Contoh cara mengisi liburan dengan si kecil (dok. Pexels)

10 Aktivitas Seru untuk Mengisi Waktu Liburan Bersama Anak

19 December 2021   |   13:48 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bunda, ada banyak cara loh untuk mengisi waktu liburan bersama anak pada momen Natal dan Tahun Baru 2022. Mengingat saat ini muncul varian Omicron termasuk di Indonesia, ada baiknya kita menahan diri untuk bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk mencegah infeksi Covid-19.

Bunda tetap dapat menciptakan keceriaan walau di rumah saja pada momen liburan kali ini. Nah, berikut ide mengisi waktu libur tanpa harus ke luar kota menurut Dr. Karin Wiradarma dari Klikdokter.
 

1. Piknik di halaman

Buat Bunda yang rumahnya memiliki halaman luas, coba deh gelar tikar dan siapkan makanan di dalam kotak bekal, lal bersantai lah bersama si kecil pada pagi atau sore hari. Ya, piknik juga bisa dilakukan di halaman rumah, tidak melulu harus ke taman umum, bukit, atau gunung.

Bunda juga bisa melanjutkan dengan bertenda dan menggelar pesta barbekyu di malan hari bersama si kecil. Menginap di nuansa terbuka walau di halaman rumah memiliki sensasi tersendiri loh.  
 

2. Buat kerajinan tangan

Ajari anak membuat prakarya sederhana seperti pigura dan tempat pensil dari bekas stik es krim. Bunda juga bisa mengajari anak menjahit, menyulam, merajut, atau membuat scrapbook dan kartu ucapan.
 

3. Kembangkan hobi

Waktu liburan juga dapat diisi untuk mengembangkan hobi yang bermanfaat, misalnya mengikuti kursus menggambar, melukis, bermain alat musik, dan menyanyi.
 

4. Berkebun

Anak-anak umumnya senang bermain di ruang terbuka. Ajak si kecil untuk menanam bunga, menyapu rumput, mengumpulkan daun yang jatuh, memotong daun atau tangkai yang sudah layu, dan menyiram tanaman. Selama berkebun, Bunda bisa mengenalkan nama-nama pohon, tanaman, dan bunga untuk menambah wawasan si kecil.
 

5. Memasak bersama

Ajak si kecil menjadi asisten koki saat kamu memasak dan menyiapkan makanan. Untuk anak yang masih kecil, berikanlah tugas menyiapkan bahan-bahan makanan seperti bumbu, sayur, daging, dan lain-lain. Sementara itu, anak yang lebih besar dapat membantu memotong sayur dan daging.
 

6. Merapikan kamar

Daripada berdiam main gim sepanjang hari, ajak anak merapikan lemari pakaian, menempel stiker pada dinding atau lemari, merapikan mainan dan boneka, atau memajang hasil karyanya pada dinding kamar. Melibatkan anak dalam kegiatan ini, diharapkan tumbuh rasa tanggung jawab untuk merapihkan kamarnya sendiri tanpa disuruh. Pekerjaan bunda ke depan bisa jauh lebih ringan bukan?
 

7. Membersihkan rumah

Nah, berikutnya bunda bisa mengajarkan si kecil turut bertanggung jawab menjaga kebersihan rumah, tentu orang tua harus memberi contoh  terlebih dahulu ya. 

Bagi si kecil tugas selama liburan seperti menyapu, mengepel, mencuci pakaian, mencuci piring, sesuai kemampuan anak ya. 
 

8. Berolahraga

Selain menyehatkan, berolahraga bersama dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Mulai dari bersepeda, bermain bola, berenang, dan olahraga lain yang dia gemari, bisa memperat hubungan orang tua dan anak loh.
 

9. Bersosialisasi

Biar enggak bosan, bunda bisa kok buat janji temu dengan teman-teman yang sudah mempunyai anak. Bermain dengan teman-teman yang baru akan memperluas pergaulan dan wawasan di kecil. Atau, bunda bisa menjadwalkan si kecil untuk berkunjung ke rumah teman, mengundang teman bermain di rumah, atau bermain bersama di taman bermain. Tapi ingat, tetap jaga prokes ya.
 

10. Mengunjungi kerabat

Berkunjung atau menginap di rumah nenek-kakek, paman-bibi, atau kerabat lainnya dapat mengisi liburan dengan menyenangkan sekaligus mempererat tali silaturahmi. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini 4 Kiat Program Hamil Aman di Masa Pandemi

BERIKUTNYA

Yuk Kenali 3 Jenis Saraf Terjepit dan Cara Penanganannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: