Flu menjadi penyakit yang sering dialami anak-anak ketika imunitas turun. (Sumber gambar : Unsplash/Volodymyr Hryshchenko)

Banyak Virus, Begini Cara Pantau Kesehatan Anak

22 June 2022   |   12:47 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memantau kesehatan anak perlu dilakukan orang tua di tengah penyebaran virus yang cukup beragam. Selain ancaman Covid-19, anak-anak saat ini juga dihadapkan Flu Singapura atau penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD) yang disebabkan enterovirus. 

Medical Department PT Kalbe Farma Tbk, dr. Josephine Herwita, mengatakan orang tua perlu menjaga nafsu makan anak. Pasalnya, nafsu makan yang menurun memberikan dampak yang besar terhadap imunitas si kecil. 

Ketika anak mengalami penurunan nafsu makan, maka yang terjadi anak rentan terhadap berbagai virus, dan sekitar 70-80 persen imunitas tersebut berasal dari pencernaan. 
Baca jugaAdenovirus diduga Jadi Penyebab Hepatitis Misterius pada Anak-Anak

"Pencernaan memiliki andil yang kuat untuk imunitas pada anak. Makan makanan yang bergizi, mencukupkan kebutuhan bakteri baik atau probiotik, dapat meningkatkan imun anak," tuturnya. 

Baca juga7 Makanan yang Penting untuk Jaga Kesehatan Anak

Josephine menjelaskan gejala awal ketika seorang anak terkena Flu Singapura biasanya tidak terlihat. Namun jika virus sudah berkembang, gejala yang tampak anak mengalami demam, rewel tidak mau makan, mulut nyeri, tenggorokkan nyeri karena dipadati ruam. Lalu setelahnya muncul kemerahan di mulut, kaki, dan tangan.

Biasanya, jika kemerahan yang terjadi pada mulut, kaki, dan tangan berkembang terus-menerus, maka akan timbul tonjolan yang melepuh dan berisi cairan. Ketika gejala tersebut muncul dan anak menjadi rewel serta tidak nafsu makan, maka orang tua patut mencurigai kondisi tersebut. 

Product Manager Pediactric PT Kalbe Farma Tbk, Apt. Brigita Puspita menilai menjaga nafsu anak terbilang susah-susah gampang. Ada anak yang picky eater atau pemilih dalam makanan dan menyebabkan bakteri baik yang dibutuhkan oleh anak mungkin tidak tercukupi. 

Gita menerangkan bahwa kadar probiotik yang menurun dapat menyebabkan penyerapan nutrisi dan antibodi menurun. Sehingga, anak mudah sakit, termasuk mengalami gangguan pencernaan. 

Sebagai solusi, pada ibu bisa memberikan minuman probiotik. Dengan pemenuhan bakteri baik atau probiotik yang ada di saluran cerna, hal ini akan berdampak baik terhadap imunitas. "Anak juga memerlukan imunomodulator," tambahnya.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Itachi, Gaara, Orochimaru & Hinata dari Anime Naruto Hadir di Game Fortnite 

BERIKUTNYA

Deretan Drama Korea yang Sukses Dibintangi Lee Min Ho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: