Ilustrasi (Dok. Kampus Production/Pexels)

Awali Tahun dengan Hal Sederhana Ini untuk Kembangkan Diri

06 January 2022   |   17:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Untuk mengawali tahun baru, banyak orang membuat resolusi dan semangat baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan terus berkembang. Namun, kebanyakan orang terlalu fokus pada hal besar yang mungkin membuat rencana resolusi tahun baru menjadi terasa berat dan mustahil.

Padahal, ada banyak hal sederhana di sekitar yang dapat dimaksimalkan untuk menuai manfaatnya di kemudian hari. Untuk mengawali tahun ini dengan semangat dan pola pikir yang baru, berikut 4 hal sederhana bermanfaat yang bisa kamu lakukan.

1. Maksimalkan teknologi untuk self-development
 

Dok. Andrea Piacquadio/Pexels

Dok. Andrea Piacquadio/Pexels

Terus memiliki semangat belajar merupakan suatu keharusan bagi pengembangan diri, bahkan di luar bangku sekolah sekalipun. Tidak hanya sebagai platform hiburan, kamu bisa memaksimalkan internet dan platform daring yang selalu ada di genggaman tanganmu sebagai sarana edukasi.

Walau terlihat sederhana, hal tersebut bisa menjadi jendela pengetahuan pada masa kini. Ada banyak topik menarik yang bisa kamu pelajari secara mudah untuk mendukung pengembangan dirimu, mulai dari perencanaan finansial, bahasa asing, hingga teknik bercocok tanam.

Tak jarang juga, akun-akun di media sosial mengadakan webinar atau podcast seputar ilmu spesifik dari pembicara yang berpengalaman untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan baru di sela-sela aktivitasmu. 

2. Kreasikan barang tidak terpakai 
 

Dok. Annie Spratt/Unsplash

Dok. Annie Spratt/Unsplash

Tak ada salahnya mengawali tahun dengan merapikan rumah dengan suasana yang lebih segar. Kamu bisa memulai dari area kamarmu dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Cek kembali barang-barang yang ada di sekitarmu dan pilah barang apa saja yang sudah tidak terpakai lagi.

Daripada hanya membuat rumah menjadi sumpek, kamu bisa mengasah kreativitasmu dengan mendaur ulang barang-barang tersebut sehingga memiliki nilai guna lagi.

Contohnya, botol yang sudah tidak terpakai bisa kamu ubah menjadi tempat pensil, tempat penyimpanan perhiasan, hingga pot tanaman. Jika kamu telaten mengerjakannya, kegiatan ini bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan bahkan bisa menghasilkan cuan tambahan loh.

3. Coba kegiatan atau hobi baru
 

Dok. Zoe Schaeffer/Unsplash

Dok. Zoe Schaeffer/Unsplash

Hampir dua tahun menjalani aktivitas di tengah situasi pandemi membuat banyak orang lebih kreatif untuk memulai hobi baru dari rumah. Jika selama ini rutinitasmu hanya berkutat di pekerjaan atau kuliah dari rumah, tak ada salahnya di tahun baru ini kamu memulai hobi baru dengan memanfaatkan hal yang ada di sekitar.

Tak hanya sebagai hiburan, menjalankan hobi dapat memberikan dampak positif, seperti menjadi lebih disiplin, mengasah kreativitas, dan menyeimbangkan pola hidup agar dapat bersantai sejenak di tengah aktivitas yang padat.

Buat kamu yang tertarik memasak, kamu bisa mencoba kreasi resep baru dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Buat kamu yang memiliki resolusi rajin membaca buku, kamu bisa mengunjungi kedai kopi sekelilingmu agar bisa membaca buku dengan lebih cozy dan fokus. Yuk tengok ke sekitar dan coba kegiatan atau hobi baru.

4. Buat relasi baru
 

Dok. Elevate/Pexels

Dok. Elevate/Pexels

Semenjak pandemi, kamu pasti menjadi lebih sering mengerjakan aktivitas di rumah sehingga jarang berinteraksi dengan orang lain. Di tahun baru ini, tak ada salahnya jika kamu mulai intens kembali menjalin relasi dengan orang-orang di sekitarmu atau bahkan bergabung ke dalam komunitas dengan lingkungan yang baru.

Hal itu perlu dilakukan untuk tetap menjalin silaturahim dengan teman dan kerabat, saling bertukar pikiran tentang apapun hingga saling bertukar ide yang pastinya akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan untuk diri sendiri.

Editor:M R Purboyo

SEBELUMNYA

Selain Snowdrop, Ini 7 Drama & Film yang Pernah Dibintangi Kim Mi-soo

BERIKUTNYA

Film Bisu Setan Jawa Tayang Terbatas di YouTube sampai 17 Januari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: