Ilustrasi penyanyi (Sumber gambar: Unsplash/Austin Neill)

Rolling Stone Rilis 200 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa, Ada Aretha Franklin hingga Solois IU

02 January 2023   |   19:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Majalah Rolling Stone telah merilis daftar terbaru dari 200 penyanyi terbaik sepanjang masa atau greatest singers of all the time. Adapun, daftar tersebut dirilis pada 1 Januari 2023 dan langsung viral di media sosial karena menghadirkan daftar penyanyi-penyanyi legendaris hingga populer di dunia.

Sebelumnya, majalah bulanan yang berpusat di Amerika Serikat itu juga pernah merilis daftar 100 penyanyi terhebat pada 2008. Akan tetapi, pada proses tersebut mereka melibatkan proses pemungutan suara yang rumit, dan menyertakan masukan dari para musisi terkenal dunia.

Baca juga: Album OMG NewJeans Laris Manis, Tembus 800.000 Preorder

Sekarang, setelah satu dekade berlalu mereka kembali menyusun ulang daftar penyanyi terbaik sepanjang masa. Dalam proyek kali ini mereka melibatkan staf dan kontributor utama yang mencakup 100 tahun musik pop sebagai perbincangan global yang sedang berlangsung.
 
 


Dalam daftar tersebut, tentu ada nama-nama penyanyi legendaris seperti John Lennon, Kurt Cobain, Bob Dylan, hingga Michael Jackson. Akan tetapi mereka tak lupa juga menyertakan  nama-nama penyanyi pop kontemporer, seperti Lady Gaga, Alicia Keys, Kelly Clarkson, hingga anggota grup Kpop BTS, Jung-kook, dan IU.

Sementara itu, penyanyi terbaik sepanjang masa versi Rolling Stone adalah penyanyi soul asal Amerika Serikat Aretha Franklin. Pada versi sebelumnya musisi yang mendapat julukan Ratu Musik tersebut juga mendapat peringkat teratas dengan mengalahkan penyanyi terkenal lain seperti Ray Charles,Elvis Presley, hingga Sam Cooke.

"Aretha Franklin adalah vokalis yang telah membentuk sejarah dan menentukan hidup kita - dari operator halus hingga teriakan mentah, dari Injil hingga punk, dari Sinatra hingga Selena hingga SZA," tulis majalah Rolling Stone.

Selain itu, Rolling Stone juga menekankan bahwa nama-nama yang masuk ke dalam daftar adalah mereka yang merupakan penyanyi terhebat, bukan yang memiliki suara terhebat. Tak hanya itu, hal yang terpenting adalah orisinalitas, pengaruh yang dibawa, kedalaman katalog, dan luasnya warisan musik para penyanyi. 

"Suara bisa indah seperti Mariah Carey, berat seperti Toots Hibbert, bersahaja seperti Willie Nelson, mewah seperti D'Angelo, atau menguatkan seperti Bob Dylan. Namun pada akhirnya, penyanyi ada di sini karena satu alasan, mereka dapat mengubah dunia dengan membuka mulut," tulis Rolling Stone. 

Adapun, mengenai penyanyi K-Pop IU yang berada di nomor 135, Rolling Stone menulis sang penyanyi memiliki suara yang lembut, akan tetapi mampu menyampaikan pesan dengan sangat kuat melalui keterampilannya yang mudah berpindah dari genre jazz ke balada.

Pada 2022, IU juga menjadi penyanyi solo wanita Korea pertama yang memimpin konser di Stadion Olimpiade Seoul, serta berhasil menjual tiket tempat tersebut dalam lima menit, dengan rekan dan pengagum seperti Jung-Kook dari BTS, Jihyo  =, dan Jeongyeon dari Twice. 

"IU telah menjadi salah satu vokalis yang paling dihormati dalam musik Korea Selatan. Meskipun memiliki suara yang lembut, dia memiliki jangkauan yang luas, penyampaian yang kuat, dan serba bisa," tulis Rolling Stone. 

Baca juga: 13 Artis K-Pop yang Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2022 Versi Rolling Stone, Ada Newjeans hingga PSY

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cek Harga Tiket EXO-SC Back to Back Fancon in Jakarta

BERIKUTNYA

Muncul Jadi Dokter Jiwa di MV OMG NewJeans, Choi Doha Big Mouth Viral di Twitter

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: