ilustrasi pijatan bayi (sumber gambar: Pexels/Ksenia Chernaya)

Moms! Begini Cara Alami Redakan Sakit Pada Anak dengan Pijatan

07 December 2022   |   19:13 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi seorang ibu, kesehatan anak tentu merupakan satu hal yang penting. Sebab, bagaimanapun tumbuh kembang seorang anak sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan mereka. Jika sakit, biasanya anak-anak menjadi sulit makan dan lebih rewel sehingga berpotensi menghambat tumbuh kembangnya.

Selain memberikan obat-obatan kimia, orang tua juga bisa memberikan pijatan kepada bayi dan anak (infant massage). Evi Putri Damayanti, Founder VY Mom & Baby Care Massage Expert mengatakan bahwa pijatan lembut yang diberikan tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit.

Agar hasil pijatan lebih  maksimal maka bisa dilakukan dengan menggunakan minyak alami yang tidak menimbulkan alergi pada kulit. "Produk-produk minyak esensial natural yang telah diformulasikan untuk kulit bayi bisa dipertimbangkan karena terbukti aman untuk kulit anak dan bayi," ujarnya.

Baca juga: Moms, Pijat Bayi Penting Lho Buat Bangun Bonding Attachment

Menurutnya, pijitan pada bayi tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, tetapi juga sebagai metode untuk memperkuat bonding antara bayi dan orang tua.

Ajeng Komala, Brand Founder Cessa Natural Essential Oil mengatakan ramuan tradisional hingga essential oil kini makin digemari  dan menjadi pilihan para orang tua sebagai pelengkap atau terapi yang dapat membantu meningkatkan imun dan kesehatan anak.

“Sebagai pertolongan pertama alami bagi si kecil yang mengalami sakit gejala ringan, orang tua bisa mengoleskan minyak atsiri jika tidak ingin menggunakan obat-obatan kimia secara berlebihan,” jelasnya.

Dalam penggunaan minyak atsiri atau essential oil, para orang tua tetap harus teliti dan memastikan kembali apakah kandungannya aman untuk kulit bayi serta memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh anak atau bayi.

Penggunaan essential oil pun bisa digabungkan, cukup dengan mencampurkan dua atau tiga pilihan minyak esensial sesuai kebutuhan Anda. “Dengan pijatan lembut maka campuran alami ekstrak tumbuh-tumbuhannya akan langsung meresap ke dalam kulit sehingga cepat meringankan gejala gangguan kesehatan si kecil,” jelasnya.

Menurut International Association of Infant Massage (IAIM), pijat bayi dapat membantu merangsang sistem peredaran darah dan pencernaan yang pada gilirannya dapat membantu beberapa kondisi permasalahan pada bayi kondisi seperti kram, sakit perut, sembelit.

Selain itu, pijat juga dapat membantu meredakan ketegangan otot, nyeri tumbuh, dan ketidaknyamanan tumbuh gigi, serta merangsang pertumbuhan bayi prematur.

Ada beberapa jenis kandungan ekstrak alami dari minyak atsiri yang berkhasiat baik untuk kesehatan dan dapat digunakan pada saat memberikan pijatan pada anak yaitu.


1. Peppermint Oil

Kandungan bahan alami peppermint bisa membantu melegakan saluran pernapasan karena mengandung mentol. Peppermint juga dapat merangsang reseptor sensorik di hidung yang mendeteksi suhu dingin sehingga Anda merasa bernapas lebih lega. Selain itu, manfaat peppermint untuk meredakan masalah hidung tersumbat, pilek, batuk-batuk, mengurangi mual, dan perut kembung.


2. Citronella Oil

Dikenal dengan sebutan sereh wangi atau citronella grass, tumbuhan ini memiliki manfaat yang baik untuk di dalam ruangan hingga dioleskan pada kulit. Secara alami wangi citronella ini mampu mengusir nyamuk dan serangga lain. Tak hanya wangi, ekstrak citronella ini bisa menjadi minyak yang mengatasi masalah pernapasan, bakteri atau jamur di kulit, dan meredakan nyeri otot.


3. Lemon Oil

Buah yang kaya akan vitamin C, kandungan dari buah lemon ini bisa menjadi ekstrak minyak atsiri yang membantu stimulasi sistem imun, mencegah virus influenza, dan melindungi orang dalam tubuh. Aroma segar dari lemon bisa menenangkan pikiran dan mengurangi rasa mual.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Sebelum Mencoba Rafting, Yuk Kenali 6 Tingkatan Sungai Arung Jeram

BERIKUTNYA

Kunjungan Wisman ke Tanah Air Lampaui Target, Mayoritas Berasal dari Malaysia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: