Ilustrasi lensa kontak. (Sumber foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich)

5 Tanda Saatnya Kalian Harus Ganti Lensa Kontak

31 July 2023   |   17:50 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Apakah kalian kesulitan melihat dengan jelas bahkan dengan bantuan lensa kontak? Atau mata kalian jadi lebih sensitif terhadap cahaya dan terasa tidak nyaman ketika menggunakan lensa kontak? Mungkin ini tandanya kalian harus segera mengganti lensa kontak dengan yang baru.

Lensa kontak merupakan pengganti kacamata yang memberikan kita keleluasaan melihat tanpa gangguan. Meski membuat kehidupan banyak orang jadi lebih mudah, lensa kontak memerlukan perawatan dan tingkat kebersihan tinggi agar kita mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Baca juga: Tips Merawat Mata untuk Pengguna Lensa Kontak

Jika Genhype pengguna lensa kontak, kalian pasti sudah tahu beberapa aturan dasar menggunakannya seperti mengganti air perendam secara berkala, selalu memastikan tangan dalam keadaan bersih saat memasang dan melepas lensa kontak, serta memerhatikan masa pakai kontak lensa.

Perlu diingat bahwa lensa kontak memiliki masa pakai atau tanggal kedaluwarsa. Menggunakan lensa kontak di luar tanggal kedaluwarsa meningkatkan risiko cedera pada bola mata seperti mata kering, iritasi hingga infeksi.

Lensa kontak yang beredar di pasaran memiliki masa pakai yang berbeda mulai dari satu hari (daily), satu bulan, tiga bulan, dan maksimal enam bulan. Meski ada lensa kontak dengan masa pakai hingga satu tahun, sejumlah ahli kesehatan mata mengingatkan agar kita tidak menggunakan lensa kontak yang sama untuk jangka waktu panjang.

Meskipun kalian tidak menggunakan lensa kontak setiap hari, jadwal penggantian harus diikuti secara disiplin. Karena sesaat setelah kalian mengeluarkan lensa kontak dari kemasan steril, kualitasnya mulai menurun, meski saat tidak digunakan.

Jika Genhype pengguna lensa kontak pemula, kalian perlu memerhatikan lima tanda saatnya kalian harus mengganti lensa kontak dengan yang baru.
 

1. Lensa buram

Lensa kontak seharusnya bening, sehingga kita dapat melihat dengan mudah. Mengenakan lensa kontak lebih lama dari yang disarankan dapat menyebabkan endapan protein pada lensa. Endapan ini dapat mengaburkan penglihatan dan mungkin menyebabkan masalah kesehatan mata lebih lanjut. Apa yang harus dilakukan: jika lensa kontak kotor, segera bilas dengan air rendaman baru.
 

2. Tidak nyaman saat digunakan

Saat memasang lensa kontak, pasti ada waktu di mana mata terasa tidak nyaman karena posisi pemasangannya yang salah. Hal ini bisa diatasi dengan membalik sisi lensa kontak yang benar. Namun, jika lensa kontak sudah pada posisinya dan tetap menyebabkan rasa tidak nyaman pada mata, ini tandanya lensa kontak sudah tidak lagi layak pakai.

Rasa perih pada mata saat mengenakan lensa kontak juga bisa disebabkan oleh lensa yang kotor dan memiliki goresan. Jika kalian menemukan goresan kasat mata pada lensa kontak, segera ganti dengan yang baru.
 

3. Kerusakan permanen pada lensa kontak

Lensa kontak yang dipakai berulang kali seiring waktu akan mengalami perubahan bentuk sehingga tidak lagi menempel dengan sempurna pada permukaan mata. Kondisi ini menyebabkan lensa bengkok atau penyok sehingga bakteri dan partikel bisa melewatinya dan mengiritasi mata.

Teksturnya yang halus dan lentur juga membuat lensa kontak sangat mudah robek. Sebelum mengenakan lensa kontak pastikan seluruh permukaannya masih rata dan tidak ada partikel halus terlihat pada lensa.


4. Tidak ada perlindungan UV

Beberapa jenis lensa kontak yang diproduksi lima tahun belakangan belum memiliki perlindungan dari ultraviolet. Jika Genhype menggunakan lensa kontak model lama, rasa tidak nyaman mungkin akan datang lebih cepat karena selain tidak ada perlindungan UV, model ini juga dibuat tanpa teknologi yang membiarkan mata tetap mendapatkan oksigen cukup.

Adapun, lensa kontak yang dibuat sekarang telah dilengkapi dengan perlindungan UV dan material yang dirancang untuk membiarkan kornea kita berpapas. Tanpa perlindungan, mata kita berisiko terkena katarak, penyakit kornea, dan degenerasi makula yang lambat laun muncul dengan bertambahnya usia.


5. Lensa kontak kedaluwarsa

Selalu perhatikan masa pakai lensa kontak dan tanggal kedaluwarsa agar kalian bisa mempersiapkan sepasang lensa kontak baru sebagai ganti. Ada baiknya kalian juga memeriksakan kondisi mata ke dokter mata untuk mengetahui berapa besar ukuran minus mata dan apakah mata kalian masih cukup sehat untuk mengenakan lensa kontak dalam jangka panjang.

Jangan lupa untuk selalu mengganti air rendaman lensa kontak secara berkala dan pastikan tangan dalam keadaan bersih sebelum memasang atau melepas lensa kontak. Untuk menjaga kesehatan mata, gunakan lensa kontak kurang dari enam jam setiap hari dan hindari menggunakannya saat tidur atau mandi.

Baca juga: Ini Bahaya yang Harus Diwaspadai Bila Sering Menggunakan Lensa Kontak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

FFNS Berakhir, Cek  Deretan Tim Esports yang Siap Bertarung di FFML Season 8

BERIKUTNYA

Bukan Sekadar Angka, Ini Fungsi IMEI pada Smartphone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: