2022 menghadirkan rangkaian smartphone yang beragam di pasar Indonesia (Sumber gambar: Unsplash/Omar Prestwich)

Kaleidoskop 2022: Smartphone Paling Populer & Ditunggu Sepanjang Tahun

17 December 2022   |   16:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pada masa sekarang, kita tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan teknologi khususnya smartphone. Bahkan perangkat itu sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia era serba digital ini. Mayoritas orang menggunakan teknologi dalam genggaman untuk saling terhubung satu dengan yang lain.

Mereka juga membutuhkan teknologi yang lebih mutakhir untuk urusan pekerjaan dan hiburan. Tak heran jika semakin banyak perusahaan dan vendor ponsel pintar yang unjuk gigi, menampilkan teknologi dan fitur terbarunya dalam smartphone sepanjang tahun 2022. 
 
Dilansir dari Bank My Cell, setidaknya tercatat 7,26 miliar manusia di dunia sudah menggam gadget di tangan mereka. Itu artinya, sudah lebih dari 90 persen manusia di seluruh penjuru dunia menggunakan smartphone untuk kehidupan sehari-hari mereka. Hypeabis.id merangkum beberapa gadget yang paling populer dan paling ditunggu sepanjang tahun ini. Yuk simak! 

Baca jugaCek Arti di Balik Nama Brand Smartphone Dunia, mulai dari Samsung, Oppo hingga iPhone
 

1. Vivo V23 5G

Vivo menggebrak pasar mid-range dengan Vivo V23 5G yang resmi rilis pada 25 Januari 2022. Mereka mengandalkan desain bodi yang gemerlap dengan fitur color-changing. Membawa layar AMOLED dengan resolusi FHD+, VIVO V23 5G terbilang memiliki berat yang ringan yakni hanya 180 gram saja. Ponsel ini hadir dengan notch kekinian yang sedang tren di pasar ponsel. Terdapat kamera utama 50 MP dengan kamera super wide 8 MP yang membuat pengambilan gambar lebih ciamik. Vivo V23 5G dibanderol sekitar Rp5,9 juta.
 

2. Realme 9 Pro

Realme kembali memanjakan para penggemarnya dengan varian smartphone tipe terbaru dalam Realme 9 Pro. Dijual mulai harga Rp3,8 jutaan, Realme 9 Pro mengangkat kualitas layar IPS LCD FHD Plus dengan rentang layar 6,6 inci. Dengan harga yang ramah di kantong, Realme sudah memberi prosesor Snapdragon 695 5G (6nm) serta Realme UI3. Tersedia 4 kamera dimana tiga kamera belakang memiliki resolusi 64 MP, 8 MP, dan 2 Mp. Sementara kamera depan memiliki resolusi 16 MP.
 

3. Samsung Galaxy S22 Series

Samsung menyapa pasar menengah ke atas dengan seri S-nya pada Februari 2022. Mereka membawa Samsung Galaxy S22 series dengan bobot ringan yaitu 168 gram dalam rentang layar kecil 6,1 inci dalam Dynamic AMOLED. Samsung mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4nm) dengan kemampuan fast charging 25 Watt dalam kapasitas baterai 3.700 mAh. Terdapat 3 kamera belakang dengan rincian kamera utama 50 MP, dan dua kamera lainnya diperuntukan untuk tangkapan telephoto dan ultra-wide. Ponsel pintar ini dihargai mulai Rp12 juta.
 

4. Oppo Reno7

Oppo hadir dengan desain yang semakin menarik. Mereka membawa tampilan bodi yang sederhana dengan fitur color-changing dan dua kamera besar di bagian belakang dalam Oppo Reno7. Dengan desain yang ramping, Reno7 sudah dilengkapi layar AMOLED 6,43 inci dengan layar Full HD+. Didukung GPU Adreno 619, prosesor Reno7 sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm). Reno 7 juga mengandalkan resolusi kamera utamanya yang mencapai 64 MP.
 

5. Redmi Note 11 Series

Redmi Note 11 menjadi salah satu smartphone yang paling dinantikan oleh penggemar Xiaomi. Dengan harga mulai Rp2,6 juta, ponsel ini berhasil menggebrak pasar menengah dengan fitur yang mutakhir. Redmi Note 11 membawa panel AMOLED dengan rentang layar 6,43 inci dan Gorilla Glass 3. Prosesornya sudah menggunakan Qualcomm SM6225 dengan kapasitas baterai yang besar mencapai 5.000 mAh.
 

6. Poco M4

Poco juga memenuhi persaingan smartphone mid-range dengan harga Rp2,9 jutaan. Masih dengan desain bodinya yang berwarna, Poco M4 berhasil memuaskan dahaga penikmat gadget di kalangan menengah. Dengan layar 6,43 inci, Poco M4 membawa chipset Mediatek Helio G96 dengan octa-core 2.05GHz. layarnya juga sudah mengusung AMOLED Display dengan Full HD+ dalam rentang layar 6,43 inci.
 

7. Huawei Nova 9 SE

Huawei turut memanaskan persaingan dengan meluncurkan Huawei Nova 9 SE. Dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 778G 4G, Huawei Nova 9 mampu mendukung kebutuhan kreator yang mengandalkan kamera vlog dan stories. Huawei Nova 9 SE mengusung kamera depan 32 MP dan kamera belakang 50 MP. Harganya dibanderol mulai dari Rp7,6 jutaan.
 

8. Infinix Note 12

Infinix Note 12 masih hadir dengan harga murah meriah. Menjadi smartphone flagship dari Infinix pada tahun ini, ponsel yang dijual mulai Rp1 juta itu memiliki ukuran 6,7 inci dengan teknologi layar AMOLED dan kapasitas baterai besar mencapai 5.000 mAh. MediaTek Helio G96 (12nm) juga hadir di gadget Infinix dalam kapasitas RAM 8 GB ini.
 

9. iPhone SE 3

Mengobati kerinduan para penggemar iPhone SE, Apple resmi meluncurkan iPhone SE 3 yang dibanderol mulai Rp8 jutaan pada Juni 2022 lalu. Generasi terbaru dari varian SE ini hadir dengan layar LCD berukuran 4,7 inci dengan teknologi IPS dan kerapatan piksel mencapai 326 ppi. Smartphone ini cukup membayar kerinduan pengguna iPhone SE sejak generasi keduanya rilis pada 2016 lalu.
 

10. Samsung Galaxy Z Series

Salah satu smartphone Samsung yang paling mengundang antusiasme penggiat gadget tahun ini adalah Galaxy Z Series. Hadir dengan varian Z Fold dan Z Flip, Samsung membawa bentuk ponsel terbaru yang unik untuk kelas menengah atas. Dengan ponsel yang bisa dilipat dan direntangkan, Z Series membawa kamera 12 MP dengan kapasitas baterai 3.700 mAH yang berjalan mulus dalam prosesor 4nm dan chipset Qualcomm SM8150 Snapdragon 855+ (7nm). Harganya dibanderol mulai Rp7 jutaan.
 

11. iPhone 14 Series

Melanjutkan seri iPhone 13, Apple juga meluncur dengan seri 14 pada 28 Oktober 2022 lalu. Fitur Dynamic Island menjadi yang paling disorot dalam iPhone seri terbaru ini. Pasalnya, tak sedikit pengguna iPhone yang mulai bosan dengan tampilan iPhone yang monoton. Dynamic Island menjawab kebosanan para pengguna smartphone besutan Apple kali ini. Masih mengusung kamera 12 MP, iPhone 14 hadir dengan lensa enam elemen, retina flash, mesin photonic, dan fokus otomatis dalm focus pixels. iPhpone 14 dijual mulai harga Rp20 jutaan.
 

12. Google Pixel 7

Tak mau kalah dengan iPhone, Google juga mengeluarkan seri Pixel lanjutan dari varian sebelumnya. Dengan rentang layar 6,3 inci, Google membawa chipset-nya sendiri yaitu Google Tensor G2 dengan kapasitas baterai mencapai 4.355 mAh. Google Pixel 7 juga didesain dengan Google AI untuk mendukung pengalaman bermain smartphone yang lebih menyenangkan. Datang dengan kamera 50 MP, Google Pixel 7 dijual dengan harga mulai Rp6,3 jutaan.

Baca jugaTop 5 Smartphone Android Terbaik 2022 Versi AnTuTu, ROG Phone 6 Peringkat Satu

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kaleidoskop: Desain Mode Inovatif dan Berkelanjutan Warnai Gelaran Fesyen Global 2022

BERIKUTNYA

Pentingnya HKI Sebagai Indikator Kemajuan Industri Ekonomi Kreatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: