setelah kabar tersebut diumumkan, beberapa musisi pun mengungkapkan antusiasme mereka di media sosial. Bahkan, salah satu penerima penghargaan Nile Rodgers juga mengunggah ulah kabar tersebut, sambil menuliskan tagar #nowords #purelove #gratitude di akun Instagram miliknya.

Mengutip Variety, Chief Executive Officer (CEO) The Recording Academy Harvey Mason jr. mengatakan, Academy pun bangga karena dapat merayakan musisi-musisi  yang memiliki pengaruh besar itu. Deretan musisi peraih penghargaan itu juga mencakup berbagai genre dan keahlian sebagai penerima penghargaan Special Merit Awards 2023.

“Setiap kreator dalam daftar ini telah memberikan pengaruh pada industri-mulai dari pencapaian teknis hingga kreatif-yang mewakili luasnya komunitas musik yang beragam. Kami sangat bersemangat untuk merayakan para legenda ini bulan depan yang terus menginspirasi dan membentuk dunia musik," papar Harvey.

Tak hanya itu, selain Lifetime Achievement Award, pihak The Recording Academy juga akan memberikan penghargaan Trustees Award, Technical Grammy Award, dan Best Song for Social Change Award dalam acara Special Merit Award yang akan digelar pada Februari 2023.

Adapun, beberapa penerima Trustees Award antara lain fotografer musik Henry Diltz, pianis jazz dan pendidik Ellis Marsalis serta pendiri Stax records Jim Stewart. Kemudian penerima Technical Grammy Award yaitu Audio Engineering Society dan Andy Hildebrand. Sementara penerima Best Song for Social Change akan diumumkan di kemudian hari.

Upacara penghargaan Special Merit Award  sendiri akan digelar  pada 4 Februari 2023 yang bertempat di Teater Wilshire Ebell di Los Angeles, Amerika Serikat. Perayaan ini juga menandakan untuk pertama kalinya acara itu kembali digelar secara offline sejak 2020 selama ajang Grammy Week.

Baca juga: Cek Daftar Lengkap Nominasi Grammy Awards 2023

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Jaga Performa Kendaraan, Jangan Abaikan Filter Bahan Bakar

BERIKUTNYA

Ini Nilai-nilai yang Diharapkan dari Film Animasi bagi Anak di Bawah 10 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: