Ilustrasi pemain bola (Sumber gambar: Freepik)

Jumlah Gol Messi dan Mbappe Sama, Cek Aturan Lengkap Peraih Sepatu Emas

16 December 2022   |   16:57 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Persaingan menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak berjalan sengit. Sampai saat ini, Lionel Messi dan Kylian Mbappe sama-sama bersaing ketat memperebutkan trofi Sepatu Emas yang legendaris di Piala Dunia. Trofi tersebut sangat bergengsi karena melambangkan pemain tersubur di dunia.

Messi dan Mbappe sama-sama telah mencetak 5 gol sepanjang gelaran turnamen Piala Dunia 2022. Jumlah gol tersebut membuat keduanya kini berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Messi dan Mbappe masih berpeluang untuk menambah pundi-pundi gol mereka jika berhasil mencetak gol pada pertandingan final Piala Dunia 2022.

Baca jugaPersaingan Top Skor Piala Dunia 2022, Siapa Paling Berpeluang Bawa Sepatu Emas?

Laga final yang mempertemukan Prancis vs Argentina bukan hanya akan menentukan tim mana yang akan juara. Akan tetapi, juga pemain mana yang akan meraih trofi Sepatu Emas.

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, pada Minggu 18 Agustus 2022 pukul 22.00 WIB.

Namun, bagaimana jika Messi dan Mbappe gagal mencetak gol pada laga final tersebut. Padahal, keduanya memiliki jumlah gol yang sama.

Tenang, FIFA ternyata sudah memiliki aturan resmi terkait peraih trofi Sepatu Emas. Dalam aturan pertama, FIFA menyebut pemain yang berhak meraih trofi Sepatu Emas adalah yang mencetak gol paling banyak di Piala Dunia 2022.

Akan tetapi, jika ada dua pemain atau lebih yang memiliki jumlah gol yang sama, penentuan trofi Sepatu Emas akan diukur berdasarkan kontribusi assist pemain.

Jika ada dua pemain atau lebih yang memiliki jumlah gol dan assist yang sama, penentuan peraih trofi Sepatu Emas akan ditentukan berdasarkan jumlah menit bermain.

Pemain yang memiliki waktu bermain lebih sedikit yang akan dipilih sebagai pemenang. Sebab, dengan kesempatan mencetak gol yang terbatas, pemain tersebut bisa membuat jumlah gol yang sama dengan pemain lain.

Lantas, dengan aturan tersebut, siapa yang lebih diuntungkan jika di pertandingan terakhir, Messi dan Mbappe tidak mencetak gol? Jawabannya adalah Messi.

Jika Mbappe tidak bisa mencetak gol, Messi berpotensi meraih trofi Sepatu Emas. Sebab, jumlah assist Messi jauh lebih banyak dibanding Mbappe.

Sepanjang gelaran Piala Dunia 2022, Messi tercatat sudah melakukan 3 assist ke rekan setimnya. Sementara itu, Mbappe tercatat baru melakukan 2 assist.

Jadi, meski Messi dan Mbappe sama-sama memiliki 5 gol, Messi lebih unggul dalam hal assist. Oleh karena itu, posisi Messi berada di nomor urut pertama peraih trofi Sepatu Emas saat ini.
 

2 Pesaing Baru Peraih Trofi Sepatu Emas

Namun, jika kedua pemain tidak mencetak gol di laga final, bukan berarti Messi otomatis akan jadi peraih trofi Sepatu Emas. Sebab, kini muncul 2 pesaing baru dalam perebutan pemain tersubur di Piala Dunia tersebut.

Rekan Messi di Argentina, Julian Alvares, kini berpeluang menjadi peraih trofi Sepatu Emas. Syaratnya, Alvares bisa mencetak 2 gol dan Messi maupun Mbappe tidak mencetak gol.

Dengan tambahan 2 gol, Alvares akan mengoleksi 6 gol dan otomatis mengungguli Mbappe dan Messi. Mencetak 2 gol dalam pertandingan bukanlah hal sulit. Alvares bahkan melakukan hal tersebut di babak semifinal lalu saat melawan Kroasia.

Di sisi lain, rekan setim Mbappe di Prancis, Olivier Giroud, juga berpotensi menggeser peta persaingan trofi Sepatu Emas. Dia kini memiliki perolehan 4 gol. Artinya, hanya butuh 2 gol lagi untuk menjadi peraih trofi Sepatu Emas, dengan catatan Messi, Mbappe, dan Alvares tak mencetak gol juga.

Baca jugaMengenal Istilah GOAT dalam Sepak Bola, Perdebatan Julukan Bagi Messi dan Ronaldo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Beli Kendaraan Listrik Dapat Insentif, Yuk Cek Besaran Subsidinya!

BERIKUTNYA

Menengok Tantangan Produksi Kayu Manis di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: