Ilustrasi universitas terbaik (Sumber gambar: Freepik)

5 Universitas Terbaik di Dunia untuk Belajar Akuntansi

05 January 2023   |   16:02 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Akuntansi merupakan salah satu bidang studi yang kini banyak diminati oleh calon mahasiswa. Bidang studi ini memiliki prospek kerja yang cerah karena keilmuannya dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Tak mengherankan jika akuntansi masuk ke deretan jurusan favorit di berbagai universitas.

Ilmu akuntansi berguna di banyak bidang dan selalu dibutuhkan oleh semua orang. Ibaratnya, selama masih ada bentuk transaksi di dunia, maka ilmu akuntansi akan selalu dipakai. Ke depan, transaksi-transaksi bisnis juga diprediksi terus berkembang pesat seiring dengan perkembangan perusahaan ke era digital.

Jika serius ingin mendalami akuntansi, tentu cara terbaiknya ialah belajar di universitas yang punya jurusan akuntansi terbaik di dunia. Berdasarkan Lembaga QS World University Rankings, setidaknya ada 5 universitas yang menawarkan jurusan akuntansi terbaik di dunia. Penasaran apa saja universitas tersebut? Simak ulasan berikut ini.

 

Harvard University/Bisnis.com

Harvard University/Bisnis.com

1.       Harvard University

Universitas tertua di Amerika Serikat ini menawarkan jurusan akuntansi terbaik di dunia. Harvard memang bukan universitas sembarangan. Mendengar namanya saja sudah tidak asing lagi karena kampus ini jadi incaran banyak calon mahasiswa di dunia.

Jurusan akuntansi di Harvard University mendapatkan poin nyaris sempurna, yakni 98,5, versi QS World University Rankings. Kampus ini juga dikenal telah memuluskan berbagai tokoh penting dunia, termasuk 8 Presiden Amerika Serikat. Tidak mengherankan jika Harvard University jadi kampus terbaik bagi mereka yang ingin mendalami ilmu akuntansi.
 

2.       Stanford University


Stanford University juga menawarkan jurusan akuntansi yang tidak kalah saing dengan Harvard University. Universitas inisebelumnya berada di peringkat ke-3 dengan nilai 93,2 poin. Akan tetapi, kini sudah menjadi runner up universitas untuk belajar akuntansi terbaik di dunia dengan perolehan poin 94.

Kemajuan peringkat universitas ini membuat banyak orang mulai melirik Stanford University sebagai kampus idaman untuk belajar akuntansi. Stanford University juga termasuk kampus yang tua di Amerika Serikat. Letaknya yang strategis dan dekat dengan pusat pengembangan teknologi dunia juga membuat kampus ini menarik bagi sebagian calon mahasiswa.

 

Massachusetts Institute of Technology/dokumen MIT

Massachusetts Institute of Technology/dokumen MIT


3.       Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Nama Massachusetts Institute of Technology (MIT) belakangan mulai menanjak dan menjadi salah satu perguruan tinggi ternama. Dalam urusan pendidikan akuntansi, MIT kini berada di peringkat ketiga dengan perolehan nilai 93,6 poin. MIT sudah banyak meluluskan figur-figur top di Amerika Serikat. Tak mengherankan jika kampus ini mulai jadi salah satu rujukan pengembangan ilmu pengetahuan modern di dunia.
 

4.       University of Oxford


Setelah tiga besar sekolah akuntansi terbaik didominasi Amerika Serikat, kini posisi selanjutnya diisi oleh universitas dari Inggris, University of Oxford. Kampus ini memang sudah sangat terkenal di kalangan calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Eropa.

Oxford telah dikenal lama menjadi pilihan untuk belajar dunia akuntansi. Pada tahun ini University of Oxford berhasil memperoleh nilai 92,6 poin. Hal itu membuat Oxford jadi salah satu kampus incaran untuk belajar akuntansi.
 

5.       University of Chicago


Perkembangan studi akuntansi di University of Chicago sangat baik. Tempat belajar mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ini kini menempati posisi 5 besar dengan nilai 91,4 poin. Padahal, setahun sebelumnya University of Chicago berada di urutan ke-9 dengan nilai 87 poin.

Baca juga: Daftar 5 Universitas Seni Terbaik di Dunia

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Bocoran Film Gran Turismo yang Tayang Tahun Ini

BERIKUTNYA

3 Boy Group Ini Akan Comeback Usai Selesai Wajib Militer, Apa Rencananya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: