Ilustrasi penataan ruang (Sumber gambar : Freepik)

Sambut Natal, Intip Kiat Menata Rumah Mungil Terkesan Luas

15 December 2022   |   17:16 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Natal semakin dekat. Untuk menyambut hari yang penuh suka cita ini, persiapan harus dilakukan sedini mungkin. Salah satunya dengan menata ruang di rumah agar lebih nyaman dan luas sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, kerabat, dan teman terdekat nanti. 

Ruang tamu dan dapur pastinya menjadi sorotan ketika tamu berkunjung. Sebisa mungkin, area ini ditata dengan rapi guna memberikan kesan yang baik di mata mereka ketika datang hingga pulang. 

Baca juga: 5 Ide Kado Natal Sederhana Tapi Berkesan

Namun demikian, ini menjadi tantangan ketika rumah yang dimiliki terbilang mini. Tidak perlu khawatir, menurut Head of Interior dari Dekoruma, Ahmad Numairi Yahya, ada beberapa cara agar rumah mungil terkesan luas, rapih, dan nyaman dalam menyambut Natal.

Pertama, yakni dengan memakai furnitur yang expendable atau dapat diperluas, terutama di area dapur. Sebagai contoh bufet yang begitu ditarik bisa menjadi meja makan dan kerja. Atau folding table yang menempel di dinding, begitu ditarik bisa menjadi dining table. 

Namun untuk membuat lebih baru, bisa merombak suasana dapur dengan membuat kitchen island yang ramping dan sekaligus bisa dijadikan dining table. “Pakai kursi bar, supaya enggak terlalu dalam memakai ruang. Itu trik agar ruang bisa dipakai maksimal,” sebutnya saat ditemui Hypeabis.id di bilangan Jakarta Selatan Rabu (15/12/2022). 
 

Ilustrasi penataan dapur. (Sumber gambar : Freepik/Wirestock )

Ilustrasi penataan dapur. (Sumber gambar : Freepik/Wirestock )

Kedua, pemilik rumah mungil juga bisa memakai kitchen set untuk menyimpan segala perabotan dapur agar lebih rapi. Dengan demikian, tamu yang datang pun terkesan karena rumah mungil memiliki dapur yang estetik dan luas. 

Masih di area dapur, aksesoris tematik menurutnya bisa disiapkan untuk menyambut tamu yang datang. “Tematik alat makan bisa buat seragam warna. Siapkan beberapa warna untuk tamu yang datang,” imbuhnya. 

Ketiga, untuk membuat tampilan ruang lebih luas, yakni menata ulang furnitur agak menempel ke dinding. Kemudian gunakan pencahayaan yang hangat. “Penggunaan warna warm yang agak kuning, tergantung tingkat kecerahan, itu membantu mood booster, membuat ruangan cozy. Ruangan terang membuat terasa luas,” jelas Numairi.

Menurutnya bisa memanfaatkan lampu ceiling yang bisa membuat ruangan terang tetapi tidak provokatif. Selain itu, lampu meja dengan pencahayaan hangat juga bia menjadi opsi terbaik untuk membangun suasana di luar lampu pohon. Begitu pula dengan lampu gantung yang memiliki fungsi menerangi tetapi tidak terlalu terang. 

Baca juga: Cara Asyik Agar Cahaya Alami Masuk ke Rumah, Buat Jendela Atap & Skylight

Selanjutnya, apabila ada uang berlebih, bisa membuat pembatas ruang yang kompatibel. Sebagai contoh partisi berupa dinding panel yang bisa ditempel TV dan menjadi rak. 

Untuk memberikan kesan lebih luas, elemen kaca sebagai partisi juga bisa dimanfaatkan. “Penggunaan kaca berguna banget untuk beri kesan ruangan luas,” kata Numairi.

Sementara itu, dia merekomendasikan untuk menghindari warna-warna bold. Sebaiknya gunakan warna-warna cerah untuk dinding, furnitur, hingga aksesoris di dalam ruang untuk menampilkan kesan luas itu. Hindari pula ornamen-ornamen yang tidak perlu. 

“Penggunaan furnitur yang secara desain ramping, ornamen yang tidak berat, warna tidak terlalu bold kita hindari. Harus multifungsi, kompatibel, expendable,” tegas Numairi.

Baca juga: Ragam Menu Makanan Berkonsep West Meet East Untuk Perayaan Natal dan Tahun Baru

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Top Trending di Google Sepanjang 2022, Dari G20 hingga Cepmek

BERIKUTNYA

Transaksi Digital Melonjak Tiga Kali Lipat Saat Harbolnas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: