Saloka Theme Park memiliki konsep kearifan lokal (Sumber gambar: tangkapan layar laman Salokapark.com)

Mau Liburan ke Saloka Theme Park? Ini Panduan dan Tarif Masuknya

25 December 2022   |   10:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Musim liburan telah tiba, dan saatnya bagi Genhype untuk menikmati liburan dengan mengunjungi tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan bersama keluarga atau orang-orang terkasih. Bagi kalian yang sedang merayakan mudik di Semarang, Jawa Tengah, Saloka Theme Park bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. 

Berdasarkan laman salokapark.com, tempat liburan yang satu ini berada di Jl. Fatmawati, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah. Tempat hiburan ini berbentuk taman rekreasi tematik keluarga yang mengusung konsep kearifan lokal berdasarkan legenda rakyat, yakni Baru Klinthing.

Berlokasi di persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta, taman ini memiliki luas lahan 12 hektare, 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada. 

Baca juga: Tertarik Wisata Downhill? Yuk Coba Trek Menantang di Galunggung Bike Park

Tempat ini juga menjadi anggota International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA) pada 2019. Jika kalian hendak ke taman ini, berikut cara dan tarif tiketnya. 

Posisi Saloka Theme Park yang berada di persimpangan antara mota Semarang, Salatiga, Surakarta, dan Daerah Istimewa Yogyakarta atau di jalan utama jaluar Solo - Semarang membuat ada banyak cara untuk mencapai tempat ini. 
 

Dari gerbang tol keluar Bawen, waktu tempuh ke tempat ini hanya sekitar 10 menit. Sementara dari gerbang keluar tol Salatiga, waktu tempuh ke tempat ini mencapai 15 menit. Pelancong membutuhkan waktu sampai 45 menit jika dari Bandara Ahmad Yani, Semarang. 

Pelancong akan melewati dua jalur Salatiga dan jalan lingkar jika pergi ke tempat ini dari arah Solo menggunakan sepeda motor atau mobil. Genhype tinggal berjalan lurus ke arah Semarang, dan Saloka Theme Park berada di sebelah kiri jalan, di Jl. Fatmawati, Tuntang. Kalian dapat memiliki dua pilihan jika hendak ke Saloka Theme Park dari arah Semarang saat menggunakan sepeda motor atau mobil, yakni melalui jalan tol atau jalan utama.
  
Jika melewati jalan tol, Genhype bisa keluar dari gerbang tol Bawen kemudian berbelok ke arah kiri. Jarak tempuh ke Saloka Theme Park sekitar 5 kilometer. Kalian juga bisa menggunakan transportasi umum bus Solo - Semarang karena Saloka Theme Park dilewati oleh rute bus ini.

Untuk memasuki Saloka Theme Park, Genhype perlu membeli tiket terlebih dahulu lantaran masuk ke tempat ini tidak lah gratis. Pengunjung yang dapat masuk dengan gratis hanya anak-anak dengan tinggi di bawah 90 centimeter. 

Kalian dapat membeli tiket melalui daring di laman Saloka atau provider yang menjualnya di laman yang sama. Tarif masuk ke Saloka Theme Park pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 adalah sebesar Rp150.000 per orang. Sementara itu, tarif untuk masuk ke Saloka Theme Park pada hari reguler pada Senin – Jumat adalah sebesar Rp120.000 per orang. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

5 Menu Hidangan Khas Perayaan Natal di Berbagai Negara

BERIKUTNYA

Survei DataIndonesia.id: Wisata Domestik Jadi Favorit Saat Libur Nataru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: