Transaksi Digital Melonjak Tiga Kali Lipat Saat Harbolnas
15 December 2022 |
17:15 WIB
Menjelang akhir tahun, minat masyarakat untuk berbelanja secara online kian meningkat. Apalagi dengan hadirnya berbagai festival belanja online yang diselenggarakan berbagai e-commerce sehingga mendorong minat konsumen untuk berbelanja.
Tingginya minat masyarakat berbelanja secara online rupanya ikut mendongkrak pembayaran melalui layanan pembayaran digital payment gateway, salah satunya Midtrans yang mencatat terjadinya peningkatan transaksi online hingga tiga kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas.
Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial mengatakan kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.
Sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online. Selain peningkatan sebesar tiga kali lipat, berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans pada tahun 2022:
Transaksi Online Meningkat Pada Harbolnas dan Momen Gajian
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.
Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan pada hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari lainnya.
Hal ini menunjukkan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut.
Midtrans melalui sistem pembayaran yang terintegrasi langsung dengan toko online secara real time menjadikan proses transaksi jadi jauh lebih cepat dan efisien sehingga pelaku usaha dapat mengelola banyak transaksi dengan mudah.
Tiga Metode Pembayaran Favorit
Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi makin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.
Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.
Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.
Waktu Checkout Lebih Cepat
Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant.
Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant. Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.
Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai penyelenggara payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran yang komprehensif, tetapi juga terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.
“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tuturnya.
Editor: M R Purboyo
Tingginya minat masyarakat berbelanja secara online rupanya ikut mendongkrak pembayaran melalui layanan pembayaran digital payment gateway, salah satunya Midtrans yang mencatat terjadinya peningkatan transaksi online hingga tiga kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas.
Dea Deviana, Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial mengatakan kecenderungan masyarakat berbelanja menjelang akhir tahun dapat dijadikan kesempatan bagi para pelaku usaha atau merchant untuk memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada konsumen.
Sebagai sektor yang mengalami pertumbuhan paling pesat saat pandemi, platform digital atau e-commerce menjadi salah satu pilihan utama masyarakat dalam belanja online. Selain peningkatan sebesar tiga kali lipat, berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans pada tahun 2022:
Transaksi Online Meningkat Pada Harbolnas dan Momen Gajian
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Momen Harbolnas dan festival belanja online serupa menjadi ajang yang menarik bagi konsumen untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lewat platform digital.
Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan pada hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari lainnya.
Hal ini menunjukkan minat belanja masyarakat yang tinggi pada momen-momen tertentu sehingga para pelaku usaha dapat menyiapkan strategi yang tepat untuk memfasilitasi kenaikan volume transaksi di waktu tersebut.
Midtrans melalui sistem pembayaran yang terintegrasi langsung dengan toko online secara real time menjadikan proses transaksi jadi jauh lebih cepat dan efisien sehingga pelaku usaha dapat mengelola banyak transaksi dengan mudah.
Tiga Metode Pembayaran Favorit
Seiring dengan meningkatnya minat belanja online, metode pembayaran digital dalam bertransaksi makin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank.
Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.
Ilustrasi belanja online/Freepik
Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.
Waktu Checkout Lebih Cepat
Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman, sehingga konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant.
Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak di sisi merchant. Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70%.
Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. Sebagai penyelenggara payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans tak hanya memberikan layanan pembayaran yang komprehensif, tetapi juga terus mendorong perkembangan bisnis dari berbagai skala.
“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia. ” tuturnya.
Editor: M R Purboyo
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.