Ilustrasi Komik One Piece (sumber JBE Books)

Jadi Komik Terpanjang di Dunia, Segini Harga Manga One Piece Versi Komplet 23 Tahun

12 September 2022   |   21:23 WIB

Komik legendaris One Piece karya Eichiro Oda yang telah dibuat menjadi film animasi serta memenangkan banyak penghargaan di dunia kini kembali membuat penggemarnya penasaran. Pasalnya, manga ini bakal dihadirkan dengan cara baru yakni dengan menggabungkan seluruh serialnya.

Manga yang telah menjadi serial di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha sejak Juli 1997 tersebut, belum juga rampung hingga saat ini.

Baca juga: One Piece Film: Red Umumkan Rincian Tiket Fan Screening, Ada 2 Versi Harga

Penerbit asal Prancis, JBE Books akan mencetak ulang seluruh volume, yang pernah  diserialkan dalam 102 edisi itu, ke dalam satu manga terbatas One Piece. Prosesnya, JBE  menggandeng ilustrator Ilan Manouach untuk menggarap total 21.540 halaman.
 

ilustrasi komik One Piece (sumber JBE Books)

ilustrasi komik One Piece (sumber JBE Books)


"JBE Books mencetak volume One Piece edisi terbatas seharga 1.900 euro (Rp28,65 juta) dalam satu volume dengan tebal 21.540 halaman. Komik ini menjadikannya sebagai buku terpanjang yang pernah dibuat," cuit akun twitter @newworldarthur pada Minggu, (10/9/22).

Ilan Manouach sendiri adalah seorang peneliti, musisi, seniman sekaligus akademisi yang memiliki minat khusus dalam komik konseptual dan post-digital. Beberapa karya visualnya a.l, Tintin Akei Kongo (2015), Katz (2015), dan Harvested (2011).

Saat ini dia menjadi rekan Metalab dan sarjana tamu di Universitas Harvard, di mana di sana meneliti efek teknologi kecerdasan buatan (AI), serta keuangan dan logistik global yang membentuk kembali industri komik dunia.

Selain itu, dia juga direktur dari Futures of Comics, sebuah program penelitian internasional yang mengeksplorasi bagaimana komik mengalami mutasi sejarah di tengah arus globalisasi yang semakin dibiayai keterjangkauan teknologi.

Sementara itu, dalam siaran tertulis yang diunduh dari laman resmi JBE Books, dijelaskan bahwa dalam kreativitas menulis sebagai sebuah karya, komik juga memiliki objek ganda, selain memiliki nilai guna bagi pembaca, komik juga memiliki nilai tukar.

"Komik adalah objek ganda. Selain memiliki nilai guna bagi pembaca, komik juga memiliki nilai tukar bagi kolektor," tulis JBE yang melihat ceruk pasar dari manga terlaris sepanjang masa itu.

Masih dari sumber yang sama, manga One Pice yang akan dicetak ini merupakan kumpulan dari 50 edisi serial yang telah terbit dalam 23 tahun lebih. Adapun komik ini memiliki ukuran 12 x 18,5 x 80 cm dan berat sekitar 16,5 kg.

Jika manga ini benar akan dicetak lebih dari 21 ribu halaman, maka bakal menjadi buku terpanjang di dunia yang pernah dicetak dan dijual di dunia, serta mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh penulis Marcel Proust.

Sebelumnya, Guinness World Records mencatat buku terpanjang di dunia yang berhasil memecahkan rekor adalah karya klasik Proust yang berjudul Remembrance of Things Past dan hanya dicetak sebanyak 13 volume dengan masing-masing berisi 10 jua karakter di dalamnya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Film One Piece Red, Simak Tanggal Rilisnya di Indonesia

Manga One Piece sendiri pada Agustus 2022 berhasil memecahkan rekor dunia dengan penjualan sebanyak 500 juta kopi di dunia. Sementara itu di Jepang, komik ini laku sebanyak 417 eksemplar dan 100 juta kopi lagi tersebar di 60 negara.

Dengan angka penjualan terbaru itu, manga One Piece juga berhasil memecahkan rekornya sendiri dari rekor dunia Guinness yang ditetapkan pada Juni 2015 silam. Saat itu, manganya laku 320 juta eksemplar di  seluruh dunia.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Jadi Debut Harry Styles di Festival Film Toronto, Cek Sinopsis My Policeman

BERIKUTNYA

Jung Hae In Bikin Kejutan dalam Serial Adaptasi Webtoon Connect

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: