Perjalanan Indonesia di Piala AFF (Sumber gambar: affmitsubishielectriccup.com)

Kiprah Perjalanan Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF: Juara Tanpa Mahkota

20 December 2022   |   14:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

  • 2008

Indonesia gagal mencapai final setelah empat edisi berturut-turut selalu masuk ke babak final di ajang dua tahunan ini. Di Piala AFF 2008, Indonesia hanya mampu mencapai semifinal lantaran kalah dari Thailand dalam dua kali pertandingan.

Pada pertandingan pertama, Indonesia kalah dari Thailand dengan skor 1 – 0. Sementara di pertandingan kedua, Indonesia kembali kalah dengan skor 2 – 1.

 

  • 2010

Setelah gagal masuk final pada edisi 2008, Indonesia kembali meneruskan tradisi masuk ke final pada Piala AFF 2010. Di edisi kali ini, Indonesia berhasil mengalahkan tim nasional Filipina dalam dua kali pertandingan di babak semifinal.

Indonesia harus bertemu dengan tim nasional Malaysia di partai final ajang Piala AFF 2010. Setelah kalah di pertandingan pertama dengan skor 3 – 0, Indonesia mampu membalas di pertandingan kedua dengan skor 2 – 1.

Kemenangan di pertandingan kedua tidak mampu membuat Indonesia mengangkat Piala AFF karena kalah selisih gol dari Malaysia.

 

  • 2012

Indonesia untuk yang kedua kalinya gagal masuk ke babak semi final di ajang Piala AFF 2012 setelah hanya menempati posisi ketiga di Grup B dengan poin 4. Pada saat itu, tim nasional Indonesia menang satu kali, kalah satu kali, dan imbang satu kali.

 

  • 2014

Piala AFF 2014 menjadikan Indonesia secara berturut-turut gagal masuk ke semifinal setelah hanya menempati posisi ketiga di Grup A dengan poin 4. Tidak hanya itu, kinerja ini juga menjadikan Indonesia untuk yang ketiga kalinya tidak lolos babak kualifikasi grup. Dari tiga kali pertandingan, tim nasional Indonesia hanya menang satu kali. Sementara sisanya kalah satu kali dan seri satu kali.

 

  • 2016

Di ajang Piala AFF 2016, Indonesia berhasil kembali masuk final setelah dua kali berturut-turut gagal menembus babak kualifikasi grup. Di pertandingan final, Indonesia kembali berhadapan dengan Thailand.

Tim nasional Indonesia pada saat itu berhasil memenangkan pertandingan melawan Thailand di Stadion Pakansari, Indonesia, dengan skor 2 – 1. Namun, Indonesia harus kalah dari Thailand di pertandingan kedua dengan skor 2 – 0. Kekalahan di pertandingan kedua membuat agregat pertemuan kedua tim di babak final menjadi 3 – 2 untuk keunggulan Thailand.

 

  • 2018

Untuk yang keempat kalinya, Indonesia gagal menembus babak kualifikasi Grup. Di ajang Piala AFF 2018, Indonesia hanya menempati posisi ke-4 Grup B. Dari empat pertandingan, Indonesia menderita dua kali kekalahan. Indonesia hanya mampu menang satu kali dan kalah satu kali.

 

  • 2020

Indonesia mampu tampil dengan meyakinkan pada ajang Piala AFF 2020. Bukan tanpa sebab, di babak kualifikasi grup, Indonesia mampu menempati posisi pertama grup dengan poin 10 dari empat pertandingan.

Di babak semi final, tim nasional Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan agregat 5 – 3, dan masuk ke babak final. Namun, Indonesia harus kembali gagal untuk yang kesekian kalinya ketika berhadapan dengan Thailand di babak final.

Indonesia kalah dengan skor 4 – 0 dari Thailand di final leg pertama, dan bermain imbang di leg kedua. Skor agregat pertandingan final Piala AFF itu menjadi 6 -2 untuk kemenangan Thailand.

Baca juga: Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot & Sandy Walsh

Editor: Dika Irawan 
1
2


SEBELUMNYA

James Gunn Buka Suara Usai Dihujat Netizen Terkait Nasib Henry Cavill

BERIKUTNYA

Sutradara James Cameron Sebut Avatar 2 Terinspirasi dari Kehidupan Tepi Laut Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: