Colleen Hoover (sumber gambar: Lithub.com)

Colleen Hoover Rajai Penjualan Novel Terlaris 2022

05 January 2023   |   16:03 WIB

Penulis kisah roman terkenal Amerika Serikat Colleen Hoover menjadi novelis yang karyanya paling laris dan digemari pembaca pada 2022. Paling tidak, enam dari sepuluh daftar novel terlaris pada tahun lalu merupakan karya wanita kelahiran 11 Desember 1979 tersebut.

Menurut perusahaan riset pasar NPD BookScan, buku terlaris tahun lalu adalah novel karya Hoover yang dirilis pada 2016, yang berjudul It Ends With Us. Adapun karya Hoover lainnya yang bertengger pada 10 novel terlaris adalah Verity yang menempati posisi kedua, It Starts With Us menempati posisi keempat, Ugly Love menempati posisi kelima, Reminders Of Him menempati posisi ketujuh dan novel berjudul November 9 menempati posisi kesembilan.

Menurut New York Times, buku cetak karya Hoover telah terjual 8,6 juta hingga Oktober 2022. Dia juga telah menjual lebih banyak buku pada 2022 daripada Dr. Seuss, dan lebih banyak dari gabungan James Patterson dan John Grisham, masih menurut New York Times.

Baca jugaPetualangan Terbaru Alex Cross di Triple Cross Masuk Daftar Buku Terlaris

Hoover menerbitkan sendiri buku pertamanya, Slammed, pada  2012, yang masuk dalam daftar buku terlaris New York Times. Wanita berusia 43 tahun ini telah merilis 24 novel sejak memulai karier menulisnya satu dekade lalu, termasuk dua novel tahun lalu, yaitu It Starts With Us dan Reminders Of Him.

TikTok telah membantu keberhasilan Hoover selama beberapa tahun terakhir dan mengumpulkan basis penggemar besar yang selalu memburu karyanya, sehingga dia sering dijuluki sebagai ratu Booktok.

Hoover memiliki 1,1 juta lebih pengikut di TikTok, dan tagar #colleenhoover memiliki lebih dari 3 miliar tampilan di aplikasi tersebut. Hoover juga menempati peringkat pertama yang paling banyak diikuti di GoodReads.

Hoover juga masih terikat kontrak untuk merilis enam karyanya lagi dalam lima tahun ke depan, melalui penerbit Hachette, Simon & Schuster dan Amazon Publishing, menurut Times.
 

Sejumlah novel karya Hoover/ Vulture

Sejumlah novel karya Hoover (Sumber gambar: Vulture)


Sejumlah karyanya juga sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia yang dirilis Gramedia, di antaranya It Ends with Us (Akhir di Antara Kita), Ugly Love (Wajah Buruk Cinta) dan Without Merit (Tanpa Merit).

Hoover sudah beberapa kali memenangi penghargaan, di antaranya pada 2014 mendapat UtopYA Con Awards melalui bukunya berjudul Maybe Someday sebagai Most Innovative Marketing, Goodreads Choice Awards pada 2015 melalui bukunya Confess, dan penghargaan yang sama It Ends with Us  pada tahun berikutnya.

Adapun karyanya yang masuk peringkat buku best seller di New York Times adalah Slammed, Point of Retreat, This Girl, Hopeless (peringkat pertama), Losing Hope, Maybe Someday, Ugly Love, Confess, November 9, It Ends with Us (peringkat pertama) dan Verity. Sementara Hopeless juga masuk dalam Amazon Best Sellers pada 2013.

Wanita bernama lengkap Margaret Colleen Fennell Hoover lahir pada 11 Desember 1979, pada masa kecilnya termasuk anak yang cerdas, dan selalu mendapat nilai tertinggi untuk karyanya. Dia mulai sekolah menengah pada usia 16 tahun, serta lulus dari perguruan tinggi dengan gelar Sarjana dari universitas negeri AS.

Dia suka menulis sejak balita, bahkan sebelum dia benar-benar tahu apa yang ditulisnya itu. Dia mulai suka menulis pada usia empat tahun saat kakak perempuannya telah bisa menulis kata-kata di atas kertas di depannya. “Saya ingat saat itu saya merasa seperti memiliki cerita untuk diceritakan,” jelasnya seperti dikutip dari Elle.

Saat kecil, dia selalu mengatakan kepada orang-orang bahwa dia ingin menjadi penulis saat dia sudah besar nanti. Hoover yang lulusan dari Texas A&M-Commerce dengan gelar di bidang pekerjaan sosial. Dan kemudian  bekerja di berbagai pekerjaan sosial dan pekerjaan mengajar.

Setelah menikah dengan Heath Hoover, kekasih SMA-nya pada usia 20 dan kemudian memiliki tiga anak sebelum usia 26 tahun, minat menjadi penulis pun terganti untuk hal yang lebih praktis, yaitu mengejar karier dalam pekerjaan sosial.

Namun, Hoover kemudian mendapat ide untuk menulis dan setelah mendapat dorongan teman dan keluarga, dia menerbitkan sendiri novel pertamanya pada 2012, berjudul Slammed, yang kemudian disusul sekuelnya, Point of Retreat, pada tahun yang sama.

Hoover pada awalnya memilih menjadi penulis indie bukan karena penerbit tidak tertarik akan karyanya, tetapi karena dia tidak memahami bagaimana memulai proses mencari agen.


Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Cek Fitur Project Leonardo PS5, Kit Kontroler Game Khusus Penyadang Disabilitas

BERIKUTNYA

Ini Bocoran Film Gran Turismo yang Tayang Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: