ilustrasi (sumber gambar : PT Novell Pharmaceutical

Si Kecil Sulit Makan? Coba Lakukan Hal Ini Moms

15 December 2022   |   17:26 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu permasalahan yang kerap dikhawatirkan oleh para orang tua adalah saat sang anak mulai memasuki fase picky eater atau pilih-pilih makanan sehingga nafsu makannya mulai menurun. Padahal, asupan makanan yang terdiri dari mikro dan makro nutrisi sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan atau imunitas tubuh anak.

Fase ini umumnya ditandai ketika anak melakukan gerakan tutup mulut (GTM) ketika makanan disuapkan ke mulutnya. Selain itu, ada juga yang memberontak saat diberi makan hingga menyingkirkan jenis makanan tertentu yang diberikan seperti sayur dan buah-buahan.

Anak-anak yang berada dalam fase picky eater ini biasanya ada pada rentang usia 1 hingga 5 tahun, atau bisa juga pada bayi yang baru saja diberi makanan pendamping ASI (MPASI).

Kondisi ini tentu harus diatasi karena di saat anak tidak makan maka dia tidak akan mendapatkan asupan gizi seimbang sehingga dikhawatirkan bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Selain itu, kurangnya asupan nutrisi dan vitamin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh anak.

Di saat sistem imunitas kurang baik, maka anak akan mudah terserang berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit, apalagi kala musim pancaroba saat ini.

Ahli gizi independen Ulfah Mahardika Pramono Putri, S.Gz mengatakan bahwa kekurangan zat gizi mikro merupakan masalah umum yang dialami banyak anak. Ketika anak kurang mendapatkan asupan zat makanan yang terdiri dari mikro dan makro nutrisi, maka bisa menyebabkan terjadinya malnutrisi hingga gangguan pada pertumbuhan serta perkembangan anak.

Lantas apa saja yang harus dilakukan orang tua ketika sang anak sulit makan?

1. Sajikan Makanan dengan Berbagai Variasi
Bisa jadi hal yang membuat anak sulit makan atau tidak mau makan karena menu yang dihadirkan itu-itu saja sehingga anak merasa bosan. Maka orang tua harus kreatif membuat berbagai jenis menu untuk ditawarkan kepada anak. 
 

Ilustrasi nutrisi anak/Bisnis.com

Ilustrasi memberi nutrisi untuk anak/Bisnis.com


Selain itu, tampilkan makanan dengan bentuk yang menarik mulai dari bentuk, susunan, hingga warna yang berbeda sehingga si kecil tertarik untuk mencicipinya.

Sebab, ada sebuah studi yang menunjukkan ketika sayuran dan buah-buahan disajikan dengan tampilan menarik bisa sangat meningkatkan selera makan anak. 

2. Buat Suasana Menyenangkan dan Makan Bersama
Saat anak sulit makan memang cukup membuat frustasi ya moms, tapi jangan menyerah dan harus terus menawarkan anak untuk makan. Agar si kecil juga merasa senang saat makan buatlan suasana yang menyenangkan, jangan buat anak merasa stres dan tertekan karena kondisi itu malah membuatnya makin menolak untuk makan.

Baca juga: Moms! Begini Cara Alami Redakan Sakit Pada Anak dengan Pijatan

Kalau bisa, pada saat memberi makan anak, lakukan bersaman di meja makan saat seluruh keluarga besar sedang makan sehingga anak juga akan merasakan suasana yang menyenangkan ketika makan bersama. Biarkan si kecil makan dengan gaya dan keinginannya, misalnya dia ingin mengambil sendiri makanan dengan tangannya tapi pastikan tangan si kecil bersih ya moms

3. Tambahkan Asupan Multivitamin
Jika si kecil masih tetap enggan untuk makan maka moms bisa melengkapinya dengan memberikan produk multivitamin sebagai pelengkap gizi anak. Bondan Abdul Malik, Product Manager Sprinkle Serbuk Multivitamin mengatakan selain dapat menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, dan mendukung pertumbuhan anak, multivitamin juga bisa menambah nafsu makan anak. 

Apalagi saat ini terdapat banyak varian multivitamin yang dapat dikonsumsi tidak hanya dalam bentuk pil, kapsul, maupun cair, tetapi juga serbuk yang dapat ditaburkan di atas makanan atau minuman si kecil. 

Ulfah menambahkan lebih baik bila suplemen yang dipilih mengandung satu atau lebih bahan vitamin, mineral, asam amino, atau bahan lain yang berasal dari tumbuhan atau bukan tumbuhan yang memiliki nilai gizi dan/atau efek fisiologis.

Menurutnya, zat-zat gizi yang terkandung dalam komposisi multivitamin dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin atau hormon pengatur rasa lapar yang diproduksi di lambung. Hormon tersebut juga diproduksi dalam pankreas, usus halus, serta bagian hipotalamus di otak dalam proporsi lebih kecil.

"Dengan meningkatnya hormon ghrelin, maka nafsu makan anak juga akan meningkat, sehingga status gizi baik anak dapat dipertahankan. Pemberian zat gizi yang lebih spesifik sesuai dengan jenis dan dosisnya sangat penting untuk tumbuh kembang anak," ujarnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Transaksi Digital Melonjak Tiga Kali Lipat Saat Harbolnas

BERIKUTNYA

Resensi: Memaknai Hidup lewat Buku Love Is The Answer

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: