Kiri ke kanan: SHINee, DAY6, ONF. (Sumber gambar: SM Entertainment, JYPE, WM Entertainment)

3 Boy Group Ini Akan Comeback Usai Selesai Wajib Militer, Apa Rencananya?

05 January 2023   |   16:12 WIB

Kabar mengenai artis Korea Selatan yang menjalankan wajib militer menjadi topik yangmenarik, terutama bagi para penggemar artis tersebut. Biasanya, topik ini akan makin menarik dengan kabar kembalinya para artis dari kewajiban negara mereka untuk mengetahui rencana kegiatan mereka selanjutnya setelah selesai periode tersebut.

Salah satu kabar terbaru yang dinantikan adalah kembalinya EXO pada tahun ini yang direncanakan akan dilakukan setelah Baekhyun kembali pada 5 Februari 2023. Suho sendiri telah mengabarkan bahwa EXO akan kembali pada tahun ini, meski tidak memerincikan rencana comeback tersebut.

Selain EXO yang berencana akan comeback, tiga boy group ini juga akan kembali pada tahun ini.
 

1. SHINee


Boy group yang terdiri dari Onew, Key, Minho, dan Taemin akan kembali pada tahun ini menjelang perayaan ulang tahun debut ke-15. Newsen memperkirakan bahwa comeback ini akan dilakukan pada pertengahan tahun, tepatnya sekitar 25 Mei 2023 yang merupakan ulang tahun grup tersebut.

"Saya pikir ini [album full-length ulang tahun debut SHINee ke-15] akan keluar pada hari debut," jelas Minho dalam sela-sela wawancara promosi drama The Fabulous pada 27 Desember 2022.

Tak hanya Minho, Onew juga memberikan kabar mengenai comeback SHINee pada Mei 2023 dalam sebuah siaran langsung di akun media sosialnya pada 30 Desember 2022. Kabar dari sang pemimpin grup tersebut disambut antusias.

Kabar ini menyusul pengumuman bahwa Taemin akan kembali dari wajib militer dengan jadwal kepulangan pada 4 April 2023. Selama masa wamil dari anggota termuda itu, seluruh anggota, baik Onew, Key, maupun Minho merilis album solo selama dua tahun terakhir dan mengerjakan kegiatan solo.

Baca juga: 14 Tahun Berkarier, Akhirnya Minho Shinee Rilis Album Solo

Comeback di Korea Selatan SHINee yang terakhir sebagai grup adalah pada April 2022 melalui lagu Atlantis dari album repackaged berjudul sama, di mana album ini merupakan versi pengemasan ulang dari album Don't Call Me yang rilis dua bulan sebelumnya. Sementara itu, comeback Jepang terakhirnya adalah SUPERSTAR yang rilis pada Juli 2021.
 

2. DAY6


DAY6 diperkirakan akan melakukan comeback pada tahun ini seiring dengan tiga anggotanya yang akan menyelesaikan wajib militernya secara bertahap pada tahun yang sama. Setelah Sungjin selesai wamil sebagai tentara Angkatan Darat pada 6 September 2022, tiga anggota lainnya akan menyusul dalam kurun waktu April hingga November 2023.

Young K yang masuk wamil pada 12 Oktober 2022 sebagai tentara Korean Augmentation Troops to the United States Army (KATUSA) akan menyelesaikan tugasnya pada 11 April 2023, Dowoon yang bertugas dalam Band Militer sejak 17 Januari 2022 akan menyelesaikan tugas pada 16 Juli 2023, dan Wonpil yang bertugas di Angkatan Laut Korea Selatan akan selesai bertugas pada 27 November.

Band yang debut pada 2015 ini diperkirakan akan menyambut penggemar dan publik pada akhir tahun. Meski belum ada kabar terbaru mengenai rencana ini, para anggota berpesan bahwa keempatnya menantikan musik yang akan hadir sekembalinya dari wajib militer dan berjanji akan segera comeback sebagai grup.

"Sekarang Sungjin sudah selesai wajib militer, lalu Younghyun [nama asli Young K], Dowoon, dan saya akan segera menyelesaikannya kemudian segera bertemu dengan kalian. Mari bertemu dengan gembira dan penuh senyuman tanpa menyakiti hati," tulis Wonpil dalam forum komunikasi penggemar Fans pada 31 Desember 2022.

Terbaru, kabar ini diperkuat dengan keempat anggotanya yang memperpanjang kontrak eksklusif mereka bersama JYP Entertainment pada September 2022.  Selama ketiganya menjalankan wamil, sejumlah konten musik dari Young K dan Wonpil dipublikasi dalam Youtube resmi DAY6 serta penampilan spesial acara Immortal Songs 2 pada 1 Oktober 2022. Sementara itu, Sungjin kini aktif dalam beberapa kegiatan seperti konten web dan pembawa acara radio.
 

3. ONF


Seluruh anggota ONF, kecuali U yang berasal dari Jepang, diketahui telah mendaftarkan diri ke program wajib militer secara bertahap pada Desember 2021. Anggota pertama yang masuk adalah MK yang masuk pada 21 Desember, lalu J-Us dan Wyatt pada 27 Desember, serta Hyojin dan E-Tion pada 28 Desember. 

Kelimanya dijadwalkan akan mengakhiri masa wajib militer pada Juni 2023, di mana jadwal ini mempercepat masa hiatus sebagai dampak dari keputusan untuk masuk program bersama-sama. Dengan percepatan inilah, ONF berharap bisa tetap aktif dalam industri musik untuk waktu yang lebih lama.

Comeback terakhir ONF sebelum wamil adalah saat perilisan album mini Goosebumps pada 3 Desember 2021, di mana comeback ini merupakan comeback keempat selama tahun 2021. Selama masa hiatus, ONF hanya merilis satu album berjudul Storage of ONF yang merupakan album perayaan ulang tahun debut kelima pada Agustus 2022. Saat ini, belum ada rencana comeback yang dirincikan ONF pada tahun ini.

Baca juga:Heo Chan Resmi Hengkang dari Boygroup VICTON

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

5 Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Akuntansi

BERIKUTNYA

Mengenal The Big Four, Kantor Akuntan Publik di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: