Kim Joo-hun, pemeran Walikota Choi Doha dalam MV OMG milik NewJeans. (Sumber gambar : Youtube/NewJeans)

Muncul Jadi Dokter Jiwa di MV OMG NewJeans, Choi Doha Big Mouth Viral di Twitter

02 January 2023   |   20:20 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Video musik dari single terbaru NewJeans berjudul OMG langsung menarik perhatian penggemar musik K-Pop dan drama Korea. Pasalnya, dalam video tersebut muncul sosok aktor Kim Joo-hun yang memerankan karakter antagonis Walikota Choi Doha dalam serial Big Mouth, yang tak kalah menyita perhatian pencinta drakor beberapa waktu lalu.  

Kehadiran Choi Doha dalam MV OMG milik New Jeans lantas viral di media sosial, Twitter. Banyak yang mengaitkan video musik ini dengan nasib Choi Doha dan ending drama Big Mouth yang terbilang menggantung. “Ini end big mouth yg sebenarnya choi doha d mv New jeans masuk rsj,” tulis akun Twitter K-Drama Menfess, Senin (2/12/2022).

Dalam MV OMG, Choi Doha alias Kim Joo-hun memainkan dua peran. Semula, dia muncul sebagai seorang dokter di rumah sakit jiwa (RSJ) dengan anggota NewJeans sebagai pasiennya. Namun di pertengahan lagu, dia tampak menjadi seorang pasien RSJ yang duduk meringkuk di sudut menatap para member NewJeans. Wajahnya tampak muram dan lesu.

Beberapa pengguna Twitter mengaku kaget dengan kemunculan Choi Doha yang sempat membuat geram warganet penggemar drama Big Mouth. “GW SHOCK BGT LIAT CHOI DOHA DI MV NEW JEANS!!! Gw kira gw salah liat mv,” tulis pemilik akun Twitter @narraawr. 

Baca jugaAlbum OMG NewJeans Laris Manis, Tembus 800.000 Preorder
 
 

Konsep MV OMG

Video musik OMG menawarkan konsep yang unik dengan sedikit suguhan drama di dalamnya. Dimulai dari Kim Joo-hun (Choi Doha) yang berperan sebagai dokter di rumah sakit jiwa. Didampingi dua asisten dokter, dia meminta Hani untuk bercerita tentang masalah yang dialaminya.

Duduk bersama para member di meja bundar, Hanni pun bercerita jikalau dia adalah Siri, asisten pribadi yang dikendalikan suara bawaan iPhone. Cerita Hanni diilustrasikan dengan jelas, bahwa dia tengah berada di dalam iPhone dan lari kesana-kemari menjalankan tugasnya.

Sementara itu, Danielle ditemukan tertawa di TV dengan statis, tetapi dia sebenarnya adalah orang yang mengira mereka sedang dikendalikan. Dia pun mencoba membuat anggota mengingat kembali bahwa mereka adalah NewJeans.

Adapun Hyein memiliki 'sindrom karakter utama' di mana dia berperan sebagai karakter utama dalam dongeng favoritnya seperti Cinderella, gadis batang korek api, dan Putri Salju. Haerin mengira dia adalah kucing dan terlihat di banyak adegan, bertingkah seperti itu. Kendati demikian yang paling aneh,  Minji yang berpura-pura menjadi dokter membawa semua anggota lainnya pergi, sementara dia sendiri menderita karena masalah kejiwaan. 


Genre Musik

Membawa napas R&B dan hiphop, OMG merupakan single  kedua yang dirilis setelah single pre-release, Ditto dalam album terbaru NewJeans. Ditto memiliki musik yang merupakan reinterpretasi dari genre musik Baltimore Club. Lagu yang diproduksi untuk Bunnies, komunitas fans NewJeans, tersebut memiliki aliran yang ditelisik kembali dari Maryland, Amerika Serikat pada awal 1990-an.

Baltimore club atau Bmore merupakan genre musik yang mengombinasikan breakbeat dan house. Musik yang masih berakar dari hiphop ini memiliki ciri khas pada penggunaan irama yang dipotong dan elemen staccato dari genre house yang dicampur.

Musik ini sering dikaitkan dengan Jersey club, di mana Bmore merupakan akar dari genre tersebut dengan perbedaan pada suara kick yang lebih keras, sample musik yang banyak dipotong, serta iramanya yang cepat dan agresif.

Adapun album OMG yang dirilis bersamaan dengan single dengan judul yang sama sore ini, telah mencapai 800.000 pre-order. Sebelumnya, New Jeans sempat mencetak rekor sejarah baru pemesanan album dalam sejarah girl group di Korea Selatan melalui EP mereka, New Jeans yang mencapai 450.000 pesanan. Album debut tersebut menampilkan empat lagu, yakni Attention, Hype Boy, Cookie, dan Hurt.

ADOR, anak usaha HYBE. Uniknya, agensi membebaskan gaya dan standar musik setiap member New Jeans sejak awal debut. Hal ini membuat setiap personelnya mengeksplorasi selera musik dan konsep penampilan secara personal.

NewJeans memiliki anggota dengan beragam kebangsaan, antara lain Korea, Vietnam, dan Australia, dengan yang tertua berusia 18 tahun dan yang termuda berusia 14 tahun. Keempat anggotanya yakni Minji (2004, Korea), Hanni (2004, Vietnam-Australia), Danielle (2005, Korea -Australia), Haerin (2006, Korea), dan Hyein (2008, Korea). 

Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh para anggota sendiri, tidak ada posisi resmi atau leader dalam NewJeans. Semua anggota bisa mengambil sebagai vokalis, rapper, dancer, dan leader. Mereka identik sebagai girl group dengan konsep girly dan menggemaskan dengan gaya busana kasual.

Dari empat lagu yang sudah dirilis, NewJeans identik dengan genre musik pop dan R&B dengan alunan nada yang khas. NewJeans juga smepat bersaing dengan LE SSERAFIM dalam nominasi Mnet Asian Music Awards untuk Artis Wanita Baru Terbaik dan grup Wanita dengan Tarian Terbaik. 

Baca jugaNewJeans hingga TXT, Ini 7 Artis K-Pop yang Akan Comeback pada Januari 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rolling Stone Rilis 200 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa, Ada Aretha Franklin hingga Solois IU

BERIKUTNYA

Kemenag Larang Mixue Pasang Logo Halal di Gerai Mereka, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: