Ilustrasi saat menggunakan lensa kontak. (Sumber gambar: Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Tips Merawat Mata untuk Pengguna Lensa Kontak

23 December 2022   |   18:07 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Banyak orang memilih untuk menukar kacamata mereka dengan lensa kontak agar tidak terlalu mengganggu kegiatan sehari-hari. Meskipun lensa kontak adalah alternatif yang bagus untuk kacamata, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh pemakai lensa kontak agar mata (dan penglihatan) mereka tetap sehat.

Jika digunakan dengan benar, lensa kontak dapat memberikan cara yang aman dan efektif untuk mengoreksi penglihatan kita. Namun, memakai lensa kontak dapat meningkatkan kemungkinan terkena infeksi mata—terutama jika kalian tidak merawat lensa dengan cara yang benar.

Pengguna lensa kontak harus memperhatikan kesehatan mata mereka. Mengenakan lensa kontak yang kotor, menggunakan air sebagai ganti larutan pembersih dan memakai lensa kontak untuk waktu lama dapat melukai mata. Membiarkan mata menjadi terlalu kering juga berbahaya.

Baca juga: Begini Cara Mencegah Kelainan Refraksi pada Mata

Perawatan lensa yang tepat sangat penting jika Genhype memakai lensa kontak, apalagi sebagian dari pengguna mungkin memakai lensa kontak hampir sepanjang hari. Anda harus mengetahui cara memasang, melepas, membersihkan, dan menyimpan lensa kontak dengan benar.

Jika Genhype baru menggunakan lensa kontak atau sudah lama memakainya, berikut adalah tip dasar untuk merawat mata dan lensa kontak kalian:
 

1. Cuci tangan

Selalu cuci tangan dengan sabun yang lembut dan air, serta gunakan handuk yang tidak berbulu untuk mengeringkan tangan sebelum menyentuh lensa kontak. Jika ingin mengoleskan losion atau pelembap di tangan, lakukan hanya setelah memakai lensa kontak atau melepasnya. Residu losion dapat dengan mudah menempel pada lensa kontak, mengiritasi mata dan memengaruhi penglihatan.
 

2. Hindari lensa kanan-kiri tertukar

Setiap kali kalian memasang atau melepas lensa kontak, pastikan selalu memulai dengan mata yang sama. Dengan cara ini, risiko lensa kanan dengan lensa kiri tertukar akan lebih rendah. Terlebih jika kalian menggunakan dua lensa dengan ukuran berbeda.

Jika menggunakan lensa sekali pakai untuk harian, buang ke tempat sampah, jangan pernah ke wastafel atau toilet. Plastik di lensa kontak tidak terdegradasi di sistem saluran pembuangan dan dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.
 

3. Ganti larutan pembersih secara rutin

Selalu letakkan lensa kontak di tempat khusus yang berisi larutan lensa kontak baru. Jangan pernah menyentuh ujung nosel wadah larutan lensa kontak atau membiarkannya bersentuhan dengan permukaan selain tutup wadah, dan hal itu dapat mencemari larutan pembersih.
 

4. Ikuti petunjuk perawatan

Saat membersihkan dan menyimpan lensa kontak, ikutilah petunjuk dokter mata secara benar dan jangan pernah menyimpang. Setiap pengguna lensa kontak memiliki kondisi mata yang berbeda sehingga tidak jarang dokter mata memberikan instruksi perawatan khusus. Yang paling penting, jangan tidur dengan lensa kontak masih menempel.
 

5. Perhatikan jangka waktu penggunaan lensa

Bergantung pada jenis lensa kontak yang kalian pakai dan berapa banyak protein yang terkumpul di mata, dokter mata mungkin menyarankan kalian menggunakan larutan pembersih lensa yang dapay menghilangkan penumpukkan protein. Namun, mengganti lensa kontak segera setelah tanggal pemakaian yang direkomendasikan juga dapat meminimalisir endapan.

Memakai lensa kontak secara berlebihan atau memakainya lebih lama dari tanggal pemakaiannya (tiga minggu, bukan dua minggu yang disarankan) menyebabkan penumpukan protein dan meningkatkan iritasi mata.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Kaleidoskop 2022: Bisnis yang Viral Sepanjang Tahun, Mie Gacoan hingga Karen's Diner

BERIKUTNYA

Perjalanan Karier Elena Xausa, Ilustrator Muda yang Meninggal Akibat Kanker

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: