Szymon Marciniak (Sumber gambar: FIFA)

Mengenal Szymon Marciniak, Wasit Final Piala Dunia 2022 Antara Argentina vs Prancis

17 December 2022   |   11:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Gelaran Piala Dunia 2022 segera masuk ke babak final. Lusail Stadium akan menjadi saksi sengitnya duel Lionel Messi melawan Kylian Mbappe di lapangan hijau. FIFA telah resmi mengumumkan Szymon Marciniak sebagai pemimpin pertandingan hidup mati dua timnas terkuat itu. 

Dilansir dari laman FIFA, Szymon Marciniak merupakan wasit asal Polandia yang akan membuat sejarah baru sebagai orang pertama dari negaranya yang akan memimpin laga final Piala Dunia antara Argentina melawan Perancis pad 18 Desember 2022. Marciniak akan menjadi saksi sekaligus penentu menit demi menit panasnya lapangan Lusail di mana skuad La Albiceleste dan Les Bleus tersebut akan berlaga. 

Baca jugaJumlah Gol Messi dan Mbappe Sama, Cek Aturan Lengkap Peraih Sepatu Emas
 

Pada pertandingan sebelumnya. Marciniak pernah memimpin laga-laga yang krusial dalam babak grup Piala Dunia 222. Dia berhasil menyaksikan bagaimana Perancis mengalahkan Denmark serta kekalahan Australia dari Argentina di babak 16 besar sejak 20 November 2022 lalu.

Marciniak tak akan berperan sendiri mengadili laga besar itu. FIFA juga menunjuk Pawel Sokolnicki dan Tomasz Listkiewicz sebagai rekannya. Ketiganya menjadi wasit Polandia yang akan tercatat dalam sejarah Piala Dunia sepanjang masa karena berperan penting di laga Argentina vs Prancis.

Tentu saja memimpin final Piala Dunia bukan hal mudah bagi Marciniak. Namun dia terbilang sudah cukup memiliki pengalaman menjadi pengadil di lapangan liga-liga klub. Pria berusia 41 tahun itu pernah memimpin pertandingan Liga Champions UEFA.

Dia juga menjadi penengah dalam laga semifinal pertama kemenangan berarti Liverpool dari Villarreal di musim lalu. Sebelum memimpin laga final Piala Dunia nanti, dia pernah memimpin laga final di UEFA 2018 antara Real Madrid vs Atletico Madrid di Stasion Lillekula Tallinn, Estonia.

Tahun ini, pria kelahiran 7 Januari 1981 itu akan bertanggung jawab menangani laga penting di Piala Dunia. Dia memiliki banyak pengalaman dalam memimpin turnamen penting di Polandia. Marciniak sudah mendapat lisensi FIFA sejak 2011 lalu.

Pria yang lahir di Plock, Polandia itu sudah memulai karier wasitnya sejak umur 21 tahun. Selain sebagai wasit, dia juga memiliki ketertarikan yang besar sebagai pemain sepak bola. Dia pun mempelajari ragam teknik sepak bola secara amatir.

Hingga di puncak kariernya, dia di anggap sebagai salah satu wasit sepak bola terbaik di Polandia. Selain Liga Champions UEFA, Marciniak juga pernah memimpin  tiga pertandingan dalam turnamen sepak bola terbesar di Eropa yaitu UEFA Euro 2016. Dia menjadi wast perwakilan UEFA di Piala Dunia 2018. Tahun ini,

Marcianik mengemban tugas yang lebih besar untuk memimpin laga sepak bola terpenting dalam 4 tahun terakhir yaitu babak final Piala Dunia 2022.

Baca jugaMengenal Istilah GOAT dalam Sepak Bola, Perdebatan Julukan Bagi Messi dan Ronaldo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

3 Manfaat Pasangan Keluarga Sadar Konsep Manajemen dan Resolusi Konflik

BERIKUTNYA

Berkunjung ke Pantai Panjang? Jangan Lewatkan Kegiatan Seru Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: