Ilustrasi menikmati libur nataru (Sumber gambar: Freepik)

Survei: Bandung Jadi Kota Favorit Tujuan Libur Nataru

22 December 2022   |   17:11 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Berbeda dengan momen libur akhir tahun sebelumnya, libur Nataru kali ini diprediksi bakal lebih bergairah. Terlebih, saat ini kondisi pandemi terbilang melandai dan pemerintah hanya menerapkan status PPKM level 1 di banyak daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, akhir tahun ini akan jadi momentum bagi masyarakat Indonesia untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam survei Vakansi Akhir Tahun 2022 yang dibuat DataIndonesia.id, terlihat minat masyarakat Indonesia yang berencana berlibur sangat tinggi. Mayoritas dari mereka memilih berlibur di dalam negeri dibandingkan dengan di luar negeri.

Baca juga: Tips Persiapan Liburan Bareng Anak Saat Momen Nataru

Survei dari DataIndonesia.id ini dilakukan secara daring pada 27 Oktober-23 November 2022. Survei dilakukan terhadap 380 responden yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia dengan tingkat toleransi kesalahan sebesar 7 persen.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 48,99 persen masyarakat Indonesia menyatakan akan pergi ke luar kota untuk mengisi libur akhir tahun mereka. Persentase itu lebih tinggi dibandingkan dengan 17,17 persen masyarakat lain yang lebih ingin bepergian di dalam kota.

Pada momen libur Nataru ini, berwisata di dalam negeri tampaknya masih jadi favorit banyak orang. Sebab, hanya ada 7,58 persen orang yang berencana liburan ke luar negeri. Sebanyak 9,6 persen lainnya masih ragu dan 16,57 persen mengaku tidak memiliki rencana liburan.

“Seiring dengan menurunnya pandemi Covid-19, banyak orang ingin menjalani libur akhir tahun mereka di luar kota,” ujar Head of DataIndonesia.id Team Setyardi Widodo dalam webinar Geliat Liburan Akhir Tahun 2022, Sektor Pariwisata Mulai Pulih?
 

Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Freepik)

Ilustrasi liburan (Sumber gambar: Freepik)


Dari segi gender, laki-laki lebih banyak menginginkan liburan ke luar kota dibandingkan dengan perempuan. Sebanyak 51,02 persen laki-laki sudah berencana liburan di luar kota, sedangkan hanya 47 persen perempuan yang berencana liburan di luar kota.

Dilihat dari tahun kelahiran, generasi X dan generasi Y lebih banyak menginginkan liburan di luar kota dibandingkan dengan milenial. Generasi X menyumbang 58,65 persen, disusul gen Z 50,68 persen, dan generasi milenial di posisi paling sedikit dengan 38,81 persen.


Kota Tujuan Liburan 

Ada beberapa kota yang menjadi tujuan favorit untuk merayakan libur akhir  2022. Mayoritas kota merupakan langganan destinasi pariwisata di Indonesia. Namun, ada beberapa daerah baru yang muncul dan mencuri perhatian.

Mayoritas atau sebanyak 15,7 persen memilih Bandung sebagai destinasi wisata favorit mereka. Lalu, sebanyak 14,05 persen responden memilih berlibur akhir tahun ke Yogyakarta. Kota Gudeg ini menempati 2 besar daerah favorit tujuan wisata di Indonesia pada libur Nataru 2022.

Di posisi ketiga, ada kota malang yang dipilih 9,92 persen responden. Kemudian, disusul oleh Bogor 8,26 persen, Surabaya 4,96 persen, Bali, 4,96 persen, Jakarta 3,31 persen, dan Garut 3,31 persen.

Munculnya Garut sebagai salah satu kota tujuan libur Nataru cukup menarik perhatian. Sebab, biasanya destinasi favorit di Jawa Barat mayoritasnya ialah Bandung dan Bogor. Namun, kini muncul nama Garut sebagai salah satu yang masuk ke dalam 8 besar kota favorit versi survei Vakansi Akhir Tahun 2022.

“Ada beberapa hal yang melatarbelakangi terpilihnya beberapa kota tersebut. Misalnya, terkait dengan ketersediaan akses transportasi. Kota yang lebih mudah aksesnya, seperti adanya pesawat, kereta, jalan tol, akan mendorong masyarakat untuk mengarahkan liburan akhir tahunnya ke kota tersebut,” imbuhnya.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Wolly Sutinah, Sosok Ibu di Balik Kiprah Aminah Cendrakasih di Kancah Seni Peran

BERIKUTNYA

AFF Cup 2022: Indonesia vs Kamboja, Sejarah Catat Timnas Garuda Lebih Unggul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: