One Piece. (Sumber gambar: Toei Animation)

Profil Eiichiro Oda, Mangaka yang Sukses Menelurkan One Piece

02 January 2023   |   11:45 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Siapa yang tidak kenal dengan anime adaptasi komik One Piece yang tenar. One Piece menjadi salah satu seri manga Jepang yang laris manis tidak hanya di negerinya, tetapi juga digemari banyak pencinta animasi di seluruh dunia. Bahkan One Piece berhasil menjadi manga terlaris sepanjang sejarah Shonen Jump.

Di balik kesuksesan One Piece, ada sosok seorang jenius yang mampu merealisasikan kisah unik perjalanan bajak laut tersebut. Dia adalah Eiichiro Oda, mangaka asal Jepang yang lahir di Prefejtur Kumamoto, Jepang pada 1 Januari 1975.

Di usianya yang ke 47 tahun, dia terbukti berhasil dengan segala imajinasinya membuat cerita bajak laut dengan kemasan menarik.

Baca juga: Jadi Komik Terpanjang di Dunia, Segini Harga Manga One Piece Versi Komplet 23 Tahun

Eiichiro Oda memang memiliki kreativitas besar dalam cerita bajak laut. Dilansir dari One Piece Fandom, sejak masih kecil dia selalu mengimpikan menjadi sosok bajak laut. Sema asa kecil, dia juga senang menonton serial animasi televisi berjudul Vicky the Viking yang juga menceritakan bajak laut.

Sejak usia belia pula, dia memutuskan untuk menjadi seorang mangaka, menuangkan idenya tentang bajak laut dalam cerita bergambar. Keputusan untuk menjadi mangaka diambilnya karena dia mencintai kerja seniman seperti idolanya, Akira Toriyama yang membuat seri Dragon Ball.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eiichiro Oda (@eiichiro.oda)


Karya pertama yang dikirim Oda itu membuat eksistensi dan bakatnya semakin dilirik. Dia berhasil menerima penghargaan bergengsi Tezuka Award. Oda juga pernah memenangkan Hot Step Award yang menobatkannya sebagai seniman manga baru yang tersorot di Jepang.

Romance Dawn itulah yang mengawali bab awal dari One Piece sebelum akhirnya terbit di majalah Shonen Jump. Majalah itu berhasil mengantarkan karya One Piece milik Oda disukai masyarakat Jepang dan seluruh dunia.

Bahkan hingga 2019, serial One Piece sudah terjual hingga 450 juta cetak. Selain itu, di seri Romance Dawn tersebut juga karakter populer bernama Monkey D. Luffy dimunculkan.

Sebuah riset yang dilakukan Oricon menempatkan Oda sebagai lima besar seniman manga terfavorit sepanajang masa. Oda juga bersaing dengan pencipta Hunter x Hunter yaitu Yoshihiro Togashi dalam lini mangaka dengan karya terlaris di dunia.

Kehidupan pribadi Oda pun cukup menarik. Dia menikahi Chiaki Inaba, seorang pemeran panggung dari sosok Nami di panggung Jump Festa One Piece. Keduanya menikah pada 2004 dan sudah dikaruniai dua orang anak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Duo KAV Project Rilis Single Anyar bertajuk Sesaat Menghilang

BERIKUTNYA

Popeyes Buka Lagi di Indonesia, Bawa Nostalgia Ayam Goreng ala Lousiana

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: