Indonesia akan menghadapi Thailand di pertandingan selanjutnya (Sumber gambar ilustrasi: tangkapan layar akun IG PSSI)

Piala AFF 2022: Kalahkan Brunei Darussalam dengan Skor 7 - 0, Indonesia Duduki Peringkat Pertama Grup A

26 December 2022   |   19:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan tim nasional Brunei Darussalam dengan skor 7 – 0 tanpa balas  di Stadion KLFA, Malaysia, Senin (26/12/2022). Kemenangan ini membuat Indonesia meraih poin enam dari dua kali pertandingan, dan menempati posisi puncak Grup A untuk sementara.

Tim Garuda tercatat memiliki statistik yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan tim nasional Brunei Darussalam, baik dari sisi pengusaan bola, tembakan, dan tembakan ke arah gawang selama 90 menit pertandingan.

Baca juga: Kiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

Indonesia tercatat memiliki pengusaan bola sebesar 72 persen dengan 33 tembakan dan 13 tembakan ke arah gawang. Sementara itu, Brunei hanya memiliki penguasaan bola sebesar 28 persen dengan delapan tembakan dan 4 tembakan ke arah gawang.

Keunggulan 7 – 0 tim nasional Indonesia atas tim nasional Brunei Darussalam juga membuat Indonesia menjadi pencetak gol terbanyak untuk sementara sejauh ini di ajang Piala AFF 2022. Sebelumnya, kemenangan terbesar di edisi 2022 dimiliki oleh Vietnam saat mengalahkan tim nasional Laos dengan skor 6 – 0.

Gol tim nasional Indonesia ke gawang Brunei yang dijaga oleh Haimie Abdullah Nyaring melalui Syahrian Abimanyu pada menit ke-20. Pada menit ke-38, pemain Brunei, yakni Alinur Rashimy Jufri mendapatkan kartu merah dari wasit setelah menjatuhkan Saddil Ramdani.

Unggul jumlah pemain membuat Indonesia tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan penyerangan. Pada menit ke-41, Dendy Sulistyawan berhasil memperbesar keunggulan Indonesia untuk sementara dengan skor 2 – 0.

Pada babak kedua, Indonesia terus melakukan serangan. Hasilnya, Eggy Maulana Vikri berhasil memperbesar keunggulan Indonesia atas Brunei dengan skor 3 – 0. Satu menit berselang, Ilija Spasojevi? berhasil mencatatkan namanya di papan skor, dan membuat Indonesia unggul 4 – 0.

Tidak butuh lama bagi Merah Putih untuk menambah pundi-pundi gol di pertandingan ini. Ramadhan Sananta dan Marc Klok berhasil membuat penjaga gawang tim nasional Brunei harus memungut bola dari dalam gawang yang dijaga masing-masing pada menit ke-68 dan ke-86.

Unggul 6 – 0 atas Brunei, Indonesia tidak mengendorkan serangan. Pada menit ke-92, Yakob Sayuri berhasil menambah keunggulan Indonesia menjadi 7 – 0 pada menit ke-92.

Yakob berhasil menyundul bola dari sisi kiri gawang Brunei setelah menerima umpan dari pemain belakang kiri Indonesia, yakni Edo Febriansah yang berhasil melewati pemain belakang Brunei sebelum melepaskan umpan.

Kekalahan Brunei dari Indonesia membuatnya berada di dasar klasemen Grup A dengan poin nol. Dalam tiga kali pertandingan, Brunei tidak pernah sekalipun mencatatkan kemenangan. Brunei Darussalam tercatat kebobolan sebanyak 17 kali dan berhasil memasukkan bola ke gawang lawan satu kali, sehingga selisih gol yang dimiliki adalah -16.

Sementara itu, Indonesia baru bermain dua kali dengan catatan tidak pernah kalah berhasil memasukkan 9 gol ke gawang lawan dan kebobolan sebanyak satu kali, sehingga selisih gol yang dimiliki mencapai 8 gol.

Tim nasional Indonesia memiliki jadwal pertandingan tersisa sebanyak dua kali, yakni melawan Thailand pada Kamis, 29 Desember 2022 pukul 16.30 WIB, dan Filipina pada Senin, 2 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Baca juga: Segera Dimulai, Yuk Cek Jadwal Piala AFF 2022


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Cara Membuat Chocolate Bomb, Cocok Dihidangkan dengan Susu Hangat

BERIKUTNYA

6 Tips Hindari Penipuan Saat Bertransaksi Online

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: