Ilustrasi Jalan Malioboro di Yogyakarta (Sumber gambar: Farhan Abas/Unsplash)

Cek Daftar Agenda Wisata di Yogyakarta 2023, Ada ArtJog & Ngayogjazz!

06 January 2023   |   09:43 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

12 Agenda unggulan

Wahyu menjelaskan peluncuran 12 event unggulan itu sengaja dilakukan pada akhir tahun. Sebab, lanjutnya, pihaknya berharap wisatawan yang berniat untuk berkunjung ke Jogja pada tahun depan bisa mempersiapkan diri dan event unggulan akan menjadi penambah atraksi bagi para pelancong. 

"Harapannya wisatawan bisa mempersiapkan diri sejak jauh hari saat berkunjung ke Jogja. Dengan adanya event unggulan yang kita tetapkan, mereka bisa menentukan mau datang kapan untuk menyaksikan event apa," imbuhnya.

Sebanyak 12 agenda unggulan tersebut dipilih dari 60 agenda ekonomi kreatif dan pariwisata yang ada di Jogja dan sekitarnya. Meski tidak digelar setiap bulan sepanjang 2023 nanti, skala agenda yang berstatus nasional bahkan internasional diharapkan menarik minat masyarakat untuk berkunjung. 

"Indikatornya kita tetapkan berdasarkan skala event. Sebenarnya banyak sekali event yang ada di Jogja, tapi setelah kami kurasi dan melihat dampak serta potensinya dalam menarik minat wisatawan akhirnya kita tetapkan sebanyak 12 event," jelas Wahyu.

Sampai dengan Oktober 2022, tercatat sebanyak 5,8 juta wisatawan telah berkunjung ke Jogja dengan lama tinggal rata-rata sekitar 1,77 hari, dan anggaran belanja mencapai Rp1,95 juta per wisatawan.

Wahyu mengatakan untuk target kunjungan wisatawan masih menjadi pembahasan oleh pihaknya. Namun, untuk target rata-rata durasi lama tinggal wisatawan, Wahyu mengatakan pihaknya menargetkan di angka 1,70 hari dengan belanja wisata di angka Rp1,6 juta per wisatawan.

Editor: Fajar Sidik 
1
2


SEBELUMNYA

Mencuri Raden Saleh Tayang di Netflix, Intip Sinopsisnya Yuk

BERIKUTNYA

Begini Alasan Kaum Ibu & Pesohor Memilih Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: