Berbagai genre film kembali menghiasi sinema tanah air, tapi genre horor paling banyak mendominasi. Ilustrasi poster film KKN di Desa Penari versi extended (Sumber gambar: Twitter/@KKNMovie)

Daftar 10 Film Terlaris Indonesia 2022, KKN Desa Penari hingga Qodrat 

15 December 2022   |   13:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Angin segar kembali menerpa industri film Indonesia sepanjang 2022. Setelah lesu akibat pagebluk, seiring edemi masyarakat mulai berbondong-bondong lagi ke bioskop untuk merayakan  film-film nasional yang disutradarai para sineas Tanah Air.

Berbagai genre film baik dari horor, komedi, action, dan drama romantis juga banyak menghiasi layar sinema Indonesia tahun ini. Bahkan beberapa di antara mereka berhasil menobatkan diri sebagai film lokal terlaris sepanjang masa.

Angka tersebut diukur berdasarkan data perolehan jumlah penonton selama film diputar di bioskop. Dikutip dari filmindonesia.or.id, berikut adalah daftar film lokal terlaris di Indonesia sepanjang 2022 berdasarkan jumlah penonton.
 

1. KKN di Desa Penari 

 

Cuplikan film KKN di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)

Cuplikan film KKN di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)


Diadaptasi dari utas karya Simpleman, film KKN Di Desa Penari berhasil menempati posisi teratas. Film garapan Awi Suryadi ini  ditonton lebih dari 9,2 juta penonton selama periode 2022, dan menjadi salah satu film lokal terlaris sepanjang masa di Indonesia. 

Film ini berkisah tentang sekelompok mahasiswa yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun, di tengah program tersebut, beberapa hal buruk dan pengalaman horor justru terjadi. Setelah turun dari bioskop, KKN di Desa Penari dapat disaksikan di Disney Plus.
 

2. Pengabdi Setan 2: Communion

 

Pengabdi Setan 2: Communion (Sumber gambar: Rapi Films)

Pengabdi Setan 2: Communion (Sumber gambar: Rapi Films)


Sekuel dari film Pengabdi Setan (2017)  garapan Joko Anwar ini juga berhasil meraup kesuksesan dengan jumlah penonton mencapai 6,3 juta selama diputar di bioskop. Lewat karakter Ibu dan teror mencekam di rumah susun, film ini juga sukses membuat penonton menjerit.

Film Pengabdi Setan 2 juga sempat menjadi perbincangan hangat warganet selama 2022. Bahkan film ini juga berhasil menggeser posisi Dilan 1990 sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa di Indonesia. Saat ini, film Pengabdi Setan 2 dapat disaksikan di Disney Hotstar.
 

3. Miracle In Cell No.7

 

Vino G. Bastian berperan sebagai ayah Kartika (Sumber gambar: Falcon Pictures)

Vino G. Bastian berperan sebagai ayah Kartika (Sumber gambar: Falcon Pictures)


Film garapan Hanung Bramantyo ini merupakan adaptasi dari film sineas asal Korea Hwan-kyung Lee. sejak rilis pada 8 September 2022 film Miracle In Cell No.7  versi Indonesia telah disaksikan lebih dari 5,8 juta penonton saat diputar di bioskop.

Dibintangi Vino G Bastian, Miracle In Cell No.7 berkisah tentang seorang ayah yang dipenjara atas perbuatan yang tidak dilakukan. Sang anak yang masih kecil berulangkali mengunjunginya untuk bertemu sebelum dijatuhi hukuman mati. Rating film ini di IMDb sebesar 7.8/10 dari 485 orang yang telah mereviunya. 


4. Ngeri-Ngeri Sedap

 

Cuplikan film Ngeri-Ngeri Sedap (Sumber gambar: Imajinari)

Cuplikan film Ngeri-Ngeri Sedap (Sumber gambar: Imajinari)


Disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk film bergenre drama komedi ini telah ditonton lebih dari 2,8 juta penonton usai rilis di bioskop pada 2 Juni 2022. Ngeri-Ngeri Sedap juga mewakili Indonesia dalam kompetisi Academy Awards ke-95, untuk kategori Film Fitur Internasional (The International Feature Film Award). 

Berdurasi 1 jam 54 menit, Ngeri-Ngeri Sedap sendiri berkisah mengenai latar belakang kehidupan keluarga suku Batak yang mengalami disrupsi di tengah kehidupan modern. Film ini dibintangi oleh Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, dan Indra Jegel.  
 

5. Ivanna

 

Cuplikan film Ivanna (Sumber gambar: MD Pictures)

Cuplikan film Ivanna (Sumber gambar: MD Pictures)


Buah tangan Kimo Stamboel ini telah disaksikan lebih dari 2,7 juta penonton setelah mendarat di bioskop pada 14 Juli 2022. Mengambil genre horor, film ini diadaptasi dari buku Ivanna van Dijk karya  Risa Saraswati yang terbit pada 2018.

Film Ivanna mengisahkan tentang sosok remaja bernama Ambar (diperankan Caitlin Halderman) yang mengalami teror saat merayakan lebaran di daerah Bandung. Ambar dan keluarganya diteror sosok hantu  dari zaman Belanda yang menyimpan rahasia kelam pada masa penjajahan.




 
1
2


SEBELUMNYA

Masuk ke Dunia Pandora, Yuk Nikmati 3 Kolaborasi Keren Film Avatar 2 dengan Seniman Lokal di Jakarta

BERIKUTNYA

Dua Tahun Pandemi, Industri Konser Musik Bangkit Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: