Ilustrasi (Dok. Matt Popovich/Unsplash)

Awas, 4 'Dosa' Bakal Menghantui Jika Resolusi Kamu Tidak Realistis

31 December 2021   |   22:05 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu cara yang biasanya dilakukan seseorang menyambut tahun baru adalah dengan membuat resolusi. Beberapa di antaranya mungkin berhasil mencapai resolusi yang dibuat, namun tak sedikit juga yang hanya berakhir menjadi wacana karena tidak berhasil merealisasikannya.

Tak ada rumus pasti untuk merealisasikan sebuah resolusi, sebab semuanya bergantung pada diri masing-masing. Namun, salah satu penyebab resolusi itu tidak tercapai bisa jadi karena kamu tidak menyusunnya secara realistis.

Menyadur laporan Pink Villa, Jumat (31/12/2021), berikut adalah 4 alasan mengapa kamu tidak boleh membuat resolusi yang tidak realistis menjelang tahun baru. 
 

1. Kamu tidak akan bisa mewujudkannya

Menyusun resolusi yang tidak realistis hanya akan membuat kita merasa kesulitan untuk mencapainya dan berujung hanya melupakannya begitu saja. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, sehingga penting untuk menganalisis dan mengevaluasi apa yang bisa kamu capai sebelum menyusun resolusi. Mulailah secara bertahap dan kerjakan dengan mantap.
 

2. Merasa bersalah

Resolusi yang tidak realistis hanya akan memberi kamu banyak rasa bersalah. Kamu merasa malu karena tidak mengerjakan sesuatu yang telah kamu susun sendiri. Rasa bersalah ini bukan tidak mungkin memberikan pengaruh yang buruk pada dirimu sendiri. Akibatnya, kamu menjadi ragu dalam menetapkan resolusi untuk tahun mendatang.
 

Tim Mossholder

Ilustrasi (Dok. Tim Mossholder/Unsplash)

3. Menurunkan kepercayaan diri

Seringkali ketika resolusi tidak tercapai, kamu dan orang-orang di sekitarmu akan menyalahkanmu. Hal itu tentunya dikarenakan resolusi yang tidak realistis, sehingga kamu tidak bisa merealisasikannya dan menyalahkan diri sendiri. Sekilas perasaan ini mungkin terdengar baik-baik saja, padahal hal ini bisa saja merusak keinginan dan kepercayaan dalam diri.
 

4. Kehilangan motivasi

Jika kamu kerap membuat resolusi yang tidak realistis dan berujung pada kegagalan, bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan motivasi. Kamu akan menghapus resolusi kamu karena tidak berhasil merealisasikannya, yang akan membuatmu kehilangan fokus. Oleh karena itu, mulailah membuat resolusi yang kemungkinan besar bisa kamu wujudkan. Selamat tahun baru, Genhype!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menikmati Lukisan dengan Teknik Bakar pada Limbah Kayu Jati

BERIKUTNYA

5 Inspirasi Fashion dari Serial And Just Like That...

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: