Ilustrasi (Sumber gambar: Anna Tarazevich/Pexels)

Sambut Tahun Baru, Yuk Coba 5 Resolusi Sederhana Ini

27 December 2022   |   14:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun baru. Setelah menjalani segala dinamika kehidupan pada tahun ini, tentu hampir semua berharap tahun depan akan membawa kehidupan yang lebih baik. Pada praktiknya, biasanya orang-orang akan mulai menyusun resolusi.

Ketika memasuki tahun baru, orang-orang biasanya mulai menyusun daftar resolusi maupun impian yang ingin dicapai agar lebih bersemangat menjalani hari-hari ke depannya. Resolusi diartikan sebagai proses perbaikan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Alih-alih menyusun keinginan dan impian yang tidak realistis, dalam resolusi sepatutnya seseorang menulis tujuan (goals) hidupnya untuk masa yang akan datang secara spesifik dan terukur. Sebab, proses yang dijalani tidak instan, serta harus dimulai dari pencapaian akan hal kecil namun konsisten.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Cek Panduan Membuat Resolusi Keuangan Awal Tahun

Dalam menyusun resolusi agar hidup bisa ‘naik level’, tentu butuh kerja keras, kepercayaan diri serta konsistensi. Satu hal yang lebih penting, yaitu kalian harus punya tujuan jelas. Kalau kalian bingung, yuk coba beberapa ide resolusi tahun baru yang inspiratif seperti berikut ini.


1. Belajar Keterampilan Baru 

Menyambut tahun yang baru disadari atau tidak, terkadang mendorong diri kita untuk mencoba aktivitas baru agar hari-hari kedepan menjadi lebih bersemangat dan penuh tantangan. Momen tahun baru dapat kalian manfaatkan untuk mencoba hal-hal baru, yang berbeda dari apa yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Tidak ada salahnya menambah ilmu yang belum pernah dilakukan, seperti memasak, membuat kue, bercocok tanam, membaca lebih banyak buku, melukis bahkan journaling. Bukan tidak mungkin, keterampilan dan hobi baru tersebut bisa menjadi ide bisnis di masa depan nanti.


2. Perluas Relasi Baru

Setiap orang pastinya membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Pada monentum tahun baru nanti, kalian bisa membuat resolusi untuk memperbanyak relasi dengan orang sekitar. Bertemu orang baru dapat bermanfaat bagi kesehatan mental dan tentunya memberikan keuntungan lainnya, seperti dapat membuka peluang bisnis baru, menjalin kerjasama, hingga bertukar ide brilian. Jangan ragu untuk berkelana dengan teman dan rekan kerja baru, yang membawa positive vibes dan menjadi semangat baru untuk mencapai banyak hal. 
 

Yaroslav Shuraev

Ilustrasi pesta tahun baru (Sumber gambar: Yaroslav Shuraev/Pexels)


3. Sempatkan Diri Berolahraga

Memiliki gaya hidup sehat mungkin sudah menjadi daftar resolusi kalian setiap tahun. Tetapi bagi sebagian orang resolusi ini hanya menjadi tulisan saja dan tidak benar-benar dilaksanakan. Buat kalian yang ingin mulai berolahraga, berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari merupakan olahraga yang mudah, gratis, dan menjadi cara yang menyenangkan untuk membuat kalian tetap aktif dan sehat.

Namun, bagi kalian yang ingin melakukan olahraga yang lebih menantang, kalian bisa mulai mencoba olahraga lainnya seperti tennis, cycling, archery atau bahkan rock climbing. Ketika berkomitmen berolahraga dan bergerak, hal itu dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.


4. Mengatur Keuangan

Lebih bijak dalam mengatur keuangan bisa menjadi awal yang baik demi masa depan yang cerah. Mulailah untuk mengatur gaji dan pengeluaran dengan menentukan terlebih dahulu apa saja hal-hal yang harus diprioritaskan, seperti kebutuhan pokok rumah tangga, tagihan listrik, air dan lain-lain.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencoba mulai menghasilkan uang tambahan, baik melalui freelance atau buka bisnis kecil-kecilan. Kalian bisa memulainya dmseperti membuat kerajinan tangan atau membuat kue bisa banget atau apapun untuk menjual hasil karya kalian.


5. Mengganti Dekorasi Rumah

Untuk mulai menatap tahun depan dengan penuh semangat, kalian bisa memulainya dengan menata ulang rumah dengan dekorasi yang baru dan segar. Pertama-tama, tentukan tema baru yang unik, seperti scandinavian, japandi, atau monokrom.

Namun, jika tidak ingin melakukan banyak perubahan, kalian bisa mulai dengan mengganti warna cat dinding rumah sesuai dengan tren warna tahun baru nanti ataupun mengganti beberapa furniture seperti sofa dengan warna yang berbeda, standing lamp, pajangan di ruang tamu, hingga memberikan sentuhan segar di ruangan dengan memberikan tanaman hias. Buatlah suasana baru agar rumah semakin terasa nyaman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

BRIN Proyeksikan Jabodetabek Diterjang Hujan & Badai Ekstrem

BERIKUTNYA

Waspada Bakteri Jahat Saat Pakai Tampon, Sebabkan Nyeri Hingga Kematian

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: