Pemain Indonesia merayakan gol ke gawang lawan (Sumber gambar: tangkapan layar akun IG PSSI/diolah)

Indonesia Berhasil Lolos ke Babak Semifinal Piala AFF 2022

03 January 2023   |   08:40 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim Garuda berhasil unggul dengan skor 2 – 0 dari tim nasional Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, tim nasional Indonesia berhasil lolos dari babak kualifikasi Grup A dan siap melakoni laga di babak semifinal Piala AFF.  

Kemenangan itu membuat Indonesia berhasil meraih poin 10 dalam empat kali pertandingan. Indonesia melaju ke babak semifinal dengan tiga kali kemenangan dan satu kali seri selama babak kualifikasi Grup A. Kemenangan tipis dari Filipina itu membuat tim asuhan Shin Tae-yong belum pernah kalah.

Gol Indonesia ke gawang Filipina tercatat melalui pemain Dendy Sulistyawan pada menit ke-20. Pemain bernomor punggung sebelas itu berhasil mencetak gol melalui sundulan kepala setelah menerima lemparan jauh dari Pratama Arhan.

Baca juga: Rekor Head to Head Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Dominasi Kemenangan

Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Filipina yang dijaga oleh Anthony Pinthus melalui Marselino Ferdinan 23 menit berselang atau pada menit ke-43. Marselino berhasil mencetak gol setelah melakukan umpan satu dua dengan Saddil Ramdani.

Filipina berhasil mengejar ketertinggalan pada menit ke-83 melalui Jens Sebastian Beraque Rasmuessen. Kedudukan pun menjadi 2 – 1 untuk Indonesia sampai dengan babak kedua usai.
 

Sepanjang 90 menit pertandingan, Indonesia memiliki penguasaan bola sebesar 56 persen, 20 tembakan, dan tujuh tembakan ke arah gawang. Sementara itu, Filipina hanya memiliki penguasaan bola sebesar 44 persen, 9 tembakan, dan 4 tembakan ke arah gawang.

Tim nasional Indonesia menempati posisi kedua Grup A berada di bawah Thailand meskipun memiliki poin yang sama lantaran kalah selisih gol.

Selama empat kali bertanding, Witan Sulaeman dan kawan-kawan berhasil memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak 12 gol dengan perincian 2 gol ke gawang Kamboja, 7 gol ke gawang Brunei Darussalam, 1 gol ke gawang Thailand, dan 2 gol ke gawang Filipina. Sementara itu, tim nasional Indonesia telah kebobolan sebanyak total tiga gol ketika melawan Kamboja, Thailand, dan Filipina.

Dengan berada di posisi kedua Grup A, tim nasional Indonesia akan berhadapan dengan pemilik posisi pertama Grup B dalam laga semifinal.

Di Grup B, Vietnam, Singapura, dan Malaysia yang masing-masing memiliki poin 7,7, dan 6 masih memiliki peluang lolos ke babak semifinal. Sementara Myanmar dan Laos sudah dipastikan tidak akan lolos lantaran hanya memiliki poin satu.

Pada pertandingan terakhir babak kualifikasi Grup B, tim nasional Malaysia akan bertemu dengan tim nasional Singapura pada pukul 19.30 WIB. Sementara itu, tim nasional Vietnam akan melawan tim nasional Myanmar pada pukul 19.30 WIB.

Jadwal pertandingan Indonesia pada semifinal leg pertama akan berlangsung pada Jumat, 6 Januari 2023. Diikuti dengan semifinal leg kedua akan terselenggara pada Senin, 9 Januari 2023.

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

PPKM Dicabut, Protokol Kesehatan Tetap Berlaku Bagi Penumpang KRL

BERIKUTNYA

Cara Membuat Kalender 2023 Estetik Menggunakan Canva, Bisa Atur Desain Sendiri!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: