Kylian Mbappe, pemain timnas Perancis (Sumber gambar: Instagram.com/k.mbappe)

Statistik dan Rekor Pertemuan Prancis vs Maroko, Ajang Pembuktian Gengsi bagi Mbappe

14 December 2022   |   16:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan Prancis vs Maroko akan menutup rangkaian babak semifinal Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Kedua tim siap membuktikan bahwa keberhasilan mereka sampai ke semifinal bukanlah semata karena beruntung, melainkan hasil kerja keras dari seluruh tim.

Duel sengit keduanya akan tersaji di Stadion Al Bayt, Qatar pada 15 Desember 2022 Pukul 02.00 dini hari. Berangkat dari semangat pembuktian, tak heran jika Mbappe dan kawan-kawan dipresikdi akan tampil panas mempertahankan gelar juara bertahannya.

Prancis tentu memiliki gengsi yang tinggi karena menginjak semifinal sebagai sang juara Piala Dunia 2018. Bahkan mereka menjadi satu-satunya timnas yang mampu membawa gelar juara bertahan sejak terakhir terjadi pada 1962.

Sementara skuad Maroko tentu tidak akan membiarkan Prancis mencapai harapannya dengan mudah. Sejak bertengger di babak semifinal, mereka sudah mampu mengundang decak kagum timnas dan penggemar sepak bola di seluruh dunia. Bagaimana tidak, Maroko menjadi satu-satunya negara dari Afrika yang berhasil lolos ke sebagai empat tim terkuat edisi Piala Dunia tahun ini.

Baca juga: Cukur Kroasia, Argentina Melenggang Mulus ke Final Piala Dunia 2022

Dengan kemampuan luar biasa, Maroko berhasil melumpuhkan timnas kuat seperti Spanyol, Portugal, hingga timnas terbaik yang menduduki posisi kedua versi FIFA yaitu Belgia. Kehadiran Maroko di semifinal tidak terduga dan cukup di luar prediksi. Achraf Hakimi dan kawan-kawan berhasil membuat timnas Maroko dijuluki sebagai tim underdog di Piala Dunia tahun ini.
 

Secara statistik, keduanya sudah sering kali bertemu di laga persahabatan dan turnamen regional. Catatan statistik masih dipegang oleh Prancis dengan 5 kali kemenangan. Mereka menjadi tim yang tidak terkalahkan melawan Maroko. Terburuk, Les Bleus mengalami dua kali pertandingan skor seri. Itupun terjadi 15 tahun yang lalu.

Maroko belum  memberikan catatan yang berarti dalam duelnya melawan Prancis. Meski demikian, mereka mampu menahan imbang kekuatan Prancis dengan skor 2-2 dalam pertemuan terakhir. Apalagi, mereka memiliki lini yang kuat dari kaki emas Yassine Bounou, Jawad El Yamiq, dan pemain lainnya.

Dari seluruh pertandingan resmi di laga internasional, Prancis sudah mengumpulkan total 12 gol. Gol paling banyak tercipta saat mereka menjebol gawang Maroko di laga 6 Juni 2000 lalu. Kala itu, Prancis beresta gol dengan kemenangan 5-1 dari Maroko.

Sementara Maroko mengoleksi 7 gol dari lima pertandingan terakhirnya berhadapan dengan Prancis. Berikut rekor pertemuan Prancis vs Maroko di semifinal Piala Dunia 2022:
  • Prancis 2-1 Maroko (Four Nations Tournament, 5 Februari 1988)
  • Prancis 2-2 Maroko (King Hassan II Cup, 29 Mei 1998)
  • Prancis 1-0 Maroko (Pertandingan Persahabatan, 20 Januari 1999)
  • Prancis 5-1 Maroko (Hasan II Tournament, 6 Juni 2000)
  • Prancis 2-2 Maroko (Pertandingan Persahabatan, 16 November 2007)
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Pentingnya Kolaborasi & Edukasi untuk Membangun Ekonomi Digital Indonesia

BERIKUTNYA

Melihat Geliat Parfum Lokal yang Makin Digemari di Dalam Negeri

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: