Ilustrasi lampu Natal. (Sumber gambar : Unsplash/Trac Vu)

Langit Penuh Lentera, Intip 7 Perayaan Unik Natal di Argentina

20 December 2022   |   12:17 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Tidak terasa Natal tinggal menghitung hari. Hari besar keagamaan bagi umat Kristiani ini selalu disambut meriah dengan beragam perayaan yang berbeda di setiap negara, tidak terkecuali Argentina yang baru saja membawa pulang trofi Piala Dunia 2022. 

Di Argentina, ada sejumlah tradisi yang biasa dilakukan masyarakat di sana untuk merayakan Natal. Persiapannya dimulai sangat awal pada bulan Desember bahkan pada  November. 

Baca juga: Sambut Natal, Intip Kiat Menata Rumah Mungil Terkesan Luas

Banyak orang Katolik di Argentina merayakan Advent atau masa persiapan menjelang Natal. Rumah dihiasi dengan indah menggunakan lampu dan karangan bunga hijau, emas, merah dan putih. 

Karangan bunga merah dan putih digantung di pintu rumah, sementara pohon Natal dihiasi pada 8 Desember. Beberapa orang menempatkan bola kapas di pohon Natal untuk mewakili salju. Uniknya, pohon Natal di Argentina ada yang berwarna putih bahkan biru.

Buat kamu yang penasaran, berikut rangkuman tradisi Natal di Argentina.


1. Ada 2 hari libur

Di Argentina, mereka merayakan dua hari libur Katolik. Dimulai pada 8 Desember yang disebut Hari Konsepsi Tak Bernoda, dan secara resmi selesai pada 6 Januari dengan el día de los Reyes Magos (Hari 3 Raja).

Uniknya pada 5 Januari, banyak anak-anak meninggalkan sepatu di luar, di bawah pohon Natal, atau di bawah tempat tidur se malaman. Diharapkan ada hadiah yang terisi di sana. Sebagai imbalannya, anak-anak meninggalkan jerami dan air untuk kuda 3 raja di luar pintu. 


2. Kuliner khas malam Natal

Mengutip Why Christmas, pada malam Natal di Argentina, penduduk setempat berkumpul dengan orang tercinta di rumah atau restoran. Mereka makan malam bersama sekitar pukul 10.00 atau 11.00. 

Beberapa hidangan populer yang disajikan pada malam Natal diantaranya, kalkun panggang, babi panggang, kambing panggang, vitel toné atau irisan sandwich disajikan dengan saus creamy dan tuna, stuffed tomat, dan salad. Ada pula beraneka sandwich seperti pan de atun (sandwich tuna), sandwich de miga (sandwich terbuat dari roti putih tipis tanpa kerak), dan torre de pancquques (kue sandwich terbuat dari beberapa lapisan tortilla dengan isian yang berbeda).

Untuk makanan penutup, warga Argentina biasanya menyantap manetocl (nougat semi lembut yang dibuat dengan selai kacang), ensalada de fruta con helado (salad buah dengan es krim), dan pan dulce yang lezat mirip dengan panettone. Permen seperti kismis cokelat dan kacang berlapis gula atau almond menjadi camilannya.


3. Kembang api dan lentera meriah di tengah malam

Di Buenos Aires, ibu kota Argentina, tengah malam Natal berlangsung meriah. Orang-orang di sana akan pergi ke jalan, taman, atau halaman belakang untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang menghiasi langit di seluruh kota. 

Tradisi malam Natal lainnya yakni masyarakat akan membuat globos, lentera kertas dengan lilin kecil menyala untuk menerbangkannya. Di tempat kelahiran Lionel Messi itu, langit akan dipenuhi dengan globos tepat tengah malam Natal. Warga seraya berdoa ketika menerbangkannya.


4. Pertunjukan Tango

Merayakan melalui tarian adalah bagian besar dari kebiasaan Natal di Argentina. Tango menghibur dan memikat orang-orang dari seluruh dunia sepanjang tahun. 

Pergi ke pertunjukan tango adalah cara ideal untuk menyambut dan menghabiskan Natal di Argentina. Buenos Aires adalah kota terbaik untuk menemukan pertunjukan tango yang menakjubkan. Beberapa pertunjukan tango terbaik ada di Madero Tango.
 

5. Berjemur di pantai

Natal adalah waktu yang tepat untuk berjemur menikmati hangatnya sina matahari di Argentina. Pasalnya, Desember menandai awal musim panas di negara Amerika Selatan itu.

Oleh karena itu, banyak masyarakat merayakan Natal dengan pergi ke pantai, menikmati kegiatan di luar ruangan, atau bersantai di tepi kolam renang. Kamu bahkan bisa melihat Santa memakai kaos, celana pendek, dan sendal jepit.


6. Hadiah Natal homemade

Kegiatan lain untuk menikmati Natal di Argentina adalah membuat hadiah buatan sendiri seperti lukisan, keramik, selai jeru, dan makanan panggang. Masyarakat biasanya berkumpul untuk membuat hadiah yang unik dan memberikannya kepada orang terkasih.


7. Waktunya bersulang!

Natal adalah waktu yang tepat untuk menikmati segelas anggur Malbec Argentina yang lezat. Argentina adalah produsen anggur terbesar kelima di dunia, tetapi juga menawarkan minuman lezat lainnya.

Dari Fernet dan Coke atau Fernet con coca yang menyegarkan dan bir lokal dingin, seruling dari Espumante (anggur berkilau), atau secangkir kopi panas, merupakan minuman yang sempurna untuk semua orang bersorak merayakan musim libur.

Baca juga: Jaga Keamanan Pelancong Saat Libur Natal & Tahun Baru, Ribuan Petugas Keamanan Disiagakan

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Buat Momen liburan Panjang Tambah Seru, Mainkan 4 Game Gratis Ini

BERIKUTNYA

Profil Tamim bin Hamad, Sosok Emir Qatar Pemberi Bisht ke Lionel Messi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: