Ilustrasi makan menu hidangan khas Natal (Sumber gambar: Nicole Michalou/Pexels)

5 Menu Hidangan Khas Perayaan Natal di Berbagai Negara

25 December 2022   |   10:22 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Momen perayaan Natal semakin meriah dengan berkumpul bersama keluarga. Kehangatan bersama tersebut semakin lengkap dengan hidangan khas perayaan yang hanya disajikan ketikan waktu Natal tiba. Salah satu hidangan yang paling terkenal dan ikonik dalam perayaan Natal adalah Ginger Bread.

Namun selain Ginger Bread, ada beberapa hidangan khas dan hanya bisa ditemui di negara tertentu. Menu perayaan Natal di berbagai negara ini memiliki bahan hingga cara memasak yang unik loh. Kira-kira menu apa saja ya? Yuk simak!

Baca juga: Resep Makaroni Schotel yang Gurih dan Creamy untuk Sajian Natal
 

1. Roasted Turkey, Amerika

 

Roasted turkey (Sumbr gambar: Toa Heftiba/Unsplash)

Roasted turkey (Sumbr gambar: Toa Heftiba/Unsplash)
 

Amerika Serikat selalu merayakan Natal dengan sajian Roasted Turkey. Menu ini dibuat dengan daging kalkun utuh yang dipanggang dengan rempah khas. Karena daging kalkunnya utuh, maka proses memasaknya membutuhkan waktu dan tingkat kematangan yang tepat. Tidak hanya di momen Natal, Roasted Turkey juga sering digunakan sebagai menu pemberian di hari Thanksgiving.


2. Strawberry Shortcake, Jepang

 

Strawberry shortcake (Sumber gambar: Vicky Ng/Unsplash)

Strawberry shortcake (Sumber gambar: Vicky Ng/Unsplash)


Masyarakat Jepang terbiasa melengkapi manisnya hari Natal dengan kue dengan hiasan stroberi yaitu Strawberry Shortcake. Kue ini memliki tekstur seperti sponge yang ringan dan kenyal dengan krim kocok dan lapisan gula yang manisnya tidak terlalu berlebihan. Cita rasa manis, gurih, dan asam dari stroberi bercampur dalam satu suapan kue berwarna putih dan merah ini saat momen Natal di Jepang tiba.
 

3. Grittibanz, Swiss

 

Saat hari Natal tiba, masyarakat di Swiss mulai membuat kue lembut bernama Grittibanz. Grittibanz merupakan roti khas Natal dari Swiss dengan bentuk orang lengkap dengan hiasan wajah mirip dengan Ginger Bread. Grittibanz dibuat dengan tepung, ragi, dan mentega. Rasa kuenya manis dan gurih dengan taburan gula atau wijen di bagian atasnya.


4. Klapertart, Indonesia

 

Klapertart (Sumber gambar: Beni Bernadhi/Unsplash)

Klapertart (Sumber gambar: Beni Bernadhi/Unsplash)


Di Indonesia, kue basah dengan bahan dasar kelapa masih menjadi primadona di antara kue khas Natal. Klappertart sendiri diambil dari kata kelapa dan kue tart, dimana kue ini memiliki tekstur lembut seperti kue dengan sentuhan rasa kelapa yang gurih dan lezat. Bahan untuk membuatnya adalah kelapa, susu, dan telur. Bagian atas klappertart sering dihias dengan kismis.


5.  Yule Log Cake, Prancis

 

Lengkapi momen seru Natal dengan hidangan menu Yule Log Cake dari Prancis. Dilansir dari The Spure Eats, kue ini pertama kali ditemukan oleh chef pastry dari Prancis di akhir 1800-an. Yule Log, yang juga dikenal dengan nama bûche de Noël, ini sering dibuat dengan varian rasa cokelat. Hingga saat ini, kue lapis dengan krim mentega berbentuk gulung tersebut sering mengisi hidangan makanan penutup Natal di Prancis.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Liburan di Rumah Aja? Cek 5 Rekomendasi Film Bertema Natal Ini

BERIKUTNYA

Mau Liburan ke Saloka Theme Park? Ini Panduan dan Tarif Masuknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: