Alun Eropa Dusun Semilir (sumber gambar : dusun semilir)

Ini 4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Semarang, dari Tempat Bersejarah hingga Wisata Kekinian

21 August 2022   |   19:51 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang sedang merencanakan liburan ke wilayah Jawa Tengah, tak ada salahnya bila kalian memasukkan Semarang sebagai salah satu destinasi wisata. Sebab di sini kalian bisa menemukan berbagai macam pilihan wisata mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga wisata kekinian.

Semarang memang dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan banyak sejarah dan akulturasi budaya antara Jawa dan China yang terlihat dari jejak kejayaan dan peninggalan yang bisa ditemui di berbagai sudut kotanya.

Baca juga: Semarang Fashion Trend 2022 Tampilkan Fesyen Unggulan di Jawa Tengah

Selain itu, Semarang juga punya loh destinasi wisata kekinian yang seru dan instagrammable yang sayang dilewatkan saat kalian berlibur ke sana.

Nah, supaya Genhype ngga penasaran, berikut Hypeabis rangkum sejumlah rekomendasi wisata buat kalian yang ingin berlibur ke Semarang.
 

1. Klenteng Sam Poo Kong

Bagi kalian yang ingin melihat sejarah dan akulturasi budaya China dengan adat Jawa maka Klenteng Sam Poo Kong harus ada di daftar atas destinasi yang harus dikunjungi. Sebab, selain menjadi tempat ibadah, klenteng megah yang didominasi warna merah ini juga menjadi lokasi wisata yang kaya akan sejarah dan budaya.

Pengunjung bisa berjalan-jalan menikmati suasana klenteng sambil berfoto di sejumlah spot-spot yang menarik. Dikutip dari situs resminya, klenteng ini didirikan untuk mengenang Laksama Cheng Ho yang juga dikenal dengan nama Sam Poo. Dalam perjalanannya menyebarkan perdamaian, Ceng Ho sempat merapat di pantai Simongan - Semarang.
 

2. Lawang Sewu

Destinasi wisata sejarah lainnya yang bisa kalian kunjungi adalah Lawang Sewu, gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta. Gedung yang terletak di pusat jantung kota Semarang ini dibangun pada zaman kolonial Belanda pada era tahun 1900an.

Setelah dipugar dan direnovasi Lawang Sewu kini juga menjadi museum yang menyajikan beragam koleksi dari masa ke masa perkeretaapian di Indonesia. Selain tempat wisata sejarah, Lawang Sewu juga sering dijadikan sebagai lokasi pemotretan.
 

3. Dusun Semilir

Selain wisata sejarah dan budaya, Genhype juga bisa loh mengunjungi destinasi wisata kekinian di Semarang yaitu Dusun Semilir. Ada banyak wahana dan spot-spot foto instagrammable yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke sini. Salah satu wahana yang paling ngehits di Dusun Semilir ini adalah perosotan warna warni yang panjangnya mencapai 120 meter dengan ketinggian hingga 40 meter.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati wisata air di Alun Eropa sambil mendayung di sungai atau bersantai menaiki tram dan kereta api antik. Kalian juga bisa menikmati wisata kuliner dan wisata  belanja di sini.

Baca juga: Ini Kegiatan Asyik yang Bisa Kalian Lakukan di Dusun Semilir Eco Park
 

4. Saloka Theme Park

Destinasi wisata kekinian lainnya yang bisa kalian jelajahi saat berkunjung ke Semarang adalah Saloka Theme Park. Taman hiburan dan rekreasi yang berlokasi di Jalan Fatmawati Semarang ini diklaim sebagai salah satu destinasi taman rekreasi tematik terbesar di Jawa Tengah.

Terdapat 25 wahana permainan yang menantang adrenalin dan bisa kalian naiki sepuasnya. Wisata ini terbagi dalam 4 zona meliputi zona pesisir, zona Balalanta, zona Segala Prada, dan zona Araria.

Genhype bisa loh mengajak pasangan atau keluarga dan anak-anak untuk menikmat berbagai wahana permainan yang tersedia di sana. Kalian juga bisa menyicipi aneka kuliner.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jenis Olahraga yang Disarankan & Sebaiknya Dihindari Bagi Bumil

BERIKUTNYA

4 Faktor yang Bikin Lapor Pak! Jadi Salah Satu Acara Komedi Terpopuler di Tanah Air

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: