gambar ilustrasi mata (dok. Pixabay dari Pexels)

Cegah Risiko Mata Kering dengan 3 Langkah Ini

06 October 2021   |   21:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Penurunan produksi dan kualitas air mata adalah penyebab mata kering lho Genhype. Jika mata kita kering, maka akan sangat mudah terinfeksi seperti polusi maupun bakteri.  Ophthalmologist Damara Andalia mengungkapkan mata kering adalah penyakit yang sering ditemui, namun sifatnya kompleks.

Jadi, penting untuk mencari tahu secara detail penyebab dan faktor risiko dari mata kering agar dapat ditangani dengan baik sehingga tidak sampai mengganggu kualitas hidup.

"Penting pula bagi kita untuk menjaga kesehatan mata saat masa pandemi seperti ini, dengan menerapkan pola hidup sehat dan membatasi penggunaan screen dan AC yang berlebihan sebagai kunci preventif, serta penggunaan tetes mata yang tepat sesuai kebutuhan dan keadaan mata," katanya dalam rilis yang diterima Hypeabis.id.

Nah, untuk mengurangi resiko mata kering, Combiphar membagikan tiga tips yang bisa Genhype terapkan. 
 

1. Batasi waktu layar.

Menghabiskan waktu terlalu lama menatap layar gadget cenderung membuat mata jarang berkedip, sehingga mata berisiko menjadi kering. 

Jadi, Genhype jangan lupa mengistirahatkan mata dan berkedip lebih sering saat beraktifitas di depan layar. Setiap mata berkedip maka lapisan air mata yang baru akan terbentuk dan tersebar merata ke seluruh permukaan mata. 

Penting untuk membatasi konsumsi penggunaan layar dengan bijak dan seimbang sebagai kunci preventif, serta penggunaan tetes mata yang tepat sesuai kebutuhan dan keadaan mata.
 

2. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Apa yang kita makan dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan mata. Makanan yang dianjurkan untuk kesehatan mata, utamanya untuk meningkatkan kelembapan, adalah yang mengandung asam lemak omega-3. 

Bahan makanan yang banyak mengandung omega-3 diantaranya adalah sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, telur, dan alpukat. Selain itu, pastikan kebutuhan cairan harian tubuh tercukup dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari.
 

3. Meningkatkan aktivitas fisik. 

Aktivitas fisik rutin seperti berolahraga mampu mengurangi lemak tubuh serta meningkatkan metabolisme. 

Bukan hanya itu saja, terdapat manfaat lain dari berolahraga yaitu untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata sehingga mata merasa lebih baik. Meningkatkan aktivitas fisik akan sangat membantu kenyamanan mata. 

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Festival Film Internasional Busan 2021 Digelar Luring

BERIKUTNYA

Serial Sweet Home Bakal Ada Musim Kedua? Ini Jawaban Netflix!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: